Toyota Selipkan Sistem Keamanan Canggih di Mark X Terbaru

Tokyo -Generasi kedua Toyota Mark X telah dirilis di Jepang. Versi terbaru ini tersedia dalam beberapa varian yaitu 350 RDS, 250 RDS, 250 S dan 250S Four (FWD), 250G/250G Four, dan 250g/250G Four dengan F package.

Seperti nama yang tertera, 350 RDS dibekali mesin 2GR-FSE 3.5 L V6 yang bisa menghasilkan 318 PS pada saat rpm 6400 dan torsi 380 Nm di rpm 4.800 sementara 250RDS, 250S, dan 250S Four serta 250G, dan 250 G Four dibekali mesin 4GR-FSE 2.5 L V6 yang bisa menyemburkan 203 PS di rpm 6.400 dan torsi 243 Nm saat rpm 4.800.

Di bagian eksteriornya, Mark X bemper depan, gril, dan lampu depan didesain ulang. Lampu depannya kini mengusung LED DRL pada model 250S, 250S Four, 250RDS dan 350RDS. Pelek aluminium berukuran 18 inci menjadi standar di varian 350RDS, 250RDS sementara di model 250S dan 250S Four pelek 18 inci menjadi pilihan. Model standarnya menggunakan pelek berukuran 16 inci.

Bagian interior model 350RDS, 250RDS dan 250S berwarna merah dan hitam dengan jok berlapis Alcantara sebagai fitur standar, sementara itu 250S Four jok Alcantara menjadi pilihan.

Mark X terbaru ini juga dibekali beberapa komponen yang membuatnya lebih responsif saat menyetir, grip, dan kenyamanan berkendara. Yang paling signifikan adalah tambahan fitur Toyota Safety Sense P di semua varian. Perangkat keamanan itu termasuk kamera depan yang bisa mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki untuk mencegah tabrakan.

Sistem pengereman bisa berfungsi pada saat kecepatan 10 km/jam-80 km/jam. Lane departure alert didukung oleh kamera monocular yang bisa mendeteksi garis jalan. Jika mobil melenceng dari garis, pengendaranya akan diperingatkan melalui layar display di tengah.

Jika sudah diperingatkan si pengendara tak melakukan tindakan apa pun, electric power steeringnya akan membantu mobil kembali ke jalur yang seharusnya. Di jalan tol, sensor radar bekerja bersamaan dengan kamera untuk menyediakan adaptive cruise control. Sistem tersebut menjaga agar mobil tetap berjarak dengan mobil di depannya.

Jika mobil depan mengurangi kecepatannya, sistem ini akan mendeteksi perubahan kecepatan tersebut dan menutup gas untuk menyesuaikan kecepatannya. Apabila kecepatan mobil depan terus berkurang, sistem ini akan mengaktivasi rem sehingga melambatkan Mark X.

Selain itu, sistem ini juga meminta si pengendara untuk melakukan sesuatu saat mobil di depan melambat. Bila mobil depan menambahkan kecepatannya, Mark X dengan sistem tersebut otomatis akan mengikutinya. Hal yang sama juga diaplikasikan saat mobil depan mengubah jalurnya, Mark X akan menyesuaikan dan menjaga jarak.

Sedan ini dijual mulai Rp 321 jutaan untuk varian 250G F Package, sementara varian termahal 3.5 L 350 RDS dijual Rp 466 jutaan.

Dina Rayanti – detikOto

 

Toyota Segarkan Tampilan Corolla Altis

Bangkok -Toyota Motor Thailand memperkenalkan Corolla Altis facelift. Sedan ini mendapatkan beberapa pembaruan baik dari sisi eksterior maupun interior.

Seperti dilansir Indianautosblog, Kamis (24/11/2016), Corolla Altis facelift memiliki eksterior yang lebih ramping. Di bagian depan terdapat grille baru dengan hiasan krom, lampu depan dengan Bi-Beam LED proyektor dan LED DRL, desain bumper dengan kontur berotot serta lampu kabut bulat.

Bagian samping, Toyota melengkapi Corolla Altis terbaru dengan pelek alloy baru. Di bagian belakang juga terdapat lampu belakang LED.

Sementara pada interiornya, upgrade visual ada pada desain kontrol AC single-zone baru, ventilasi AC baru untuk pengemudi dan penumpang depan, instrument cluster Optitron baru serta sistem hiburan layar sentuh T-Connect 7 inci dengan navigasi.

Toyota menyebut, kabin Corolla Altis lebih mewah dengan bahan-bahan soft-touch dan jahitan yang kontras. Di Thailand, Corolla Altis ini juga memiliki 7 SRS airbag sebagai fitur standar. Untuk kenyamanannya, bantingan suspensi telah diatur menjadi lebih lembut.

Toyota Corolla Altis hadir dengan pilihan mesin bensin 1ZR-FBE 1.6L empat silinder dengan transmisi manual 6 percepatan atau CVT. Corolla Altis tipe tertinggi yaitu ESport Edition dibekali mesin bensin 2ZR-FBE 1.8L dengan transmisi CVT 7-step. Toyota mengklaim, mode Sport Drive pada Corolla Altis ini mampu meningkatkan akselerasi.

Corolla Altis terbaru di Thailand ditawarkan dengan 7 varian. Sedan ini dijual mulai 799.000 baht (Rp 303 jutaan) hingga 1.079.000 baht (Rp 409 jutaan). Toyota menyediakan enam pilihan warna pada Corolla Altis yaitu Phantom Brown (warna baru), Gray Metallic, Super white (untuk varian 1.6L), White Pearl Crystal (untuk varian 1.8L), Silver Metallic dan Attitude Black Mica.

Rangga Rahadiansyah – detikOto

share