Wajib Dipelajari Karena Kerap Digunakan Ini Panduan Pengemudi Pemula"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Wajib Dipelajari Karena Kerap Digunakan Ini Panduan Pengemudi Pemula

Menyetir mundur memang sulit dilakukan pengemudi awam maupun yang berpengalaman. Saat menyetir mundur, setir berada di depan Anda sementara mobil bergerak ke belakang, Selain itu, terkadang pandangan ke belakang mobil juga terhalang sehingga terkadang orang mengalami kesulitan saat menyetir mundur. Dengan menyetir secara perlahan dan mewaspadai sekeliling mobil, keterampilan menyetir mundur Anda akan meningkat.

Simak cara menyetir mundur dalam garis lurus sebagai berikut garis lurus :

1.    Periksa sekeliling mobil. Cek sekeliling mobil Anda dengan menolehkan kepala secara aktif ke sekeliling mobil sampai tidak ada yang terlewat. Pastikan tidak ada yang menghalangi dan bergerak menuju jalur di belakang Anda sebelum memundurkan mobil.

2.    Letakkan kaki kanan di pedal rem. Saat menyetir ke depan atau mundur, hanya kaki kanan yang boleh menginjak pedal rem atau gas. Jika mobil Anda bertransmisi manual, kaki kiri harus siap di kopling. Pada transmisi otomatis, kaki kiri tidak digunakan. Tekan pedal rem dengan mantap menggunakan kaki kanan sehingga mobil tidak bergerak setelah dimasukkan ke gigi mundur.

3.    Letakkan tangan kanan di pertengahan atas setir. Meskipun biasanya Anda disarankan menaruh tangan di posisi jam 10 dan 2 pada setir, menyetir mundur mengharuskan Anda memutar badan ke belakang. Letakkan tangan kanan di pertengahan atas setir supaya setir bisa disesuaikan dengan mudah untuk menjaga mobil tetap berjalan lurus saat mundur

4.    Masukkan gigi mundur. Tergantung pada transmisi kendaraan yang digunakan, ada beberapa cara untuk masuk ke gigi mundur. Pada transmisi otomatis, biasanya Anda harus menekan tombol di tuas kopling dan menariknya ke belakang sampai segaris dengan huruf “R”. Pada mobil bertransmisi manual yang dilengkapi lima transmisi kecepatan, biasanya tuas kopling harus ditarik sampai ke ujung kanan, lalu ditarik mundur.

5.    Lihat ke belakang mobil untuk melihat ke jendela belakang mobil. Dengan asumsi pandangan Anda ke belakang tidak terhalang, putar badan ke belakang sehingga Anda bisa melihat jendela belakang mobil. Anda belum boleh melepaskan kaki dari pedal rem. Jika Anda mengendarai truk boks atau kendaraan lain yang tidak memiliki jendela belakang, Anda terpaksa mengandalkan kedua kaca spion untuk melihat ke belakang.

6.    Angkat kaki kanan dari pedal rem secara perlahan. Saat kaki kanan diangkat untuk melepaskan tekanan pada pedal rem, kendaraan akan mulai berjalan mundur. Kebanyakan mesin kendaraan memiliki RPM (revolusi per menit) ketika berhenti sehingga Anda bisa memundurkan mobil tanpa harus menginjak gas.

Jika belum mahir, silahkan minta pendampingan orang yang lebih paham ya. Selamat mencoba.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia