Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Ada Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil Saat AC Nyala? Ini Sumbernya
Home - Berita - Ada Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil Saat AC Nyala? ...

Ada Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil Saat AC Nyala? Ini Sumbernya

Berita
01 Mar 2019

Auto2000.co.id – Walau di musim hujan, AC tetap perangkat yang harus dapat bekerja dengan baik. Karena bukan sekadar membuat kabin sejuk, tapi juga membantu mencegah timbulnya embun di kaca mobil.

Masalahnya, karena alpa merawat AC, ada saja masalah timbul dan mengganggu. Yang paling klasik adalah udara AC jadi bau.

AC bau tentu ada penyebabnya dan bila dibiarkan akan merusak AC mobil dalam jangka panjang. Selain itu, AC bau membuat penghuni kabin tidak nyaman dan punya potensi menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan dan batuk.

Oleh sebab itu Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan AC mobil bau, sehingga kesehatan dan kenyamanan tetap terjamin. Berikut hal-hal yang menyebabkan AC bau di mobil Anda.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto2000 Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu

Debu di filter AC

Filter AC atau biasa disebut filter kabin adalah pembersih udara yang diisap dari dalam kabin mobil untuk didinginkan, dan disemburkan kembali ke dalam kabin sebagai udara sejuk.

Aliran udara segar melalui filter AC akan terhambat bila terdapat debu dalam filter tersebut. Debu tentunya berasal dari kabin mobil Anda yang kurang terjaga kebersihannya.

Semakin menumpuk, lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap di dalam kabin yang disalurkan melalui blower AC. Sebaiknya rutin dibersihkan minimal satu kali dalam sebulan, tergantung penggunaan mobil.

Polusi terisap

Ada kalanya Anda membuka ventilasi AC sehingga udara luar masuk ke dalam kabin mobil. Bisa pula membuka jendela untuk taping kartu etoll atau bayar parkir.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Meski sejenak, sudah cukup untuk membawa polusi udara ke dalam mobil. Itulah mengapa Anda harus rutin membersihkan kabin mobil dari kotoran, terutama debu yang tidak terlihat tapi jumlahnya sangat banyak.

Namun bila ternyata kaca mobil dan ventilator sudah tertutup rapat masih ada kebocoran polusi, coba cek ventilator udara di boks blower AC. Bisa jadi mekanismenya tidak tertutup rapat. Anda juga wajib mengganti busa ventilator tersebut.

Bangkai binatang

Karena ada sesuatu dan lain hal bisa saja ada binatang masuk ke dalam mobil dan mati di dalamnya. Alhasil akan timbul bau tidak sedap yang khas dan sangat menyengat.

Jangan tunda, segera cari sumber masalahnya dan bersihkan karena baunya akan terus mengganggu Anda sepanjang hari.

BACA JUGA : Apa itu Aquaplaning Yang Bikin Mobil Kecelakaan Terbalik di Jalan Tol?

Evaporator kotor

Evaporator kotor, apalagi kalau sampai berlendir juga akan membuat jamur dan spora tumbuh dengan sangat cepat. Ini juga merupakan sumber bau tidak sedap yang kalau dibiarkan akan menyebarkan bibit penyakit.

Bau yang timbul biasanya konsisten sejak AC dinyalakan dan udara dingin di dalam kabin Anda akan terasa tidak nyaman karena sangat lembab.

Jangan tunda dan segera bawa mobil Toyota Anda ke bengkel resmi Auto2000 bila gejala di atas tercium karena risiko timbulnya penyakit sangat besar. Selain pastinya membuat penumpang merasa tidak nyaman.

Parfum

Sebagian pemilik mobil akan menggantungkan pengharum ruang untuk menjaga kondisi kabin agar tetap terasa segar dan nyaman. Masalahnya Anda harus selektif dalam memilih parfum.

BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

Ini karena ada beberapa jenis parfum menggunakan kadar alkohol cukup tinggi yang akan mengeluarkan bau asam saat digunakan dalam jangka waktu lama di dalam mobil.

Selain itu, hindari meletakkan parfum langsung di depan blower AC. Udara dingin yang disemburkan akan bercampur dengan zat kimia yang ada di dalam parfum dan selanjutnya Anda hirup.

Paling baik Anda bisa meletakkan penetral bau yang ditaruh di bawah jok mobil. Lebih aman dan tidak menimbulkan bau sehingga aman untuk orang yang sensitif bau serta tidak terisap sistem pernapasan.

BACA JUGA : Mudah dan Nyaman, Ini Sebab Anda Harus Ngobrol Dengan Tasia

Bau oli freon

Masalah ini sudah masuk ke sistem AC mobil Anda. Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran freon di evaporator yang mengakibatkan keluarnya oli, sehingga baunya akan bercampur ke dalam kabin mobil.

Kondisi ini sangat membahayakan kesehatan pengendara maupun penumpang mobil karena freon memiliki kandungan zat kimia yang beracun.

Jika ada kebocoran di dalam mobil maka akan langsung terhirup oleh orang yang ada di dalam mobil. Jika mencium bau tidak biasanya, segera datang ke bengkel resmi Auto2000 untuk penyelidikan lebih lanjut.

Nah, supaya kebersihan sistem sirkulasi AC mobil Toyota Anda tetap terjaga optimal, lakukan perawatan berkala AC mobil di bengkel resmi Auto2000. Dengan fasilitas modern dan memadai, AC mobil Anda akan dapat bekerja dengan baik dan nyaman.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.