wisata sleman.webp

10 Wisata Sleman yang Cocok Untuk Keluarga!

Diterbitkan30 Apr 2024

Sleman, kota yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga ragam destinasi wisatanya yang cocok untuk keluarga. Dari wisata alam hingga tempat-tempat bersejarah, Sleman menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh anggota keluarga. Melalui berbagai pilihan aktivitas yang dapat dinikmati bersama, menjadikan wisata Sleman sebagai destinasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.


Sebuah perjalanan wisata keluarga di Sleman tidak hanya memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alamnya, tetapi juga untuk menikmati kekayaan budaya dan sejarahnya. Untuk mengetahui apa saja rekomendasi wisata Sleman yang menarik untuk AutoFamily kunjungi!


Destinasi Wisata Sleman yang Terkenal 


Sleman menawarkan berbagai destinasi wisata terkenal yang patut untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa wisata Sleman, di antaranya:


1. Candi Ratu Boko


Candi Ratu Boko, yang juga dikenal sebagai Istana Raja Baka, merupakan situs purbakala yang terletak di atas Bukit Boko, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kompleks candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 M, dan merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang terbilang megah.


Candi Ratu Boko tidak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi, tetapi juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang. Pengunjung dapat menjelajahi berbagai bangunan candi, seperti Pendapa, Keraton, dan Gua Garung, serta menikmati panorama Gunung Merapi dan Kota Yogyakarta dari kejauhan. Candi Ratu Boko juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara budaya, seperti Festival Ratu Boko dan Pesta Kesenian Yogyakarta.


Baca Juga : 8 Wisata Magetan yang Harus Dikunjungi Saat Mudik


2. Museum Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu merupakan wisata Sleman yang menyajikan kekayaan budaya dan sejarah Jawa. Dikenal karena koleksi seni dan artefak yang berharga, museum ini menggambarkan warisan budaya Jawa dengan cara yang menawan. Pengunjung dapat menjelajahi ruang-ruang yang dipenuhi dengan karya seni, lukisan, dan barang antik yang menceritakan kisah-kisah tentang kehidupan dan tradisi Jawa.


Selain itu, museum ini juga menjadi tempat yang ideal untuk belajar tentang kehidupan istana dan kebudayaan Jawa dari masa ke masa. Museum ini juga memiliki beberapa pameran yang menceritakan tentang sejarah dan budaya Jawa, mulai dari masa prasejarah hingga masa kini. Pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya Jawa yang diadakan secara rutin di museum ini.


3. Candi Prambanan


Candi Prambanan adalah sebuah peninggalan sejarah yang memukau, menjadi salah satu situs arkeologi terpenting di Indonesia. Dikenal sebagai kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara, Prambanan menampilkan keindahan arsitektur yang megah dan kaya akan detail relief-relief yang memukau. Terletak di tengah-tengah hijaunya pedesaan Sleman, candi ini menawarkan pengalaman spiritual dan estetika yang tak tertandingi. 


Selain menjadi destinasi wisata, Prambanan juga menjadi tempat penting untuk merayakan festival budaya dan pertunjukan seni, termasuk pertunjukan tari Ramayana yang mengagumkan di panggung terbuka yang berlatar belakang candi. Sebagai ikon budaya dan spiritual Jawa, Candi Prambanan menarik pengunjung dari seluruh penjuru dunia untuk menjelajahi keagungan masa lalu dan keindahan seni.


UNTUK MERASAKAN MOBIL TOYOTA SECARA LANGSUNG, JADWALKAN TEST DRIVE SEKARANG JUGA! 


4. Ledok Sambi


Ledok Sambi adalah sebuah wisata alam yang terletak di Dusun Sambi, Desa Kaliurang, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri, dengan udara yang sejuk dan segar. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di sini, seperti trekking, camping, berenang, dan bermain air.


Ledok Sambi memiliki beberapa air terjun yang indah, yaitu Air Terjun Kembar, Air Terjun Sambi, dan Air Terjun Pengantin. Pengunjung dapat berenang di kolam alami di bawah air terjun ini, atau bermain air di sungai yang mengalir di sekitarnya. Selain itu, terdapat pula beberapa kolam ikan trout yang dapat dipancing oleh pengunjung.


5. Taman Nasional Gunung Merapi


Taman Nasional Gunung Merapi menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan di tengah keindahan alam Jawa Tengah. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin menyaksikan keragaman flora serta fauna yang ada di dalamnya. Pengelola memastikan kelestarian taman nasional ini, menjadikannya sebagai tempat wisata yang tidak hanya menawarkan destinasi wisata yang beragam, tetapi juga menjaga keindahan alamnya.


Salah satu daya tarik utama di Taman Nasional Gunung Merapi adalah Lava Tour Merapi, yang menjadi daya tarik bagi para pencari sensasi dan petualangan. Menggunakan mobil, Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan sepanjang perjalanan di sekitar Gunung Merapi. Selama petualangan ini, Anda juga dapat mengunjungi berbagai objek wisata menarik, termasuk Bunker Kaliadem untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.


6. Tlogo Muncar


Tlogo Muncar merupakan sebuah destinasi alam yang memikat hati, menjadi pilihan utama bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Terletak di lereng gunung berapi, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memikat dan indah di sekelilingnya. Udara yang sejuk dan segar membuatnya menjadi tempat yang sangat nyaman untuk dinikmati sebagai destinasi wisata.


Air terjun Tlogo Muncar terletak di Desa Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta, menjadikannya sebagai pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari tempat yang hijau dan sejuk. Dikelilingi oleh keindahan alam yang masih alami, tempat ini cocok untuk menghilangkan kepenatan setelah beraktivitas seharian. Melalui suasana yang menenangkan dan udara yang segar, Tlogo Muncar menjadi tempat yang direkomendasikan bagi Anda yang mencari pengalaman alam yang menyegarkan dan memukau.


7. Tebing Breksi


Tebing Breksi adalah sebuah wisata alam dan cagar budaya yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri, dengan udara yang sejuk dan segar. Tebing Breksi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi karena merupakan bekas pertambangan batu kapur yang telah ditinggalkan.


Tebing Breksi memiliki tebing batu kapur yang tinggi dan terjal, dengan berbagai bentuk dan tekstur yang unik. Tebing-tebing ini dihiasi dengan berbagai lukisan relief yang indah, yang dibuat oleh para seniman lokal. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dari atas tebing, atau menjelajahi gua-gua yang terdapat di dalam tebing.


Baca Juga : 7 Wisata Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi!


8. Monumen Yogya Kembali


Bangunan Monumen Yogya Kembali memiliki arsitektur yang unik, yaitu berbentuk tugu dengan puncak berbentuk kerucut yang melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia. Di dalam monumen terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah, seperti foto-foto, dokumen, dan pakaian yang digunakan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia. Pengunjung juga dapat melihat diorama yang menggambarkan peristiwa kembali Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta ke Yogyakarta.


9. Bukit Klangon


Wisata Sleman selanjutnya adalah Bukit Klangon, yang terletak di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa di kaki Gunung Merapi. Tempat wisata ini buka setiap hari tanpa batasan jam operasional, memungkinkan pengunjung untuk datang kapan saja. Namun, disarankan untuk mengunjunginya pada pagi hari untuk menikmati udara segar dan memperoleh pemandangan indah Gunung Merapi. Pada siang hari, kabut sering turun, menghalangi pemandangan. 


Saat berkunjung, disarankan untuk mengenakan pakaian yang tebal untuk menghindari kedinginan. Bukit Klangon menawarkan pemandangan spektakuler Gunung Merapi yang bisa dinikmati dari dekat. Selain itu, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti trekking dan camping. Fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup lengkap, termasuk kamar mandi, gazebo, dan warung makan. 


CEK PROMO MENARIK UNTUK MOBIL TOYOTA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM. DAPATKAN PENAWARAN SPESIAL UNTUK PEMBELIAN MOBIL BARU!


10. Tlogo Putri


Tlogo Putri merupakan destinasi wisata yang menawarkan pengalaman unik dengan kombinasi wisata air dan alam yang menakjubkan. Terletak di lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya di bukit bernama Plawangan, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang memikat hati. Selain menikmati keindahan panorama, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seru seperti flying fox, naik kano, atau bahkan naik bebek di sekitar telaga.


Selain itu, Tlogo Putri juga memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani, karena lokasinya berada di dalam kompleks yang sama dengan Bukit Plawangan Turgo. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekaligus merasakan petualangan yang menarik. Tlogo Putri menjadi destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari kombinasi antara kesegaran alam dan aktivitas seru di Sleman, Yogyakarta.


Dari rekomendasi wisata Sleman di atas, Anda dapat menemukan beragam destinasi yang memikat hati dan menawarkan pengalaman yang berbeda-beda. Melalui berbagai pilihan destinasi wisata yang tersedia, Sleman menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan dan memuaskan dahaga petualangan dan keindahan alam.


Untuk memastikan perjalanan AutoFamily menggunakan mobil dari Toyota berjalan lancar dan aman, ada beberapa tips persiapan traveling pakai mobil pribadi. Mulai dari memeriksa kondisi kendaraan, seperti ban, oli, dan sistem rem, hingga memastikan membawa perlengkapan darurat seperti ban serep dan peralatan pemadam kebakaran. 


Pastikan juga untuk merencanakan rute perjalanan Anda dan memperkirakan waktu tempuh serta persiapan bahan bakar yang cukup. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang perawatan kendaraan Toyota dan persiapan perjalanan, Anda dapat mengunjungi Auto2000 Digiroom. Melalui layanan terpercaya dan profesional, Auto2000 Digiroom siap membantu menjaga mobil Toyota Anda dalam kondisi prima untuk perjalanan yang nyaman dan aman.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 


Gambar hanya ilustrasi



digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.