LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Waspadalah! Ini Ciri-ciri Pintu Geser Elektrik Mulai Rusak

Auto2000.co.id – MPV boxy dikenal punya nilai fungsionalitas dan kepraktisan yang tinggi, salah satunya dengan aplikasi pintu geser, termasuk pintu geser elektrik yang memudahkan.

Tak heran bila di Indonesia banyak model MPV mengotak dipasarkan, termasuk dari Toyota. Line-up-nya cukup lengkap, mulai dari Toyota Sienta, Voxy, hingga duo Alphard Vellfire.

Meski demikian, electrik sliding door butuh perawatan agar dapat bekerja optimal. Apalagi mekanisme penggeraknya lebih rumit ketimbang pintu biasa.

Cara kerja pintu geser elektrik tidak sesederhana pintu biasa yang hanya bermodalkan engsel. Ada banyak tambahan komponen yang diterapkan, mulai dari roller, rel, pengunci, dan juga motor penggerak pintu.

BACA JUGA : Begini Cara Ngobrol Dengan Tasia Kalau Mau Beli Mobil Baru di Auto2000

Layaknya mekanisme elektronik lainnya, kamu bisa saja menemui masalah pada pintu geser elektrik. Selain debu dan kotoran, air juga menjadi musuh bagi pemilik mobil dengan sliding door.

Untuk mendeteksi masalah pada pintu geser elektrik, berikut ini beberapa ciri-ciri masalah yang perlu Anda perhatikan.

Banyak debu di engsel pintu

Meski penggunaan pelumas jadi solusi tepat untuk melancarkan gerak pintu geser elektrik, pelumas yang salah malah akan merusak sistem pintu geser elektrik.

Gunakanlah pelumas yang berbeda untuk bahan plastik ataupun bahan besi. Selain itu, penggunaan pelumas yang terlalu banyak malah membuat debu menempel di engsel dan rel pintu sehingga bikin macet.

BACA JUGA : Tasia Bisa Bantu Booking Service di Bengkel Auto2000 atau Order THS

Air menyelinap masuk lewat celah pintu

Bila air hujan bisa masuk ke dalam mobil melalui celah pada pintu, itu artinya pintu geser elektrik bermasalah. Hal ini umumnya bisa terjadi karena sobeknya karet pintu sehingga menghasilkan lubang maupun celah pada engsel pintu.

Anda perlu memperhatikan kondisi karet pintu dan mengganti karetnya jika sudah tidak layak pakai. Jika kondisi ini dibiarkan, air hujan yang mengendap dapat menimbulkan karat dan menyebabkan kerusakan permanen pintu mobil.

Suara berdecit saat dioperasikan

Jika pintu geser elektrik di mobil Anda sering mengeluarkan bunyi berdecit, artinya ada masalah pada rel maupun bantalan pintu.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto2000 Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu

Kedua faktor tersebut biasanya disebabkan mulai aus akibat usia pemakaian. Cara mengatasi hal tersebut cukup dengan pelumasan pada bagian rel pintu geser.

Gerakan buka tutup jadi lambat

Pintu geser elektrik digerakkan tenaga mesin yang berasal dari aki mobil, jadi sangat wajar bila gerak tenaga pintu mengikuti daya aki mobil Anda.

Nah, kalau pintu geser elektrik mulai terasa seret, biasanya hal ini disebabkan pintu yang terlalu sering Anda buka dalam keadaan mobil mati.

BACA JUGA : Begini Cara Tasia Bantu Hitung Kredit Beli Mobil Baru di Auto2000

Pintu sulit mengunci

Masalah tersebut umumnya disebabkan kebiasaan menutup pintu terlalu keras. Masalah ini juga bisa terjadi jika Anda sering membuka pintu dengan kasar.

Entakan atau benturan yang keras dan berulang berpotensi membuat kunci dan pengait pintu kendor. Membuka pintu mobil dengan hati-hati merupakan cara yang tepat agar pintu geser elektrik mobil Anda lebih awet.

Jika Anda menemui satu atau beberapa ciri di atas, segera laporkan pada service advisor Auto2000 agar bisa segera diperbaiki. Apalagi pintu geser elektrik punya mekanikal yang kompleks dan menyulitkan kalau dibiarkan saja.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF