Mobil Toyota Lawas

Kenapa AC Mobil Dingin Sebelah? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya!

Diterbitkan23 Feb 2024

AC mobil yang dingin sebelah seringkali menjadi masalah yang mengganggu, terutama saat Anda melakukan perjalanan jauh. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang cukup kompleks. Memahami apa saja penyebabnya sangat penting agar AutoFamily bisa menemukan solusi yang tepat. Untuk mencari tahu kenapa AC mobil dingin sebelah dan solusinya, Anda bisa simak penjelasan lengkap di bawah ini. 


5 Penyebab AC Mobil Dingin Sebelah

Ketika AC mobil hanya dingin pada satu sisi, hal tersebut bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi pengemudi dan penumpang. Fenomena ini menunjukkan adanya ketidakseimbangan dalam sistem pendinginan yang perlu ditangani dengan cepat dan tepat.


Beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan AC mobil dingin sebelah perlu dipahami dengan baik agar dapat diidentifikasi dan diperbaiki secara efektif. Simak penyebabnya berikut ini. 


1. Kebocoran pada Sistem Refrigerasi

Salah satu penyebab utama AC mobil dingin hanya pada satu sisi adalah adanya kebocoran pada sistem refrigerasi. Kebocoran ini dapat terjadi pada berbagai komponen seperti selang, sambungan, atau komponen lainnya. 


Ketika terjadi kebocoran, refrigeran yang seharusnya mengalir merata di seluruh sistem menjadi terganggu, hingga menyebabkan pendinginan yang tidak merata. Penting untuk memeriksa setiap bagian sistem refrigerasi secara cermat untuk mendeteksi dan memperbaiki kebocoran yang ada.


2. Masalah pada Kompresor

Kompresor merupakan komponen penting dalam sistem AC mobil yang bertanggung jawab untuk mengompres refrigeran dan mendorongnya melalui sistem. Jika terdapat masalah pada kompresor seperti kebocoran, kerusakan pada katup, atau keausan pada bagian internal lainnya, maka distribusi refrigeran ke seluruh bagian sistem akan terganggu. Akibatnya, AC mobil hanya akan dingin pada satu sisi saja.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


3. Kontrol Distribusi Udara Rusak

Sistem AC mobil dilengkapi dengan kontrol distribusi udara yang mengatur aliran udara ke berbagai bagian kabin. Jika terdapat masalah pada kontrol distribusi udara seperti kabel yang putus, maka udara dingin mungkin hanya akan dialirkan ke satu sisi kabin saja. Pemeriksaan dan perbaikan pada kontrol distribusi udara diperlukan untuk memastikan aliran udara yang merata di seluruh kabin.


4. Kerusakan pada Evaporator atau Kondensor

Evaporator dan kondensor adalah komponen penting dalam siklus pendinginan AC mobil. Jika salah satu dari komponen ini mengalami kerusakan seperti penyumbatan, kebocoran, atau kerusakan fisik lainnya, maka efisiensi pendinginan akan terganggu. 


Hal ini bisa menyebabkan pendinginan yang tidak merata di dalam kabin mobil, dengan satu sisi terasa lebih dingin daripada sisi lainnya. Pemeriksaan dan perbaikan pada evaporator dan kondensor diperlukan untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan kinerja AC mobil menjadi optimal.


5. Kontrol Temperatur yang Rusak

Jika kontrol temperatur tidak berfungsi dengan baik, maka pengaturan suhu udara yang tepat untuk kedua sisi kabin mungkin tidak terjadi secara merata. Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada sakelar atau sensor suhu, yang mengakibatkan perbedaan suhu yang signifikan di antara sisi kabin.


Baca juga: Sirkulasi Sistem AC Mobil: Memahami Pentingnya dan Cara Kerjanya

5 Tips Mengatasi AC Mobil Dingin Sebelah

Untuk mengatasi masalah AC mobil dingin sebelah, Anda bisa berkunjung ke bengkel Auto2000 untuk perbaikan. Sebagai solusi darurat, Anda juga bisa mengatasinya melalui cara-cara berikut ini. 


1. Periksa dan Perbaiki Kebocoran Refrigeran

Jika terdapat kebocoran pada sistem refrigerasi, langkah yang perlu dilakukan yaitu memperbaiki kebocoran tersebut dan mengisi ulang refrigeran sesuai dengan spesifikasi yang disarankan oleh pabrikan. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada seluruh sistem AC untuk mendeteksi dan memperbaiki kebocoran yang ada di bengkel Auto2000. 


2. Periksa dan Servis Kompresor

Kompresor yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan masalah pada distribusi udara di dalam kabin. Periksa kondisi kompresor dan pastikan untuk membersihkannya secara berkala. Jika diperlukan, lakukan penggantian atau perbaikan pada kompresor yang rusak di bengkel Auto2000. 


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


3. Periksa dan Perbaiki Kontrol Distribusi Udara

Pastikan kontrol distribusi udara pada sistem AC mobil berfungsi dengan baik. Periksa servo motor dan kabel yang terhubung ke kontrol tersebut untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang mengganggu distribusi udara yang merata di seluruh kabin. Auto2000 dapat membantu Anda dalam melakukan pemeriksaan pada komponen ini. 


4. Periksa dan Servis Evaporator serta Kondensor

Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada evaporator dan kondensor untuk memastikan tidak ada penyumbatan atau kerusakan lain yang mengganggu kinerja sistem pendinginan. Bersihkan evaporator dan kondensor secara berkala untuk menjaga kinerjanya dan pastikan tidak ada kebocoran yang perlu diperbaiki.


5. Perbaiki atau Ganti Kontrol Temperatur yang Rusak

Penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada kontrol temperatur untuk mendeteksi masalah yang mungkin ada. Jika terdapat kerusakan, baik pada sakelar maupun sensor suhu, segera lakukan perbaikan atau ganti komponen yang rusak dengan yang baru. Pastikan untuk menggunakan suku cadang yang tersedia di Auto2000. 


Baca juga: Sebab dan Akibat Kompresor AC Mobil Berisik

Secara keseluruhan, untuk memperbaiki AC mobil dingin sebelah, AutoFamily perlu melakukan servis mobil secara berkala di bengkel Auto2000. Periksa sistem AC dan komponen penting lainnya, seperti sistem kemudi dan sistem rem. Anda pun bisa menikmati perjalanan dengan lebih aman dan nyaman.


Mengapa perlu servis mobil di Auto2000? Pentingnya service mobil di bengkel resmi menjadi keharusan, tentu agar hasilnya lebih optimal. Bahkan, Anda juga bisa melakukan booking service melalui Auto2000 Digiroom agar prosesnya lebih mudah dan cepat.


Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 sekarang juga dan tingkatkan performa mobil Anda.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.