AC Mobil

Mengganggu! 5 Penyebab AC Mobil Dingin Tapi Bau dan Cara Mengatasinya

Diterbitkan23 Feb 2024

Pernahkah AutoFamily mengalami situasi di mana mesin AC mobil dingin tapi bau atau  mengeluarkan aroma yang tidak sedap? Ya, kita semua tahu betapa menyenangkannya memiliki AC mobil yang dingin dan menyegarkan, terutama saat cuaca panas membakar di luar sana. Namun, ketika aroma yang tidak sedap mulai menyelinap masuk ke kabin, rasanya semua kenyamanan itu langsung hilang. 


Baunya bisa bermacam-macam, mulai dari aroma tengik yang seperti jamur, hingga aroma asap atau bahkan seperti karet terbakar. Fenomena ini tentu bisa membuat kita bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi pada sistem AC mobil kita. Mari kita telusuri bersama apa yang mungkin menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi masalah ini.


5 Penyebab AC Mobil Dingin Tapi Bau 

Ada beberapa penyebab umum mengapa AC mobil bisa terasa dingin tetapi mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Berikut adalah poin-poin penyebab AC mobil dingin tapi bau yang harus AutoFamily ketahui:


1. Saluran Drainase Tersumbat

Saluran drainase yang tersumbat adalah masalah umum yang sering kali terjadi pada sistem AC mobil. Ketika AC bekerja, uap air yang terkondensasi seharusnya dialirkan keluar melalui saluran drainase. Namun, jika saluran ini tersumbat oleh kotoran, debu, atau bahkan jamur, maka air akan terjebak di dalam sistem AC. 


Air yang terperangkap ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak, yang pada gilirannya menghasilkan aroma tidak sedap yang dapat tercium di dalam kabin mobil.


2. Filter Kabin yang Kotor

Filter kabin memiliki peran penting dalam menjaga kualitas udara di dalam kabin mobil. Filter ini bertugas menyaring debu, kotoran, dan partikel lainnya dari udara luar sebelum udara tersebut masuk ke dalam kabin. Namun, seiring waktu, filter tersebut dapat menjadi kotor dan terkontaminasi oleh berbagai partikel yang terperangkap di dalamnya. 


Ketika filter kabin menjadi kotor atau terlalu lama tidak diganti, partikel-partikel ini dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur, yang pada akhirnya menghasilkan aroma tidak sedap saat AC mobil dihidupkan.


Baca juga: Kenali Sumber Bau Tidak Sedap Saat AC Menyala


3. Kelembaban Tinggi di dalam Kabin

Kelembaban yang tinggi di dalam kabin mobil juga dapat menjadi faktor pendukung pertumbuhan bakteri dan jamur. Ketika udara di dalam kabin terlalu lembab, ini menciptakan kondisi yang sangat baik bagi mikroorganisme untuk berkembang biak. Bakteri dan jamur ini kemudian dapat menyebabkan bau yang tidak sedap di dalam kabin mobil.


4. Cairan Pendingin AC yang Terkontaminasi

Cairan pendingin AC, yang biasanya terletak dalam sistem AC mobil, dapat menjadi tercemar oleh kotoran, partikel lainnya, atau bahkan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Jika cairan pendingin tersebut terkontaminasi, maka saat AC digunakan, udara yang ditiupkan ke dalam kabin akan membawa aroma tidak sedap yang terkandung dalam cairan pendingin tersebut. 


5. Kerusakan atau Kebocoran pada Komponen AC

Kerusakan atau kebocoran pada komponen AC, seperti sistem pendingin atau saluran udara, juga dapat menjadi penyebab bau tidak sedap di dalam kabin mobil. Kebocoran atau kerusakan ini dapat memungkinkan udara luar yang terkontaminasi masuk ke dalam sistem AC, yang kemudian menyebarkan aroma tidak sedap ke dalam kabin mobil.


BOOKING SERVICE DARI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG DAN NIKMATI PELAYANAN TERBAIKNYA!

Solusi untuk Mengatasi Masalah AC Mobil Dingin Tapi Bau

Berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah AC mobil yang dingin tetapi mengeluarkan bau yang tidak sedap:


1. Bersihkan Saluran Drainase

Periksa dan bersihkan saluran drainase AC secara teratur. Anda dapat menggunakan alat seperti alat pembersih saluran yang khusus dirancang atau bahkan menggunakan air bersih dan sedikit deterjen untuk membersihkan saluran tersebut. Pastikan saluran tersebut benar-benar bebas dari kotoran dan penyumbatan untuk mencegah air terjebak dan menghasilkan bau tidak sedap.


2. Ganti Filter Kabin secara Berkala

Ganti filter kabin AC sesuai dengan rekomendasi pabrikan, biasanya setiap 10.000 hingga 15.000 mil atau setahun sekali. Filter kabin yang bersih akan membantu menjaga udara di dalam kabin tetap segar dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan bau tidak sedap.


Baca juga: Kenapa AC Mobil Dingin Sebelah? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya!


3. Kurangi Kelembaban di dalam Kabin

Gunakan fitur pengatur kelembaban jika tersedia di dalam mobil AutoFamily. Jika tidak, Anda bisa membeli pengering udara yang dapat mengurangi kelembaban di dalam kabin mobil. Hal ini dapat membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang menghasilkan bau tidak sedap.


4. Periksa dan Bersihkan Sistem AC Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin pada sistem AC mobil Anda. Pastikan semua komponen AC dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran yang menyebabkan masuknya udara luar yang terkontaminasi ke dalam kabin mobil. Bersihkan juga evaporator dan kondensor AC secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan aroma tidak sedap.


JADWALKAN TEST DRIVE DENGAN MOBIL YANG ANDA IMPIKAN SECARA MUDAH DAN AMAN DI AUTO2000 DIGIROOM


5. Gunakan Pembersih Udara Kabin

Gunakan pembersih udara kabin yang tersedia di pasaran. Produk ini dapat membantu membersihkan dan menyegarkan udara di dalam kabin mobil dengan menghilangkan bau tidak sedap serta membunuh bakteri dan jamur.


Baca juga: Sebab dan Akibat Kompresor AC Mobil Berisik

Dalam menjaga kualitas udara di dalam mobil, masalah AC mobil dingin tapi bau perlu mendapat perhatian serius. Melalui pemahaman dari penyebabnya, langkah-langkah pencegahan yang sesuai dapat diambil untuk mengatasi permasalahan ini. Pastikan untuk secara berkala membersihkan dan merawat sistem AC mobil Anda, termasuk membersihkan saluran pembuangan air, mengganti filter kabin secara teratur, dan memeriksa serta membersihkan komponen-komponen AC. 


Selain itu, menjaga kelembaban di dalam mobil juga penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan bau tidak sedap. Maka dari itu AutoFamily harus mengetahui pentingnya service di bengkel resmi yang bisa Anda ketahui di Auto2000 Digiroom, agar tidak ada masalah berlanjut. 


Jangan ragu untuk mengunjungi situs resmi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan informasi lengkap seperti service rutin dan memastikan AC mobil Anda tetap berfungsi dengan baik, menjaga kenyamanan AutoFamily selama berkendara, sekarang juga! 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.