wisata banjarnegara.webp

13 Wisata Banjarnegara Untuk Traveler!

Diterbitkan30 Apr 2024

AutoFamily, wisata Banjarnegara tak hanya tentang kuliner tradisionalnya yang melegenda. Di balik julukan "Kota Dawet Ayu", Banjarnegara menyimpan berbagai pesona wisata alam dan budaya yang menanti untuk dijelajahi.


Mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga wisata buatan dan minat khusus, Banjarnegara siap memanjakan para pelancong yang ingin merasakan sensasi wisata yang berbeda dari daerah lain. Jika Anda masih bingung akan pergi ke mana saat bepergian ke Banjarnegara, mari simak sejumlah rekomendasi wisata di Kabupaten Banjarnegara dalam artikel ini!


Rekomendasi Wisata Banjarnegara yang Wajib Dikunjungi


Banjarnegara menjadi salah satu daerah yang tidak kalah memesona di wilayah Jawa Tengah. Daerah ini memiliki beragam destinasi wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Berikut adalah sejumlah rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Banjarnegara.


1. Telaga


Di antara berbagai destinasi wisata alam yang ada di Banjarnegara, telaga menjadi salah satu yang paling mencolok dan menarik minat para pengunjung. Salah satu ciri khas dari telaga di Banjarnegara adalah terbentuk oleh aktivitas alam berupa letusan gunung berapi.


Telaga terbesar yang dapat Anda temui di Banjarnegara terletak di daerah Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil menggunakan hammock.


2. Wisata Air Terjun


Destinasi wisata Banjarnegara selanjutnya adalah wisata air terjun. Air terjun di Banjarnegara, terutama yang berlokasi di daerah Kemiri, menawarkan pengalaman wisata alam yang menakjubkan. 


Menariknya, air terjun yang terkenal tersebut memiliki tujuh tingkatan yang memesona. Apabila Anda sedang mencari tempat wisata yang bisa membuat lebih rileks, air terjun di daerah Kemiri ini dapat menjadi destinasi yang tepat.


Baca Juga : Mengeksplorasi 7 Rekomendasi Wisata Tulungagung yang Paling Terkenal


3. Waduk


Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan di Banjarnegara adalah waduknya yang berlokasi di Kecamatan Bawang. Bendungan yang memanjang dan menampung air dari Sungai Serayu ini menawarkan pemandangan yang sangat memukau bagi para pengunjungnya. 


Selain pemandangan, waduk yang ada di Banjarnegara tersebut juga menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas, seperti menaiki perahu, memancing, hingga bermain golf. Kombinasi antara keindahan alam dan fasilitas yang dimiliki destinasi wisata ini membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman.


4. Wisata Hutan Lindung


Banjarnegara menawarkan pengalaman wisata yang menyegarkan di dalam hutan lindung yang sejuk dan asri. Di sini, Anda bisa menikmati udara segar dari pepohonan yang rindang sehingga cocok sebagai destinasi untuk melepas penat.


Selain keindahan alam yang memukau, hutan lindung yang berlokasi di Paweden, Karangkobar, Banjarnegara ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang nyaman, seperti perkemahan, kolam renang, dan taman bermain anak. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menemukan berbagai spot foto yang instagramable. 


TEMUKAN BERBAGAI TIPE DAN VARIAN MOBIL TOYOTA TERBARU HANYA DI AUTO2000


5. Wisata Alam Pegunungan dan Perbukitan


Apakah Anda sedang ingin berkunjung ke dataran tinggi? Tak perlu khawatir karena Banjarnegara juga memiliki wisata alam pegunungan dan perbukitan yang tak kalah memukau dari daerah lainnya. 


Gunung-gunung di Banjarnegara menakjubkan dengan pesona keindahan alam khas, serta udara yang segar dan menyejukkan. Bukan hanya itu, daerah perbukitan di Banjarnegara juga menawarkan panorama indah dengan hamparan pepohonan yang rindang dan udara yang segar, menciptakan suasana yang tenang dan menyegarkan.


6. Arung Jeram


Salah satu kegiatan yang paling menarik para pelancong di Banjarnegara adalah arung jeram yang berlokasi di kawasan Sungai Serayu. Wisata air ini selalu ramai dikunjungi oleh penggemar arung jeram, khususnya para penyuka olahraga yang memacu adrenalin. 


Bersamaan dengan air yang mengalir deras dan medan yang menantang, pengalaman arung jeram di daerah Banjarnegara ini juga menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indah dari destinasi wisata lainnya. Bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus mencari aktivitas petualangan, arung jeram di kawasan Sungai Serayu bisa menjadi destinasi yang tepat.


7. Kawah


Salah satu daya tarik utama Banjarnegara terletak pada keberadaan kawasan kawah yang menarik, terutama di daerah Batur. Kawasan kawah ini menawarkan pengalaman yang unik dan menarik bagi para pengunjungnya.

Dikelilingi oleh pemandangan alam yang memukau, kawasan kawah tersebut menyediakan berbagai spot foto yang menarik. Namun, penting untuk selalu berhati-hati saat mengunjungi tempat wisata ini dan sebaiknya Anda mematuhi peraturan keamanan yang ada.


8. Taman Wisata


Banjarnegara tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga memiliki berbagai taman wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu taman wisata yang populer di Banjarnegara adalah taman yang terletak tepat di tepi Jalan Raya Banjarnegara. 


Taman wisata tersebut terdiri dari hamparan bunga yang dibentuk dan ditata dengan rapi. Oleh karena itu, tak heran jika tempat wisata ini populer dan banyak pengunjung yang berswafoto di sini. 


Baca Juga : Menemukan Keindahan Alam Purbalingga: Rekomendasi Wisata Purbalingga yang Menakjubkan


9. Wisata Kuliner


Selain pesona alam yang memukau, Banjarnegara juga menawarkan kuliner khasnya yang menggugah selerah. Salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi adalah Desa Kalilunjar.


Di tempat kuliner tersebut, Anda juga akan disuguhkan kesejukan dari pepohonan yang rindang dan gemericik air sungai yang menenangkan. Bukan hanya itu, tempat kuliner ini juga menyediakan gazebo dan tempat duduk yang terletak di atas sungai. Wisata ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam pedesaan dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.


10. Desa Wisata


Desa Wisata di Banjarnegara memang menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pelancong. Di sini, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam dan budaya lokal, tetapi juga bisa merasakan petualangan yang tak terlupakan.


Adapun salah satu desa wisata di Banjarnegara yang wajib dikunjungi, yaitu yang berlokasi di Desa Gentasari. Di desa ini, Anda bisa menikmati berbagai atraksi wisata, seperti Festival Tampomas, Festival Cowongan, dan Gebyar Tampomas. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana, seperti track offroad, camping ground, perahu wisata, hingga berkeliling desa sambil menaiki jeep.


DAPATKAN AKSESORIS MOBIL TOYOTA YANG DIBUAT KHUSUS UNTUK MOBIL ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM


11. Wisata Sungai


Banjarnegara juga menawarkan pengalaman wisata sungai yang menarik. Terletak di tepi Sungai Serayu, tepatnya di kawasan Madukara, destinasi ini memadukan keasrian alam dengan konsep petualangan hijau yang unik.  


Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang memacu adrenalin, seperti rafting dan outbound. Bukan hanya itu, destinasi wisata ini juga menyuguhkan hidangan lezat di restoran tepi sungai dan fasilitas camping. Wisata sungai di Banjarnegara menjadi pilihan yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan.


12. Kompleks Candi


Apakah Anda ingin berlibur sambil menikmati warisan budaya khas Banjarnegara? Tak perlu bingung karena Banjarnegara memiliki kompleks candi yang memukau. Terletak di dataran tinggi Dieng, kompleks candi ini memikat dengan keindahan arsitektur kuno dan nilai sejarahnya yang mendalam. 


Kompleks candi tersebut terdiri dari beberapa candi yang mengesankan, seperti Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Setiap candi memiliki keunikan dan cerita tersendiri yang dapat memikat pengunjung untuk menjelajahi lebih dalam tentang sejarah dan kebudayaan terkait.


13. Kolam Renang Dari Sumber Mata Air Alami


Salah satu destinasi menarik yang wajib dikunjungi di Banjarnegara adalah kolam renang di kawasan Desa Paweden. Kolam renang ini tidak hanya menawarkan kesegaran dan kesejukan, tetapi juga kebersihan yang terjaga karena airnya selalu bersirkulasi dan bersumber dari mata air.


Terletak di daerah dengan udara yang sejuk dan dikelilingi oleh pepohonan hijau, kolam renang ini memberikan pengalaman berenang yang menyegarkan di tengah pesona alam yang memukau. Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan taman yang cocok untuk bersantai bersama keluarga dan menikmati keindahan alam sekitarnya.


Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah memutuskan tempat wisata Banjarnegara yang akan dikunjungi? Dari pegunungan yang memukau hingga warisan budaya yang kaya, Banjarnegara menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang menarik bagi para pelancong. Jadi, jadikan Banjarnegara sebagai destinasi berikutnya dalam daftar perjalanan Anda dan nikmati keindahan yang ditawarkannya.


Bagi AutoFamily yang sedang merencanakan liburan ke Banjarnegara, pastikan untuk menjadikan perjalanan lebih menyenangkan dan aman dengan kendaraan yang optimal. Untuk menemukan mobil Toyota yang andal, temukan berbagai mobil untuk perjalanan jauh hanya di Auto2000.


Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai spesifikasi, fitur, dan penawaran menarik mobil impian Anda. Temukan berbagai pilihan mobil Toyota yang cocok untuk perjalanan Anda, serta nikmati kenyamanan dan performa mesinnya yang andal selama berkendara.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.