warna-kabel-acc-pada-kontak-mobil.jpg

Informasi Warna Kabel Acc pada Kontak Mobil

Diterbitkan17 Apr 2023

Kabel acc adalah kabel REM atau remote yang menjadi salah satu bagian tape. Tape mobil merupakan piranti penting dalam kendaraan karena berfungsi sebagai penyedia hiburan seperti memutar lagu atau radio.

Tape dapat berfungsi karena berbagai komponen yang ada di dalamnya seperti kabel acc. Kabel acc tersebut memiliki berbagai warna dan fungsi yang berbeda-beda. Mengetahui arti dari tiap kode warna kabel yang ada akan memudahkan teknisi dalam proses perbaikan perangkat.

Memang benar perbaikan akan dilakukan oleh teknisi, tetapi Anda tetap perlu memahaminya agar wawasan otomotif makin luas. Anda juga jadi bisa bertindak lebih hati-hati dalam merawatnya. Untuk itu, mari simak warna kabel acc pada kontak mobil dan artinya di bawah ini.

Kode Warna Kabel Acc Pada Kontak Mobil

Setelah fungsi, kini saatnya Anda mengetahui arti warna kabel tape mobil ini. Biasanya, kabel ini berada di satu tempat dan dirangkai sejajar. Alhasil, bagi yang awam atau pemula di dunia otomotif akan cenderung kesulitan membedakan masing-masing kode warna kelistrikan mobil. Head unit memiliki berbagai jenis kabel dengan warna dan fungsi yang berbed-beda, setidaknya ada 13 warna kabel Acc yang terpasang di dalam tape mobil. Berikut telah dirangkum berbagai warna yang diterapkan pada kabel dan artinya:

  1. Warna Merah (+) = 12V ACC (arus lewat kontak)

  2. Warna Kuning (+) = 12V BackUp (arus langsung)

  3. Warna Putih (+) = speaker

  4. Warna Hitam (-) = ground atau massa body

  5. Warna Putih-hitam (-) = speaker

  6. Warna Abu-abu (+) speaker

  7. Warna Abu-abu hitam (-) = speaker

  8. Warna Ungu (+) = speaker

  9. Warna Ungu-hitam (-) = speaker

  10. Warna Hijau (+) = speaker

  11. Warna Hijau-hitam (-) = speaker

  12. Warna Biru (+) = PowerAnt atau remot untuk menyalakan antena secara otomatis atau power.

  13. Warna Oranye (+) = illum atau lampu dimmer mobil

Baca Juga:Mengenal Pajak Progresif Kendaraan

Fungsi Kabel Acc Pada Mobil

Apakah AutoFamily sudah mengetahui fungsi kabel acc sebelum beralih ke pembahasan mengenai arti tiap warnanya? Kalau belum, simak dulu ulasannya berikut ini.

1. Me-remote Peralatan Audio

Fungsi utama kabel acc pada tape mobil adalah untuk me-remote peralatan audio yang terpasang di dalam kendaraan. Salah satu peralatan tersebut adalah power amplifier.

Dengan adanya kabel acc ini, maka power amplifier mendapatkan tegangan listrik yang cukup untuk menyalakannya. Hasilnya, Anda mendapatkan kenyamanan lebih saat mendengarkan lagu dan radio di mobil.

2. Me-remote Power Antena

Kalau AutoFamily senang mendengarkan musik melalui CD atau AUX, maka fungsi kabel acc bakal amat penting dan krusial. Pasalnya, kabel acc mendukung kinerja power antena yang berguna sebagai pengirim sinyal bahwa radio tape mobil sedang aktif sehingga bisa keluar suara.

Sayangnya, jika yang Anda pilih adalah pemutaran musik melalui CD atau AUX, maka sinyal tidak akan dikirim sehingga antena kembali masuk. Oleh karenanya, diperlukan fungsi kabel acc pada tape mobil.

CEK PENAWARAN TERBAIK TOYOTA NEW ALPHARD DI SINI!

3. Memberikan Tegangan Listrik

Sebagai informasi, warna kabel audio mobil sangatlah beragam. Masing-masingnya memiliki fungsi berbeda. Namun, satu fungsi utamanya adalah menyalurkan dan memberikan tegangan listrik. Ketika tape dihidupkan, maka kabel akan mengeluarkan tegangan arus listrik yang disalurkan ke terminal remote pada audio mobil. Bahkan ketika arus listrik dari kabel acc menghilang, audio masih bisa dihidupkan dengan cara mengambil arus listrik acc yang ada pada kunci kontak.

Baca Juga:Bagaimana Cara Memperbaiki Tape Mobil Mati?

Itulah tadi panduan singkat mengenai warna kabel acc pada kontak mobil. Sekarang AutoFamily juga jadi lebih mengerti arti setiap kabel mobil dan fungsinya. Apabila AutoFamily memiliki kendala terkait kabel audio atau tape yang sudah tidak berfungsi maka segera bawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat.

Jangan mencoba-coba membongkar atau menggantinya secara mandiri karena berisiko merusak komponen lain yang ada di sekitarnya. Anda bisa langsung menjadwalkan service ke bengkel Auto2000 melalui Auto2000 Digiroom agar tidak mengantre lama.

Dapatkan semua layanan terbaik yang ada di Auto2000 khusus untuk AutoFamily sekarang juga! Semoga artikel ini membantu Anda mengenal 3 fungsi kabel acc sekaligus kode dari masing-masing warna yang ada.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.