tempat-wisata-di-tomohon.jpg

13 Tempat Wisata di Tomohon Terfavorit pada Tahun 2024

Diterbitkan26 Jun 2024

Tomohon menjadi kota di Sulawesi Utara yang terkenal dengan lanskap pemandangan alam yang indah dan mengagumkan. Tidak heran kalau banyak tempat wisata di Tomohon yang menjadi favorit para wisatawan. Apakah AutoFamily berencana liburan ke Tomohon?

Di Tomohon, Anda bisa menikmati berbagai wisata alam seperti bukit, hutan, hingga air terjun. Bahkan, Anda juga bisa melakukan wisata religi. Jika AutoFamily masih merasa bingung dalam menyusun itinerary liburan ke Tomohon, mari simak beberapa rekomendasi tempat wisata di bawah ini.

Namun sebelum itu, pastikan mobil yang Anda gunakan untuk berlibur ke Tomohon dalam keadaan optimal, terutama komponen penting mobil seperti mesin dan rem. Untuk itu, penting melakukan servis mobil berkala dalam rangka menjaga keselamatan berkendara. AutoFamily bisa menggunakan Layanan Bengkel Toyota yang tersedia di bengkel Auto2000.

14 Tempat Wisata di Tomohon Terfavorit pada Tahun 2023

Wisata alam masih menjadi destinasi wisata terfavorit di Tomohon, mengingat kota ini menawarkan keindahan alam yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Lanskap alam di kota ini sangat lengkap, mulai dari gunung hingga air terjun. Namun Anda tidak perlu khawatir, tersedia juga tempat wisata selain alam yang dapat Anda kunjungi. Langsung saja simak rekomendasi beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Bukit Doa Mahawu

Bagi AutoFamily yang menyukai keindahan alam, kunjungan ke Bukit Doa Mahawu tentu sangat disarankan. Selain menikmati panorama yang indah, tempat ini juga cocok untuk berdoa dan beribadah. Terletak di atas bukit hijau, Bukit Doa Mahawu menawarkan pemandangan pegunungan yang memukau sebagai latar belakang.

Selain itu, di dalam kapel yang ada di Bukit Doa Mahawu terdapat amphitheater yang bisa digunakan untuk melakukan ibadah luar ruang atau menikmati pementasan seni yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari pagi sampai sore hari, sehingga AutoFamily bisa mengunjunginya kapan saja.

2. Air Terjun Tekaan Telu

Wisata air terjun yang tidak boleh AutoFamily lewatkan di Tomohon adalah Air Terjun Tekaan Telu. Tempat ini menawarkan panorama yang sangat indah dengan air terjun yang memancarkan air dari beberapa titik yang terletak di tengah-tengah pemandangan alam yang masih asri.

Bagi AutoFamily yang tidak ingin menuruni air terjun, Anda masih bisa menikmati keindahan air terjun dari atas anjungan. Pemandangan yang ditawarkan sama cantiknya dan pastinya cocok untuk swafoto. Jangan lupa untuk mengabadikan momen yang indah tersebut saat berkunjung ke Air Terjun Tekaan Telu.

Baca juga:30 Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut Saat Bepergian

3. Kawah Gunung Lokon

AutoFamily yang suka dengan wisata eksotis, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kawah Gunung Lokon. Gunung setinggi 1.580 mdpl ini menawarkan pemandangan yang indah bahkan hanya dari kejauhan saja.

Meskipun pendakiannya tidak terlalu sulit, namun tetap diperlukan persiapan yang matang serta membawa atribut yang sesuai sebelum memulai pendakian. Sesampainya di bibir kawah Gunung Lokon, AutoFamily bisa menyaksikan uap belerang yang mengepul dari dalam gunung yang memberikan pengalaman wisata yang sangat mengesankan.

4. Tuur Maasering

Di Tomohon, terdapat wisata kuliner yang menarik di tengah hutan aren yang bisa dinikmati oleh AutoFamily. Tuur Ma'asering adalah destinasi wisata yang unik dan wajib dikunjungi. Untuk memulai perjalanan wisata, AutoFamily bisa membeli tiket masuk yang dapat ditukar dengan saguer, minuman lokal yang terkenal di Tomohon.

Selain saguer, tiket masuk tersebut juga bisa ditukar dengan minuman cap tikus. Minuman ini terbuat dari air nira yang diekstraksi dari pohon aren. Tuur Ma'asering menawarkan pengalaman kuliner yang berbeda di mana AutoFamily bisa menikmati kuliner khas sambil menikmati suasana hutan aren yang asri.

5. Hutan Kota Tomohon

Bila AutoFamily ingin menikmati suasana alami di tengah rindangnya hutan, Anda bisa memilih destinasi wisata Hutan Kota Tomohon. Tempat wisata ini sangat ideal bagi AutoFamily yang ingin berlibur dengan biaya yang terjangkau, namun tetap menyegarkan.

Hutan Kota Tomohon juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana wisata yang lengkap, seperti flying fox, skate park, dan panjat dinding. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, Hutan Kota Tomohon juga memberikan pengalaman wisata yang seru dan menyenangkan bagi AutoFamily yang mencari liburan yang tidak terlupakan.


6. Gereja Sion Tomohon

Gereja Sion Tomohon, selain berfungsi sebagai tempat peribadatan, juga diakui sebagai cagar budaya sejak tahun 2018. Sebagai gereja pertama di Indonesia yang mendapatkan status tersebut, tempat ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting. Keunikan arsitektur bangunannya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.


7. Hutan Lahendong

Hutan Wisata Lahendong dikenal karena pemandian air panasnya yang terletak di tengah hutan pinus. Tidak jauh dari pusat kota, tempat ini kerap kali dijadikan tujuan wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran dari hiruk-pikuk perkotaan. Kehadiran pepohonan pinus yang berdiri disekitar menambah ketenangan suasana.


Pemandian air panas yang berbentuk danau ini memiliki suhu antara 30 hingga 100 derajat Celcius. Keindahan perpaduan antara pepohonan hijau yang rindang dan tanah belerang menciptakan pemandangan yang memukau.


8. Menara Alfa Omega

Alfa Omega Tower adalah nama sebuah menara yang cukup terkenal di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Bangunan yang tergolong baru ini menarik perhatian warga setempat karena gaya arsitekturnya yang unik. Tidak heran jika banyak wisatawan menggunakan menara ini sebagai spot foto instagenik.


Saat malam hari, dari atas menara ini Anda bisa menikmati keindahan panorama Kota Tomohon dengan gemerlap lampu-lampunya. Keindahan menara pada malam hari menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan.


9. Pagoda Ekayana

Meskipun Pagoda Ekayana sebenarnya merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha, bangunan yang sangat artistik ini menarik perhatian para wisatawan. Nama resmi tempat ini adalah Vihara Ekayana.


Di sini, Anda dapat melihat keindahan arsitektur pagoda dengan banyak ukiran indah bergambar dewa-dewa Buddha. Lokasinya yang berada di atas bukit juga menambah daya tariknya, memungkinkan Anda menghirup udara segar sambil menikmati arsitektur pagoda tersebut.


10. Puncak Kai santi

Puncak Kai’ Santi terletak di area perbukitan yang sejuk dan asri. Kota Tomohon memang memiliki banyak tempat yang masih bebas dari polusi, menjadikannya pilihan tepat untuk berlibur.


Berlokasi di daerah Woloan Dua, Kecamatan Tomohon Barat, tempat ini digemari para wisatawan karena keindahan panorama alamnya. Bayangkan menikmati pemandangan sawah hijau yang sejuk di depan mata, pasti sangat menenangkan. Untuk masuk ke tempat ini, Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal.


11. Puncak Temboan

Puncak Temboan terletak di kampung Rurukan Satu, Kecamatan Tomohon. Dari ketinggian ini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa, di mana seluruh Kota Tomohon terlihat dari ujung ke ujung.


Tempat ini sangat cocok untuk menghilangkan penat dan kejenuhan akibat rutinitas sehari-hari. Udara yang Anda hirup di sini sangat sejuk karena bebas dari polusi. Anda bisa berlibur di tempat ini bersama keluarga atau teman-teman.


12. Danau Linow

Danau Linow adalah tempat wisata yang mempesona dan sering menjadi latar belakang foto pre-wedding. Salah satu hal yang membuat Danau Linow begitu menarik adalah keunikan geologisnya yang memukau. Secara berkala, warna air di danau ini berubah-ubah, mulai dari hijau zamrud, biru muda, hingga kuning keemasan. Perubahan warna ini disebabkan oleh kandungan belerang yang terdapat di dasar danau.


Danau ini awalnya merupakan salah satu tempat wisata religi di Kota Tomohon. Namun, karena keindahan dan ketenangan tempat ini membuatnya Danau Linow menjadi tujuan favorit para wisatawan untuk bersantai dan melepas penat.


13. Waruga

Waruga adalah situs pemakaman batu yang berasal dari periode Megalitikum. Dengan pola yang seragam, situs ini memiliki daya tarik unik yang menarik banyak pengunjung. Susunan makam yang teratur juga menciptakan pemandangan yang istimewa.


Kunjungan ke situs ini memungkinkan Anda untuk mempelajari kehidupan pada masa Megalitikum, khususnya di era Wariga. Meskipun hanya berupa situs pemakaman, lingkungannya sangat nyaman, membuat para wisatawan merasa betah. Anda tidak perlu khawatir, karena situs ini tidak seram seperti kuburan pada umumnya.


DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Rekomendasi Mobil Toyota yang Cocok untuk Jalur Pegunungan

Jika AutoFamily berencana untuk berlibur ke Tomohon dan menjelajahi jalur pegunungan yang indah di sekitarnya, memilih mobil yang sesuai sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan perjalanan. Berikut ini beberapa rekomendasi mobil Toyota yang cocok untuk menjelajahi jalur pegunungan di Tomohon.

1. Toyota All New Avanza

Mobil sejuta umat ini merupakan jenis MPV yang mampu melewati berbagai kondisi jalan, termasuk daerah pegunungan. Toyota Avanza menawarkan fitur terbaru yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara, salah satunya fitur New Comfortable Suspension.

Fitur tersebut membuat Avanza dapat memberikan stabilitas pengendalian dan kenyamanan berkendara sepanjang perjalanan. Mobil ini cocok untuk melintasi jalur pegunungan yang menantang.

Untuk Avanza tipe 1.5 G CVT dilengkapi dengan fitur TSS yang dapat memaksimalkan sensor dan radar untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Tersedia juga fitur Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking, sehingga mobil mampu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan di depan.

2. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner dikenal sebagai mobil SUV yang sangat tangguh dan mampu melewati berbagai medan, termasuk pegunungan. Mesin mobil Fortuner dapat menghasilkan tenaga yang cukup besar untuk melewati tanjakan atau trek yang sulit dilalui.

Fortuner dengan mesin diesel berkapasitas 2.755 cc mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 203,9 PS pada rentang 3.000 4.000 RPM dan torsinya bisa sampai 50,9 Kgm pada rentang putaran 1.600 2.800 RPM.

Dalam kabin mobil Toyota Fortuner juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat perjalanan jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Seperti lapisan kulit pada jok, Wireless Charger, Head Unit 9 inch dengan Surround Monitor, serta Rear Seat Entertainment with Illumination yang dapat menghibur seluruh penumpang.

Selain itu, fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini juga sangat lengkap, seperti Hill-Start Assist, Emergency Brake Signal, Trailer Sway Control, Automatic Traction Control, dan Vehicle Stability Control yang sangat membantu AutoFamily dalam melewati medan yang sulit dilalui.

Baca juga:Serunya Berkunjung ke Berbagai Tempat Wisata di Padang dengan Toyota Alphard

3. Toyota Rush

Toyota Rush hadir dengan mesin yang bertenaga tinggi, sehingga mampu melewati jalur pegunungan dengan mudah. Mesin DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc memberikan daya maksimum sebesar 104 ps/6.000 RPM. Dibekali dengan akselerasi yang sigap, mobil ini mampu memberikan pengalaman berkendara yang maksimal dan efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Desain interior Toyota Rush juga sangat cocok untuk mobil yang mampu melewati pegunungan. Dashboard yang modern dan fitur-fitur eksklusif seperti Smart Start/Stop Engine Button pada varian Toyota Rush GR Sport memudahkan AutoFamily saat berkendara. Posisi duduk yang bisa diatur sedemikian rupa juga sangat penting agar Anda tetap nyaman dalam perjalanan melewati jalur pegunungan.

Fitur keselamatan pada Toyota Rush juga sangat lengkap dan mumpuni untuk menjaga seluruh penumpang saat melewati jalur pegunungan. Dilengkapi dengan 6 SRS Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), dan Anti Lock Braking System (ABS) yang sangat berguna saat melewati jalur curam dan menikung tajam.

Selain itu, fitur seperti Hill-Start Assist dan Emergency Brake Signal juga sangat penting untuk memberikan perlindungan ekstra saat berkendara di pegunungan yang memiliki medan yang sulit.

Kondisi jalan ke tempat wisata di Tomohon daerah pegunungan memang cukup menantang, sehingga Anda memerlukan jenis kendaraan yang mampu melewati medan sulit tersebut. AutoFamily bisa menggunakan salah satu jenis mobil yang direkomendasikan di atas.

Penting juga untuk servis mobil berkala agar performanya selalu dalam keadaan optimal. Auto2000 menyediakan Paket Servis Toyota untuk proses perawatan mobil yang lebih efektif. Apalagi jika Anda booking online jadwal servis terlebih dahulu melalui Auto2000 Digiroom, perawatan mobil pun jadi lebih mudah dan cepat.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 sekarang dan pastikan mobil Anda dalam kondisi terbaik agar bisa menemani liburan Anda di Tomohon dengan lebih aman.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.