Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari?
Home - Berita - Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mesin Mobil di Pa...

Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari?

Berita
03 Jan 2019

Auto2000.co.id – Pemilik mobil zaman dulu mungkin sering menyalakan mobil sebelum mulai beraktivitas, kurang lebih selama tiga hingga lima menit.

Tujuan utamanya yaitu agar mesin atau komponen lain bisa bekerja dengan optimal, ketika mobil tersebut akan digunakan ke suatu tempat tujuan.

Pertanyaan yang sekarang ini masih terdengar, yakni apakah mobil zaman now masih perlu dipanaskan dulu mesinnya?

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat menjelaskan, untuk teknologi canggih yang ada pada mobil keluaran terbaru menjadikan pemilik tidak perlu melakukan pemanasan mesin.

BACA JUGA : Hati-hati! Ini Potensi Bahaya Mengemudi Mobil Dengan Muatan Penuh

Menurut Sapta, mobil dengan sistem injeksi bahan bakar yang sudah didukung oleh sistem kontrol dengan komputer tidak perlu lagi ada pemanasan, apalagi sampai digas kencang.

Hanya akan membuang-buang bahan bakar saja, karena teknologi mobil zaman now sudah lebih canggih dibanding mobil keluaran dulu.

“Jadi mobil sekarang itu sudah tidak lagi menggunakan karburator, tidak perlu ada pemanasan lagi sebelum mulai beraktivitas,” tutur Sapta di Jakarta.

Sapta melanjutkan, mobil keluaran sekarang ini memiliki teknologi mesin yang sudah ada valve adjuster yang secara fungsi untuk menahan oli tidak langsung turun ke carter atau bak penampungan.

BACA JUGA : Inilah Tips Cara Bikin Anak Tidak Stres Saat Perjalanan Pulang Liburan

Sehingga ketika mesin bekerja, oli bisa langsung melumasi bagian mesin. Beda dengan mobil keluaran lama yang memang harus dilakukan pemanasan mesin agar sistem pelumasan tersebar ke seluruh komponen.

Selain itu, oli dari carter bisa lebih cepat naik ke mesin karena telah didukung teknologi oil pump dan kualitas pelumas dengan visikositas jauh lebih baik.

Terakhir, untuk menghidupkan mesin, sekarang sudah didukung oleh sensor, seperti temperatur lingkungan dan temperatur oli.

“Sehingga komputer bisa langsung menghitung campuran bahan bakar yang tepat untuk bisa menghidupkan mesin. Itulah kenapa mobil zaman now tidak perlu dipanaskan dulu mesinnya sebelum mulai jalan,” ujar Sapta.

Nah, buat pengguna mobil Toyota keluaran terbaru kalau mau berangkat beraktivitas, bisa langsung menyalakan mesin mobilnya karena semua model Toyota keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi modern.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.