AC Mobil

Banyak yang Masih Bingung, Apa Sih Fungsi Tombol Sirkulasi Udara Mobil?

Diterbitkan4 Mar 2024

Tombol sirkulasi udara mobil memiliki fungsi yang penting untuk mengatur aliran udara di dalam kabin kendaraan. Saat tombol ini dinyalakan, udara dari luar akan masuk ke dalam mobil, membantu menjaga sirkulasi udara agar tetap segar. 


Namun, saat tombol sirkulasi udara mobil dimatikan, aliran udara dari luar tidak akan masuk, sehingga udara di dalam kabin akan tetap beredar, entah itu udara dingin yang berasal dari AC atau udara hangat dari pemanas. Hal ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan penumpang selama perjalanan.


Fungsi tombol sirkulasi udara mobil ini tidak terbatas itu saja, mari simak fungsi lainnya secara lebih lengkap di bawah ini. 


Fungsi Tombol Sirkulasi Udara Mobil

Ketika Anda memasuki kabin kendaraan, seringkali AutoFamily akan menemukan tombol sirkulasi udara mobil yang terletak di panel kontrol AC. Tombol ini memiliki beberapa fungsi penting yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas udara di dalam mobil. Mari simak berbagai fungsinya berikut ini. 


1. Regulasi Aliran Udara 

Salah satu fungsi utama dari tombol sirkulasi udara adalah untuk mengatur aliran udara segar ke dalam kabin mobil. Saat tombol ini aktif, udara dari luar akan masuk ke dalam mobil melalui ventilasi, membawa udara segar yang membantu menjaga kualitas udara di dalam kabin. Ini terutama penting saat berkendara di daerah yang berpolusi atau ketika udara di luar lebih segar dari udara di dalam mobil.


Baca juga: Yuk Ketahui Nama-Nama Komponen AC Mobil dan Fungsinya


2. Menjaga Suhu Kabin

Tombol sirkulasi udara juga berperan dalam menjaga suhu kabin yang nyaman bagi pengemudi dan penumpang. Saat tombol ini dinonaktifkan, udara luar akan terus mengalir ke dalam kabin, hingga memungkinkan AC untuk bekerja secara optimal dalam mendinginkan udara di dalam mobil. Di sisi lain, saat tombol sirkulasi udara diaktifkan, udara luar tidak akan masuk ke dalam kabin dan pemanas akan menjaga suhu kabin tetap hangat saat cuaca dingin.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


3. Menghindari Bau Asap atau Polusi

Tombol sirkulasi udara juga dapat membantu pengemudi dan penumpang menghindari bau asap atau polusi dari luar lingkungan. Caranya dengan menutup aliran udara dari luar, lalu tombol ini membantu menjaga udara di dalam mobil tetap bersih dan segar, terutama saat melewati daerah dengan polusi udara tinggi atau saat berkendara di belakang kendaraan lain yang mengeluarkan asap.


Baca juga: 5 Alasan Perlunya Tune Up pada Mesin Mobil Anda

Jenis Tombol Sirkulasi Udara Mobil

Tombol sirkulasi udara mobil umumnya memiliki beberapa jenis pengaturan, antara lain sirkulasi udara dalam, sirkulasi udara luar, dan mode otomatis. Mari simak masing-masing penjelasan dari setiap tombol sirkulasi tersebut berikut ini. 


1. Sirkulasi Udara Dalam

Sirkulasi udara dalam membuat udara di dalam mobil berputar tanpa ada udara baru yang masuk dari luar. Pengaturan ini cocok digunakan saat berkendara di daerah dengan polusi udara tinggi, atau ketika ingin menjaga udara di dalam mobil tetap bersih dan nyaman tanpa terpengaruh oleh udara luar yang mungkin kurang segar.


2. Sirkulasi Udara Luar

Opsi sirkulasi udara luar memungkinkan aliran udara segar dari luar kabin masuk ke dalam mobil. Pilihan ini sangat ideal digunakan pada saat cuaca cerah dan udara luar terasa segar. AutoFamily pun dapat menikmati udara bersih selama perjalanan. Selain itu, dengan membuka sirkulasi udara luar, Anda juga bisa mengurangi kelembapan di dalam mobil dan meningkatkan sirkulasi udara secara keseluruhan.


Baca juga: 5 Sumber Penyebab AC Mobil Kurang Dingin


3. Mode Otomatis

Beberapa mobil dilengkapi dengan mode otomatis pada tombol sirkulasi udara, di mana sistem akan secara otomatis mengatur sirkulasi udara sesuai dengan kondisi lingkungan dan suhu di dalam mobil. Mode otomatis ini memberikan kemudahan kepada pengemudi untuk lebih fokus pada saat berkendara tanpa perlu terlalu sering mengatur sirkulasi udara secara manual.


Cara Penggunaan Tombol Sirkulasi Udara Mobil yang Tepat

Untuk memastikan penggunaan tombol sirkulasi udara mobil dengan tepat, penting bagi AutoFamily memahami beberapa hal berikut ini:


1. Mengatur Sirkulasi Udara Sesuai Kebutuhan

Pengemudi perlu memahami kondisi lingkungan sekitar dan kebutuhan udara di dalam mobil untuk dapat mengatur sirkulasi udara dengan tepat. Misalnya, saat berkendara di daerah berpolusi tinggi, sebaiknya menggunakan sirkulasi udara dalam untuk mencegah udara luar yang kotor masuk ke dalam kabin.


2. Memahami Simbol dan Tanda pada Tombol Sirkulasi Udara

Setiap tombol sirkulasi udara mobil dilengkapi dengan simbol dan tanda yang menunjukkan fungsinya. Penting bagi pengemudi untuk memahami arti dari setiap simbol dan tanda tersebut agar bisa mengatur sirkulasi udara dengan benar.


3. Penggunaan Sirkulasi Udara Dalam vs Luar dalam Kondisi Tertentu

Penggunaan sirkulasi udara dalam atau luar dapat disesuaikan dengan kondisi tertentu. Misalnya, saat berkendara di area dengan banyak kendaraan bermotor, sebaiknya menggunakan sirkulasi udara dalam untuk mencegah asap knalpot masuk ke dalam kabin. Namun, saat cuaca sedang cerah dan udara luar terasa segar, penggunaan sirkulasi udara luar dapat menjadi pilihan yang lebih baik.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


Tips Perawatan untuk Tombol Sirkulasi Udara Mobil

Dalam menjaga kinerja tombol sirkulasi udara mobil tetap optimal, diperlukan perawatan secara berkala. Untuk perawatan pada fitur ini dapat dilakukan di bengkel Auto2000. Namun, penting juga bagi AutoFamily memahami beberapa tips perawatan berikut ini. 


1. Membersihkan Ventilasi Udara Secara Berkala

Membersihkan ventilasi udara secara rutin sangat penting untuk menjaga udara di dalam kabin tetap bersih dan segar. Kotoran dan debu yang menumpuk di ventilasi udara bisa mengganggu kualitas udara di dalam mobil, bahkan dapat menjadi sarang bagi bakteri dan jamur yang berpotensi merugikan kesehatan penumpang.


Baca juga: 10 Penyebab AC Mobil Kadang Dingin Kadang Tidak, Mengapa Masalah Ini Muncul?


2. Memeriksa Filter Udara

Filter udara pada sistem sirkulasi udara perlu diperiksa secara teratur dan diganti jika ditemukan kotoran atau debu yang mengganggu. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat mengurangi kinerja sistem sirkulasi udara, sehingga udara yang masuk ke dalam kabin menjadi tidak segar dan terasa tidak nyaman. Anda pun dapat memastikan udara di dalam mobil tetap bersih dan bebas dari partikel-partikel berbahaya.


3. Memeriksa Sistem Sirkulasi Udara Secara Rutin

Memeriksa seluruh sistem sirkulasi udara, termasuk tombol sirkulasi udara, secara rutin sangat penting untuk mendeteksi adanya kerusakan atau masalah yang mungkin terjadi. Periksa apakah tombol sirkulasi udara berfungsi dengan baik dan apakah ada tanda-tanda kebocoran atau kerusakan. Jika ada, segera bawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk perbaikan. 


Baca juga: AC Mobil Lupa Dimatikan: Dampak Dan Risikonya Bagi Mobil Anda

Menjaga kinerja tombol sirkulasi udara mobil melalui perawatan rutin sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Selain itu, pentingnya service mobil setiap 6 bulan tidak boleh AutoFamily abaikan. 


Melalui service mobil tersebut, berbagai komponen kendaraan, termasuk sistem sirkulasi udara, dapat diperiksa dan diperbaiki secara tepat waktu, sehingga mobil tetap dalam kondisi optimal dan terhindar dari masalah yang dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang. 


Jangan lupa untuk membuat jadwal service mobil Anda setiap 6 bulan melalui Auto2000 Digiroom untuk menjaga performa mobil selalu prima. Yuk, kunjungi Auto2000 sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.