LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tempuh Perjalanan Jauh, Ingat Durasi Waktu Berkendara yang Baik

 

Auto2000.co.id – Selain menggunakan moda transportasi umum, banyak pula yang memilih untuk mengendarai mobil pribadi bersama keluarga untuk mudik dengan beragam alasan.

Nah, khusus pemudik yang memilih menggunakan mobil pribadi, selain wajib mempersiapkan kendaraan, juga harus memperhatikan kondisi fisik saat berkendara.

Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan berkendara jarak jauh dibutuhkan kesehatan yang prima mengingat secara tingkat konsentrasi jauh lebih berat, apalagi di saat mudik seperti saat ini.

“Wajib juga menyiapkan diri secara fisik, bukan hanya konsentrasi ke persiapan mobil saja,” jelasnya.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

“Pastikan kondisi badan benar-benar fit, jangan sampai kelelahan apalagi berkendara sambil menjalani ibadah puasa pastinya tidak akan sesegar saat hari-hari biasanya,” tegas Suparman.

Suparman menjelaskan baiknya saat berkendara menempuh perjalanan juah, jangan berusaha untuk mengejar waktu. Utamakan untuk segera beristirahat bila memang kondisi badan sudah terasa lelah atau mengantuk.

Jangan mengambil risiko untuk tetap memaksa berkendara, karena bila konsentrasi sudah hilang atau lengah sedikit saja, maka akan sangat fatal akibatnya. Apalagi ketika berkendara di ruas Tol Trans Jawa yang cukup panjang.

Lebih penting lagi, menurut Suparman pengendara memiliki manajemen waktu untuk beristirahat. Atur ritme agar tidak mudah kelelahan sesuai kemampuan diri, karena masing-masing orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda.

BACA JUGA : Ini Sebab Anda Nyaman Berlibur Bersama Auto2000

“Secara biologis orang memiliki ketahanan yang beda, tapi kalau kita mau cari aman, baiknya melakukan istirahat ringan setiap dua jam sekali,” ucap Suparman.

“Umumnya badan akan mulai terasa lelah dan konsentrasi dalam berkendara menurun bila kita sudah berada di balik kemudi lebih dari dua jam,” lanjutnya.

“Dengan istirahat singkat sekitar 15 sampai 30 menit, sudah cukup untuk membuat badan kembali bugar dan melanjutkan perjalanan kembali,” ucap Suparman

Cara lain untuk mengatasi kelelahan namun bisa mengurangi durasi mampir untuk istirahat adalah dengan bergantian mengemudi. Dengan begitu, akan mudah untuk bergantian saat salah satu sudah merasa lelah.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia