Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA ยป
Home - Berita - Jangan Sampai Rela Basah-basahan karena Mobil Mogo...

Jangan Sampai Rela Basah-basahan karena Mobil Mogok

Berita
04 Nov 2018

Pelan tapi pasti, hujan mulai mengguyur sebagian Ibu Kota dan wilayah sekitarnya. Meski cuaca sekarang ini tak menentu, namun menjelang akhir tahun umumnya intensitas curah hujan cukup tinggi. Bagi pemilik mobil, kondisi ini perlu segera dianitisipasi guna memastikan bahwa kendaraan terbebas dari masalah selama musim penghujan.

Apalagi mengingat sebagian wilayah di DKI Jakarta yang rawan dengan banjir dan tingginya genangan air. Untuk itu perlu ada persiapan, yang baiknya dilakukan sedari dini, bila diibarakan seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. Tentu menjadi pengalaman tidak menyenangkan, kalau sampai harus basah-basahan karena mogok di jalan.

Dalam kasus menghadapi musim hujan, secara teori yang harus diutamakan adalah memastikan bahwa kondisi mesin mobil benar-benar sehat. Caranya sebenarnya cukup mudah, cukup disiplin melakukan perawatan berkala.

BACA JUGA: Masuk Musim Hujan, Pastikan 7 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik Supaya Anda Tenang Di Jalan

“Secara kesiapan sama dengan perawatan berkala. Karena dengan begitu otomatis bisa mengetahui secara pasti bagaimana kondisi mesin. Mulai dari pelumas, cairan lain, sampai deteksi potensi bila adanya masalah sehingga bisa ditangani dan dicegah agar saat musim hujan tidak menjadi kendala,” ucap Suparman selaku Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso.

Biar lebih optimal, Suparman mengatakan, baiknya pengecekan juga tidak hanya pada sektor mesin. Beberapa bagian lagin pada mobil juga penting diperhatikan dan dicek kondisinya jelang musim penghujan. Mulai dari komponen dan sistem kelistrikan, saluran bahan bakar, air cleaner, sampai masalah tali kipas, dan V-belt.

Menurut Suparman, komponen elektrik pada mobil menjadi bagian paling riskan terkena gangguan. Untuk mencegah hal yang tidak-tidak, pemilik mobil wajib memastikan kondisinya tetap tertutup agar terhindar dari masalah korsleting. 

“Air hujan yang masuk dalam komponen elektrik mobil dapat menimbulkan masalah serius, karenanya kinerja mobil masih tetap stabil, jika sebelumnya sudah diproteksi dan dicek lebih dulu komponen sistem elektrik tadi,” kata Suparman.

BACA JUGA: Harga Bensin Naik, Inilah Tips Cara Menghemat Konsumsi Bensin Saat Mengemudi Di Jalan

Saluran bahan bakar juga tidak kalah penting untuk diperhatikan guna menghindari kebocoran. Sebab bila terjadi kebocoran saluran bahan bakar ataupun bagian tangki, maka akan menimbulkan kerusakan lebih besar. Begitu juga pada air cleaner serta perangkat terkait lainya, seperti sambungan hose air cleaner yang posisinya tidak boleh kendur atau tidak rapat.

Sementara untuk tali kipas dan v-belt, sebisa mungkin diperhatikan tingkat kekecangannya. Karena agar sistem pendingan optimal, maka posisinya harus terjaga tidak boleh sampai rengang atau kendur.

“Dengan melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Auto2000 jelang musim hujan itu manfaatnya banyak, karena selain mesin pengecekan komponen terkait juga ikut diperhatikan. Contoh untuk saluran bahan bakar, ini menjadi yang sering disepelekan padahal sangat berpengaruh untuk menjaga performa mobil tetap stabil,” ujar Suparman.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.