wisata jombang.webp

12 Wisata Jombang yang Wajib Dikunjungi!

Diterbitkan30 Apr 2024

Wisata Jombang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pelancong yang mencari pengalaman wisata yang berbeda. Dijuluki sebagai Kota Santri, Jombang menyimpan banyak potensi wisata menarik. Kota ini memiliki berbagai macam pilihan wisata, mulai dari wisata alam, wisata edukatif, wisata sejarah, hingga wisata keluarga.


Perpaduan antara keindahan alam dan kekayaan budaya membuat Jombang menjadi salah satu destinasi yang harus masuk dalam daftar liburan AutoFamily dan keluarga. Apabila Anda masih bingung harus mengunjungi destinasi wisata apa saat hendak mudik ke Jombang, mari simak sejumlah rekomendasi tempat wisata yang ada di Jombang dalam artikel berikut.


Rekomendasi Destinasi Wisata Jombang


Berikut ini adalah sejumlah rekomendasi destinasi wisata di Jombang yang wajib Anda kunjungi saat mudik. 


1. Restoran di Tengah Sungai


Wisata Jombang menawarkan sensasi menyantap makanan sambil merasakan sejuknya air sungai. Restoran ini sangat unik karena lokasinya yang berada di tengah aliran sungai. Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil dikelilingi alam yang hijau dan udara segar. Restoran ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau teman-teman.


2. Agrowisata


Masih dengan nuansa alam, wisata Jombang kali ini menawarkan pengalaman berbeda bagi para pengunjungnya. Di sini, Anda bisa menjelajahi kebun durian yang luas dan pemandangan pegunungan yang memesona. Fasilitas tempat agrowisata ini pun terbilang lengkap, terdapat penginapan, area bermain, kolam renang, hingga beberapa spot foto yang instagramable.


3. Wisata Sejarah Candi 


Selain wisata alam, Jombang juga menawarkan wisata sejarah yang tak kalah menarik, seperti wisata candi. Candi Rimbi atau Ngimbri merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Jombang. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan sarat makna sejarah. Anda dapat mengajak keluarga untuk berwisata sekaligus belajar tentang kisah sejarah dibalik candi tersebut.


Baca Juga : Rekomendasi 16 Tempat Wisata Di Lembang Yang Cocok Untuk Keluarga


4. Air Terjun


Selain pegunungan, Jombang juga terkenal dengan keindahan alam air terjunnya yang menawan. Air terjun menjadi tempat yang populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam yang lebih segar. Adapun beberapa wisata air terjun yang terkenal di Jombang, seperti Air Terjun Tretes, Air Terjun Grenjeng, dan Air Terjun Sanggar. Untuk bisa sampai ke berbagai wisata air ini, tentunya Anda perlu mempersiapkan fisik dan kendaraan yang optimal.


5. Gua


Untuk pengalaman petualangan yang lebih menantang, Anda bisa menjelajahi sejumlah gua yang tersebar di Jombang, salah satunya gua Sriti. Gua ini tepatnya terletak di Dusun Sidolegi, Sumberjo, Kecamatan Wonosalam. Gua Sriti menyimpan keindahan alam yang menakjubkan dengan formasi batu yang unik. Namun, kunjungan ke gua membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang cukup, serta perlengkapan yang sesuai untuk menjaga keselamatan.


DAPATKAN KUPON SERVIS MOBIL TOYOTA DI AUTO2000 DIGIROOM UNTUK MEMASTIKAN KENDARAAN ANDA TETAP ANDAL


6. Hutan Pohon Pinus


Hutan pinus menjadi tempat yang ideal untuk menikmati kedamaian alam. Anda bisa menjelajahi hutan pinus sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang menenangkan. Beberapa hutan pinus bahkan dilengkapi dengan area bermain dan spot foto menarik yang memungkinkan Anda dan keluarga mengabadikan momen dengan latar belakang hamparan pohon pinus yang memukau.


 7. Wisata Ngarai


Ngarai adalah lembah curam yang terbentuk oleh erosi alam selama ribuan tahun. Di Jombang, Anda bisa menemukan beberapa ngarai yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, seperti ngarai yang ada di daerah Desa Klitih, Kecamatan Plandaan. Wisata ngarai di ini menyuguhkan panorama dengan bebatuan dengan bentuk yang unik. Menariknya, wisata ngarai ini akan lebih bagus saat musim kemarau tiba karena aliran sungai tampak jernih.


Baca Juga : 8 Rekomendasi Wisata Alam Bogor yang Harus Dicatat dalam Daftar Perjalanan Anda


8. Villa dengan Aktivitas Outbound


Bagi Anda yang mencari pengalaman liburan yang seru dan berkesan, menginap di salah satu vila di Jombang menjadi pilihan cerdas. Selain menikmati kenyamanan vila, Anda juga dapat melakukan aktivitas outbound yang seru, seperti flying fox dan hiking di alam sekitar. Di sini, Anda dan keluarga dapat menikmati wisata alam dan outbound yang seru bersama keluarga dan teman-teman.


9. Wisata Edukasi


Selain wisata alam, Jombang juga menghadirkan wisata yang edukatif. Di sini, Anda dan keluarga bisa belajar tentang pertanian dan kehidupan pedesaan. Adapun beberapa fasilitas di tempat wisata ini, seperti kebun dengan hasil tanaman yang banyak dan kolam renang bersama. Selain itu, salah satu daya tarik utama dari wisata edukasi di Jombang ini adalah pemandangan sawah yang memesona dan spot foto yang memukau. 


LANGSUNG CEK BERBAGAI PENAWARAN DAN PROMO MOBIL TOYOTA ONLINE TERBARU DI AUTO2000 DIGIROOM


10. Wisata Alam


Bagi Anda yang menyukai petualangan alam, Jombang memiliki berbagai destinasi wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah replika bangunan terkenal, seperti rumah ala Hobbit. Adapun salah satu rekomendasi wisata alam di Jombang, yaitu di Carang Wulung, Kecamatan Jombang. Di sini, Anda juga bisa berswafoto dan piknik bersama keluarga. 


11. Waduk


Selain wisata alami, Jombang juga terkenal dengan waduk buatannya. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, berperahu, atau sekadar bersantai di tepi waduk sambil menikmati pemandangan sekitarnya. Salah satu rekomendasi waduk di Jombang adalah waduk Jambe. Memiliki pemandangan yang indah, waduk di Jombang masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan lebih tenang. 


12. Wisata Fotografi


Bagi para pecinta fotografi, Jombang menawarkan berbagai spot menarik untuk diabadikan, tepatnya berada di kawasan daerah Carang Wulung, Jombang. Mulai dari pemandangan alam yang menakjubkan hingga arsitektur yang unik, Anda tidak akan kehabisan subjek menarik untuk difoto di tempat wisata ini. Bukan hanya itu, di sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam pegunungan Arjuno dan bermain wisata air dengan menaiki perahu di sungai buatan.


Dari sejumlah rekomendasi wisata Jombang sebelumnya, semoga Anda dapat memutuskan destinasi wisata yang akan dikunjungi saat mudik ke Kabupaten Jombang nanti. Mulai dari wisata alam yang memikat, hingga destinasi sejarah yang sarat makna, setiap jenis wisata menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi para pengunjungnya.


Bukan hanya itu, sebelum melakukan perjalanan mudik, penting juga untuk memastikan mobil Toyota Anda dalam keadaan prima. Untuk melakukan pengecekan dan penggantian komponen mobil secara menyeluruh, Anda dapat langsung menjadwalkan servis di bengkel Auto2000. 


Apabila penggantian unit mobil diperlukan, pertimbangkan untuk mencari berbagai rekomendasi mobil hatchback yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh di Auto2000. Mulai dari ruang kabin yang akomodatif, hingga efisiensi bahan bakar, mobil hatchback di Auto2000 dapat memberikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Jadi, langsung kunjungi Auto2000 Digiroom untuk menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga! 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.