LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ternyata Ini Alasan Isi Bensin Mobil Harus Full Tank

Memiliki kendaraan bermotor baik mobil atau motor sangat terkait dengan perawatannya atau kebiasaan anda pada kendaraan. Sering kita mendengar saat mengisi BBM sebaiknya diisi full (penuh), akan tetapi banyak diantara kita yang tidak tahu alasannya?

Sebisa mungkin kondisi tangki BBM mobil anda terisi penuh. Jika BBM tinggal 1/2 sebaiknya segera melakukan pengisian BBM apalagi pada mobil bermesin diesel yang mana jika kekurangan solar beresiko tidak bisa hidup.

Pada mobil yang jarang dipakai ada baiknya saat meninggalkan dalam waktu yang cukup lama misalnya 1 minggu atau lebih, terlebih dahulu diisi bensin secara penuh karena tangki BBM yang kosong maka ruangan kosong tersebut akan diisi oleh udara. Sebenarnya meskipun sering dipakai sebaiknya juga sering-sering di isi full agar tidak ada embun yang masuk pada tangki BBM.

Udara pada tangki bensin yang tidak ada isinya ini bisa mengembun menjadi air, terutama pada tempat-tempat ketinggian yang basah misalnya di daerah dataran tinggi yang udaranya bercampur dengan kabut.

Udara bisa masuk melalui lubang ventilasi tutup bensin, saat cuaca panas maka udara ini akan mengembun dan berubah menjadi titik-titik air yang menempel pada dinding tangki BBM.

Apa efek buruk embun di tangki BBM?

1. Embun yang menjadi titik air akan jatuh menetes bercampur dengan BBM yang menyebabkan kualitas BBM menjadi buruk dan nyala mobil jadi tersendat-sendat.

2. Air yang menempel pada tangki akan menyebabkan terbentuknya karat (pada mobil-mobil tua ini sangat sering terjadi), karat ini jika bercampur dengan BBM (saat isi bensin) maka serpihan-serpihan karat ini akan menyumbat karburator atau sistem injeksi mobil. Sehingga mobil menjadi tersendat-sendat saat dijalankan.

Meskipun disarankan mengisi BBM sampai penuh, akan tetapi tidak disarankan mengisinya sampai meluber atau sampai mulut tangki BBM, isilah penuh sesuai anjuran.

Nyatanya mengisi BBM juga beresiko tidak baik antara lain:

1. Bensin akan disedot kembali oleh pompa, hal ini mungkin karena sistem keselamatan dari pompa SPBU jika sensornya mengindikasi adanya tumpahan maka dia akan menyedot balik.

2. Resiko bensin tumpah, ini cukup berbahaya karena jika ada apa-apa (misalnya percikan api dari knalpot kendaraan lain) maka bisa menyambar mobil.

Untuk itu isilah tangki BBM mobil anda penuh sesuai anjuran, tapi ingat jangan sampai meluber juga ya.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia