wisata pantai menganti kebumen.webp

6 Keindahan Wisata Pantai Menganti Kebumen: Pasir Putih, Matahari Terbenam, dan Keajaiban Alam

Diterbitkan10 Jul 2024

Jawa Tengah memang terkenal memiliki berbagai wisata alam yang sangat indah, salah satunya adalah Pantai Menganti, Kebumen. Terletak kurang lebih satu jam perjalan dari pusat Kota Kebumen, Pantai Menganti menawarkan pesona pantai pasir putih serta keindahan bawah laut yang memukau. Penasaran dengan kegiatan wisata Pantai Menganti, Kebumen? Simak selengkapnya berikut ini!


Tentang Pantai Menganti

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dan terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang, sehingga cocok untuk berbagai aktivitas wisata seperti berenang, bermain air, dan bersantai.


Pantai Menganti juga dikelilingi oleh tebing-tebing batu karang yang indah, yang menjadikannya tempat yang sempurna untuk berfoto. Di sini, Anda juga dapat menemukan berbagai warung makan yang menyajikan hidangan laut segar dengan harga yang terjangkau.


Baca juga: 23 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Indah Dan Menarik


Daya Tarik dan Pesona Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menawarkan pesona alam yang memukau. Dengan pasir putihnya yang lembut, keajaiban alam bawah lautnya, dan keindahan matahari terbenam, Pantai Menganti Kebumen menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.


Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan daya tarik dan pesona Pantai Menganti:


1. Pesona Pasir Putih Pantai Menganti

Pasir putih Pantai Menganti Kebumen memiliki tekstur yang lembut dan warna yang memukau. Ketika Anda menginjaknya, Anda akan merasakan sensasi yang begitu nyaman di kaki. Keindahan pasir putih ini juga semakin menambah pesona alam Pantai Menganti.


Terdapat beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di pasir putih Pantai Menganti, mulai dari berjemur, bermain voli pantai, hingga hanya sekedar bersantai menikmati keindahan alam.


Untuk menikmati liburan di pasir putih Pantai Menganti, disarankan untuk membawa perlengkapan seperti tabir surya, payung pantai, dan air minum agar liburan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.


2. Menikmati Keajaiban Alam Pantai Menganti

Pantai Menganti Kebumen juga menawarkan kegiatan ekowisata yang memungkinkan pengunjung untuk lebih dekat dengan alam, seperti penanaman mangrove atau kegiatan pelestarian lingkungan.


Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling atau diving, Pantai Menganti menawarkan keindahan bawah laut yang memukau. Anda dapat menemukan beragam biota laut yang cantik di perairannya.


Dalam mengunjungi Pantai Menganti, penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak ekosistem alaminya. Dengan demikian, keajaiban alam Pantai Menganti dapat tetap dinikmati oleh generasi mendatang.

3. Menyaksikan Matahari Terbenam di Pantai Menganti

Salah satu pesona Pantai Menganti Kebumen yang tidak boleh dilewatkan adalah keindahan matahari terbenamnya. Dengan langit yang berwarna-warni dan pantulan cahaya matahari di permukaan air, momen matahari terbenam di Pantai Menganti begitu memukau.


Bagi pasangan yang ingin menikmati momen romantis, menyaksikan matahari terbenam di Pantai Menganti dapat menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai atau sekadar duduk menikmati pemandangan.


Untuk menikmati matahari terbenam di Pantai Menganti, disarankan untuk datang beberapa saat sebelum matahari benar-benar terbenam agar Anda tidak melewatkan momen magis tersebut. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan tersebut.


Baca juga: 4 Aktivitas Seru di Wisata Goa Kreo


4. Camping dengan Pemandangan Laut Lepas

AutoFamily yang ingin menginap di sekitar Pantai Menganti dapat memilih untuk berkemah di sekitar pantai. Di pantai ini, terdapat area perkemahan yang berada di daerah perbukitan. Di sana, Anda dapat langsung melihat ke arah laut lepas sehingga AutoFamily dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam tanpa halangan.


5. Mengunjungi Menara Mercusuar

Anda dapat menemukan menara mercusuar peninggalan Belanda di pantai ini. Untuk ke sana, Anda cukup berjalan ke arah sebelah selatan daerah perbukitan.


Menara mercusuar ini terbuka untuk umum dan Anda dapat menaiki tangga hingga ke puncak menara. Saat di puncak, AutoFamily dapat melihat hampir keseluruhan Pantai Menganti tanpa terhalang apa-apa.


6. Mendaki Tebing

Pantai Menganti tidak hanya menawarkan wisata alam laut namun juga daerah bukit serta tebing. Buat AutoFamily yang senang berpetualang dan mendaki, Anda dapat menemukan tebing di sekitar area perbukitan dekat tempat berkemah.


Setelah sampai di atas, Anda dapat menemukan spot foto yang estetik untuk mengabadikan pemandangan Pantai Menganti yang sangat indah.


Baca juga: 6 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah yang Cantik


Harga Tiket, Jam Operasional, dan Fasilitas Pantai Menganti

Pantai Menganti sendiri terbuka bagi pengunjung setiap hari selama 24 jam. Idealnya, AutoFamily ingin berkunjung pada dini hari untuk melihat matahari terbit atau sore menjelang malam. Pada malam hari, AutoFamily punya kesempatan untuk melihat langit malam jika tidak ada awan malam hari.


Untuk harga tiketnya sendiri, AutoFamily cukup membayar harga tiket masuk Rp20.000 per orang baik untuk orang dewasa atau anak-anak.

Pantai Menganti Kebumen menyediakan beragam fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, seperti area parkir, kamar mandi, warung makan, dan penyewaan perlengkapan snorkeling.

Itulah dia penjelasan tentang daya tarik dan pesona wisata Pantai Menganti, Kebumen. Pantai satu ini sangat cocok bagi Anda yang mencari pantai dengan kegiatan menyenangkan dan pemandangan yang indah. Pantai ini juga hanya berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat Kota Kebumen.


Agar pengalaman berlibur Anda dan keluarga makin menyenangkan, pastikan AutoFamily mengendarai mobil yang nyaman. Temukan rekomendasi jenis mobil untuk keluarga besar yang cocok untuk menjadi partner Anda berlibur.


Temukan informasi lebih lengkap dan jadwalkan test drive untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang optimal di Auto2000 Digiroom. Nikmati liburan Anda dan buat momen indah bersama keluarga di wisata Pantai Watu Kodok. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 


Gambar hanya sebagai ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.