Tiap 2,8 Menit, Satu Toyota Sienta Selesai Diproduksi

Karawang -Toyota kini memiliki mobil andalan baru yang diklaim sebagai multi activity vehicle (MAV) Toyota Sienta. Mobil ini diproduksi oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Dalam proses produksi Toyota Sienta, TMMIN membutuhkan waktu 2,8 menit untuk mengelaurkan satu unit Sienta. Hal ini disampaian Nandi Juliyanto, Executive General Manager Karawang Plant TMMIN.

“Untuk awal produksi ini setiap 2,8 menit kita mengeluarkan 1 unit Sienta,” ujarnya.

Sedangkan, bila dihitung dari proses awal sampai menjadi satu unit kendaraan utuh, TMMIN mebutuhkan waktu total 27 jam. Waktu total 27 jam tersebut dimulai dari pemasangan lembaran baja sampai menjadi sebuah unit mobil utuh.

Namun waktu tersebut juga dikatakan Nandi dapat berubah. “Nah untuk take time ini ini nantinya tergantung permintaan, biasanya kita tiap bulan ada rapat dengan pihak marketing,” katanya.

Dengan pertemuan tersebut, nantinya akan diketahui waktu yang dibutuhkan. Dengan begitu TMMIN tahu permintaan tiga bulan ke depan seperti apa.

“Biasanya kita pakai overtime dulu, kalau tidak cukup baru kita akan mengubah take time,” tambah Nandi.

Khairul Imam Ghozali – detikOto

Komponen Sienta Ini Masih Diimpor dari Luar

Karawang -Mobil Toyota Sienta sudah diproduksi di Karawang, Jawa Barat dengan kandungan lokal sampai 80 persen. Ada beberapa komponen kendaraan yang masih diimpor dari luar negeri.

Transmisi dan transaxle menjadi kekurangan total kandungan lokal pada Sienta. Hal ini disampaikan Direktur Technical dan Project Planning & Management PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia TMMIN Yui Hastoro S

“80 persen Sienta konten lokal, sisanya transmisi dan transaxel. Jadi tansaxelnya itu kita masih impor dari Thailand. Transmisi yang otomatis itu kita masih impor dari Jepang dan yang manual dari Filipina,” ujarnya kepada wartawan di pabrik Karawang 2 milik TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Senin (25/7/2016).

Selain itu dua komponen tersebut, ada beberapa bagian juga yang masih impor. “Alternator dan beberapa part elektronik ataupun high tech lainnya juga ada yang masih impor dari luar,” tutur Yui.

Rasio kandungan lokal Sienta mencapai 80%. Secara keseluruhan, produk-produk TMMIN baik berupa mobil utuh maupun mesin, memiliki rasio kandungan lokal berkisar 60%-85%.

Khairul Imam Ghozali – detikOto

share