kompresor-ac-mobil-tidak-berputar.jpg

Kenali 4 Alasan Mengapa Kompresor AC Mobil Tidak Berputar

Diterbitkan21 Jan 2022

Permasalahan yang dapat terjadi pada mobil kesayangan AutoFamily tidak sedikit. Terlalu banyak kemungkinan yang tentu saja bukan salah pihak mana pun, melainkan terjadi karena usia atau sistem kelistrikan dari mesin-mesin yang ada. Salah satunya adalah kompresor AC mobil tidak berputar. Penyebab dari tidak berputarnya kompresor AC juga beragam.

Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui bahwa dalam kompresor AC, terdiri dari 2 komponen penting yakni unit kompresor dan magnetic clutch. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Unit kompresor berfungsi sebagai penekan, sedangkan magnetic clutch berfungsi sebagai kopling yang akan menentukan kapan kompresor AC menyala dan mati.

Apa saja ya bagian yang mempengaruhi kinerja kompresor AC? Bagian-bagian yang mempengaruhi kinerja kompresor AC antara lain magnetic clutch, V belt, filter AC/dryer, expansion valve. Selain itu kebocoran pipa pada sistem AC, dan volume freon juga dapat mempengaruhi kinerja kompresor AC, tutur Primaghany, Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City, Jawa Barat.

Jadi apa saja yang dapat menyebabkan kompresor AC mobil kesayangan AutoFamily tidak berputar atau tidak berfungsi dengan baik? Mari kita simak bersama-sama di bawah ini.

Penyebab Kompresor AC Mobil Tidak Berputar

Terdapat beberapa skenario mengapa kompresor AC mobil Anda tidak berfungsi dengan baik, berikut ini alasan dan penjelasannya.

1. Sekring Magnetic Clutch Terputus

Seperti yang telah kita ketahui, sekring merupakan alat yang berfungsi sebagai pelindung komponen tertentu dari aliran arus listrik yang berlebihan. Sekring atau yang biasa disebut fuse akan terputus atau rusak saat ada lonjakan aliran arus yang berlebihan dari yang biasanya. Jika sudah rusak, tentu kita perlu menggantinya dengan sekring yang baru.

Membiarkan sekring yang rusak akan berpengaruh kepada magnetic clutch, di mana magnetic clutch ini juga akan terputus. Magnetic clutch yang terputus akan mengakibatkan tugas untuk memutar kompresor AC tidak berfungsi. Namun perlu diingat, saat Anda ingin mengganti sekring yang rusak, pastikan Anda sudah memperbaiki korsleting yang terjadi.

Mengapa korsleting? Karena sekring yang terputus atau rusak biasanya diakibatkan oleh korsleting. Oleh karena itu Anda perlu memastikan korsleting yang ada telah berhasil diperbaiki, agar sekring yang baru diganti tidak rusak kembali.

DAPATKAN PROMO TOYOTA ALL NEW RAIZE DI AUTO2000

2. Rusaknya Magnetic Clutch

Komponen kompresor yang satu ini memang lebih mudah rusak. Oleh karena itu jika Anda mendapati magnetic clutch mobil Anda rusak, Anda tidak perlu bingung mengapa hal ini terjadi. Namun bagaimana cara mengetahui magnetic clutch mobil saya telah rusak?, mungkin Anda bertanya demikian.

Cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan alat multimeter yang berfungsi untuk mengukur hambatan, tegangan acm, tegangan dc, mengukur arus listrik, dan kapasitor. Jika terbukti rusak, maka Anda tinggal mengganti komponen tersebut.

Baca juga:Sebab dan Akibat Kompresor AC Mobil Berisik

3. Sensor Tekanan AC Tidak Berfungsi

Sensor tekanan AC atau sensor tekanan freon AC dapat mengalami kerusakan. Sensor ini berguna sebagai pemberi tanda kepada magnetic clutch kapan komponen tersebut menyala atau mati. Sensor tekanan AC akan membuat magnetic clutch menyala atau ON sampai kepada tekanan maksimal atau kepada tekanan yang sudah Anda sesuaikan sebelumnya.

Sensor ini juga akan memberikan sinyal kepada magnetic clutch untuk mati atau OFF saat tekanan AC sudah mencapai tekanan yang telah diatur. Proses ini akan terus berulang selama mobil dinyalakan. Namun jika sensor tekanan AC tetap tidak membuat mobil Anda dingin, maka hal ini menandakan sensor tekanan freon AC Anda rusak. Jika sudah rusak, maka Anda hanya perlu menggantinya dengan sensor yang baru.

4. Sensor Suhu AC Tidak Berfungsi

Alasan terakhir kompresor AC tidak berputar adalah karena sensor suhu yang tidak berfungsi, rusak atau error. Cara kerja sensor suhu sebenarnya mirip dengan sensor tekanan freon AC. Sensor ini berfungsi untuk memberikan sinyal kepada kompresor mengenai suhu yang berada di dalam mobil. Saat kita mengatur AC pada suhu tertentu, maka sensor suhu ini bertugas untuk mendeteksi saat suhu sudah berada pada suhu yang telah kita atur.

Jika sudah mencapai suhu tertentu, sensor suhu ini akan memberikan sinyal balik kepada magnetic clutch bahwa suhu sudah sesuai. Sebaliknya, jika suhu pada mobil mulai menurun dari suhu yang telah disesuaikan, maka sensor suhu akan menyalakan kembali magnetic clutch.

Baca juga:5 Sumber Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Demikian beberapa alasan mengapa kompresor AC mobil tidak berputar sebagaimana mestinya. Jika hal-hal ini terjadi pada kompresor AC mobil AutoFamily, segera perbaiki ke bengkel resmi Auto2000 yang paling dekat dengan rumah Anda. Untuk menghindari waktu tunggu yang terlalu lama, Anda dapat melakukan jadwal booking kedatangan Anda di website Auto2000. Tunggu apalagi? Kunjungi websitenya sekarang!

KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.