Ada Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil Saat AC Nyala? Ini Sumbernya "/>
Cancel

Ada Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil Saat AC Nyala? Ini Sumbernya 


Auto2000.co.id – Walau di musim hujan, AC tetap perangkat yang harus dapat bekerja dengan baik. Karena bukan sekadar membuat kabin sejuk, tapi juga membantu mencegah timbulnya embun di kaca mobil.
​​​​​​​
Masalahnya, karena alpa merawat AC, ada saja masalah timbul dan mengganggu. Yang paling klasik adalah udara AC jadi bau.

AC bau tentu ada penyebabnya dan bila dibiarkan akan merusak AC mobil dalam jangka panjang. Selain itu, AC bau membuat penghuni kabin tidak nyaman dan punya potensi menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan dan batuk.

Oleh sebab itu Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan AC mobil bau, sehingga kesehatan dan kenyamanan tetap terjamin. Berikut hal-hal yang menyebabkan AC bau di mobil Anda.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto2000 Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu
Debu di filter AC

Filter AC atau biasa disebut filter kabin adalah pembersih udara yang diisap dari dalam kabin mobil untuk didinginkan, dan disemburkan kembali ke dalam kabin sebagai udara sejuk.

Aliran udara segar melalui filter AC akan terhambat bila terdapat debu dalam filter tersebut. Debu tentunya berasal dari kabin mobil Anda yang kurang terjaga kebersihannya.

Semakin menumpuk, lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap di dalam kabin yang disalurkan melalui blower AC. Sebaiknya rutin dibersihkan minimal satu kali dalam sebulan, tergantung penggunaan mobil.

Polusi terisap

Ada kalanya Anda membuka ventilasi AC sehingga udara luar masuk ke dalam kabin mobil. Bisa pula membuka jendela untuk taping kartu etoll atau bayar parkir.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Meski sejenak, sudah cukup untuk membawa polusi udara ke dalam mobil. Itulah mengapa Anda harus rutin membersihkan kabin mobil dari kotoran, terutama debu yang tidak terlihat tapi jumlahnya sangat banyak.

Namun bila ternyata kaca mobil dan ventilator sudah tertutup rapat masih ada kebocoran polusi, coba cek ventilator udara di boks blower AC. Bisa jadi mekanismenya tidak tertutup rapat. Anda juga wajib mengganti busa ventilator tersebut.

Bangkai binatang

Karena ada sesuatu dan lain hal bisa saja ada binatang masuk ke dalam mobil dan mati di dalamnya. Alhasil akan timbul bau tidak sedap yang khas dan sangat menyengat.
Jangan tunda, segera cari sumber masalahnya dan bersihkan karena baunya akan terus mengganggu Anda sepanjang hari.

BACA JUGA : Apa itu Aquaplaning Yang Bikin Mobil Kecelakaan Terbalik di Jalan Tol?

Evaporator kotor

Evaporator kotor, apalagi kalau sampai berlendir juga akan membuat jamur dan spora tumbuh dengan sangat cepat. Ini juga merupakan sumber bau tidak sedap yang kalau dibiarkan akan menyebarkan bibit penyakit.

Bau yang timbul biasanya konsisten sejak AC dinyalakan dan udara dingin di dalam kabin Anda akan terasa tidak nyaman karena sangat lembab.

Jangan tunda dan segera bawa mobil Toyota Anda ke bengkel resmi Auto2000 bila gejala di atas tercium karena risiko timbulnya penyakit sangat besar. Selain pastinya membuat penumpang merasa tidak nyaman.

Parfum

Sebagian pemilik mobil akan menggantungkan pengharum ruang untuk menjaga kondisi kabin agar tetap terasa segar dan nyaman. Masalahnya Anda harus selektif dalam memilih parfum.

BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

Ini karena ada beberapa jenis parfum menggunakan kadar alkohol cukup tinggi yang akan mengeluarkan bau asam saat digunakan dalam jangka waktu lama di dalam mobil.
Selain itu, hindari meletakkan parfum langsung di depan blower AC. Udara dingin yang disemburkan akan bercampur dengan zat kimia yang ada di dalam parfum dan selanjutnya Anda hirup.

Paling baik Anda bisa meletakkan penetral bau yang ditaruh di bawah jok mobil. Lebih aman dan tidak menimbulkan bau sehingga aman untuk orang yang sensitif bau serta tidak terisap sistem pernapasan.

BACA JUGA : Mudah dan Nyaman, Ini Sebab Anda Harus Ngobrol Dengan Tasia
Bau oli freon

Masalah ini sudah masuk ke sistem AC mobil Anda. Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran freon di evaporator yang mengakibatkan keluarnya oli, sehingga baunya akan bercampur ke dalam kabin mobil.

Kondisi ini sangat membahayakan kesehatan pengendara maupun penumpang mobil karena freon memiliki kandungan zat kimia yang beracun.

Jika ada kebocoran di dalam mobil maka akan langsung terhirup oleh orang yang ada di dalam mobil. Jika mencium bau tidak biasanya, segera datang ke bengkel resmi Auto2000 untuk penyelidikan lebih lanjut.

Nah, supaya kebersihan sistem sirkulasi AC mobil Toyota Anda tetap terjaga optimal, lakukan perawatan berkala AC mobil di bengkel resmi Auto2000. Dengan fasilitas modern dan memadai, AC mobil Anda akan dapat bekerja dengan baik dan nyaman.
Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo Perawatan dan Body Paint Toyota - Servicetival Digiroom
Sudah di penghujung tahun 2021, sudah servis Toyota kamu belum? Auto2000 Digiroom punya Bonus Akhir Tahun untuk AutoFamily!

Dalam program Servicetival, AutoFamily bisa menikmati berbagai promo perawatan Toyota. Yuk catat jadwal promo di bawah ini:
04 November 2021
Promo - SUPER HERO EZ Deal
Mau punya mobil All New Avanza & Veloz tanpa perlu bayar mahal? Yuk, ikutan program SUPER HERO EZ Deal saja! Dengan program SUPER HERO EZ Deal, AutoFamily bisa mendapatkan mobil All New Avanza dengan cicilan hanya 2.9 Juta/ bulan* dan All New Veloz hanya dengan cicilan 3.5 juta/ bulan*!

Tak hanya itu, AutoFamily bisa langsung mendapatkan kepastian stock/ bebas inden lho. AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah Sharp Air Purifier setiap pembelian kredit melalui EZ Deal dan uang elektronik setiap pembelian EZ Deal melalui Auto2000 Digiroom. Tersedia juga program EZ Deal Syariah.

Yuk, segera miliki mobil impianmu di akhir tahun 2021 dengan mengisi formulir di bawah ini!

*Syarat dan ketentuan berlaku
16 November 2021
Promo - KINTO ONE Syariah
Menjelang akhir tahun 2021, saatnya AutoFamily merasakan sensasi berkendara mobil baru tanpa ribet lewat layanan Car Subscription Kinto. Dengan program KINTO ONE Syariah, AutoFamily bisa tenang mengendarai mobil baru bersama keluarga lho!

AutoFamily bisa bebas berkendara hanya dengan membayar biaya berlangganan mulai dari 2.7 jutaan/ bulan* untuk Toyota Calya, 4.8 jutaan/ bulan* untuk Toyota Avanza, 8.4 jutaan/ bulan* untuk Toyota Innova, dan beragam pilihan mobil lainnya!

Anda juga bisa bebas memilih mobil kesayangan Anda dan tersedia juga model mobil terbaru lho. Biaya di atas juga sudah termasuk servis, asuransi all in, dan perpanjangan STNK.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku
16 November 2021
Promo - DP Ringan All New Avanza & All New Veloz
Semakin mudah untuk miliki All New Avanza & All New Veloz yang baru saja rilis di Indonesia. Cukup dengan DP sebesar Rp 33.5 juta* saja, AutoFamily sudah bisa bawa pulang All New Avanza atau All New Veloz impian.

Selain itu, untuk setiap pembelian Toyota di Auto2000 Digiroom, AutoFamily akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier* dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah* untuk pembelian dengan paket kredit.

Jangan sampai ketinggalan! Buruan isi form di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *syarat dan ketentuan berlaku
12 November 2021
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF