tempat-wisata-di-pekanbaru.jpg

18 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2024

Diterbitkan16 Apr 2024

Apa saja tempat wisata di Pekanbaru? Pekanbaru, sebuah kota di provinsi Riau yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Tak hanya itu, kota ini juga menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak traveler. Salah satu daya tarik utama Pekanbaru adalah tempat wisatanya yang beragam, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner yang lezat.


Jika Anda mencari tempat wisata di Pekanbaru, maka Anda akan dimanjakan dengan pilihan yang beragam. Tidak ketinggalan, ada juga wisata kuliner di Pekanbaru yang bisa memanjakan lidah Anda seperti nasi goreng kampung, sate padang, dan mie apui. Yuk, jangan lewatkan keseruan berlibur di Pekanbaru. Cek informasi selengkapnya di bawah ini.


18 Objek Wisata Pekanbaru Yang Wajib Dikunjungi Saat Lebaran 2024

Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata sejarah, semua dapat ditemukan di kota Pekanbaru. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang wajib dikunjungi saat liburan Lebaran tahun ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga:


1. Masjid Agung An-Nur

Masjid Agung An-Nur menjadi salah satu destinasi wisata religi yang paling banyak dikunjungi di Pekanbaru. Masjid yang berdiri di atas lahan seluas 8,9 hektare ini merupakan masjid terbesar di Provinsi Riau.


Keunikan dari masjid ini terletak pada bentuk kubahnya yang menyerupai kubah Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Di samping itu, terdapat pula taman yang asri di sekitar masjid yang dapat menjadi tempat santai dan berfoto.


2. Danau Kayangan

Terletak di kawasan perumahan Payung Sekaki, Danau Kayangan menjadi tempat yang populer di Pekanbaru. Danau ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang menawarkan suasana yang tenang dan sejuk bagi Anda yang berkunjung.


Selain menikmati keindahan alam yang memukau, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan, bersepeda, memancing, atau bahkan menaiki perahu untuk menelusuri danau.


Danau Kayangan seringkali digunakan untuk acara piknik keluarga, gathering, dan prewedding. Di sekitar danau juga terdapat banyak kuliner khas Pekanbaru yang dapat dinikmati oleh Anda.


Baca juga: 5 Tempat Wisata di Makassar yang Cocok Untuk Keluarga


3. Hutan Kota

Jika Anda pecinta alam dan kegiatan outdoor, Hutan Kota Pekanbaru adalah tempat yang wajib dikunjungi. Hutan Kota ini memiliki luas sekitar 130 hektare dengan beragam jenis pohon dan tanaman.


Terletak di Jalan HR Subrantas, Hutan Kota Pekanbaru menawarkan pengalaman trekking atau hiking yang menawarkan keindahan alam dan udara segar yang memukau. Selain itu, Hutan Kota Pekanbaru juga memiliki area camping ground yang cocok untuk mengadakan kegiatan berkemah bersama keluarga atau teman.


4. Taman Rekreasi Alam

Taman Rekreasi Alam di Pekanbaru adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer dikunjungi oleh para wisatawan. Terletak di daerah yang asri, taman ini menawarkan pemandangan yang hijau, sejuk, dan menenangkan. Para Anda dapat berjalan-jalan menikmati keindahan alam, menghirup udara segar, dan merasakan suasana damai yang mengalir di sekitar taman.


Selain itu, Taman Rekreasi Alam juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti lapangan basket, lapangan voli, dan lapangan sepak bola. Fasilitas tersebut dapat digunakan oleh para Anda yang ingin berolahraga atau bermain bersama keluarga dan teman-teman. Selain itu, ada juga wahana permainan untuk anak-anak dan area piknik yang dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga atau mengadakan acara berkumpul dengan teman-teman..

5. Wisata Ala Asia

Ingin merasakan suasana wisata di beberapa negara Asia sekaligus? Wisata Ala Asia bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Jalan Arifin Ahmad, wisata ini menawarkan miniatur bangunan dan tempat wisata dari beberapa negara seperti Indonesia, Cina, Korea, dan Jepang.


AutoFamily dapat merasakan pengalaman serupa dengan mengunjungi berbagai bangunan seperti Pura Bali, Candi Borobudur, Menara Eiffel, dan Istana Gyeongbokgung Korea. Tak hanya itu, di Wisata Ala Asia juga terdapat food court yang menawarkan berbagai macam kuliner khas negara Asia yang dapat dinikmati oleh Anda.


6. Kawah Biru

Kawah Biru merupakan salah satu destinasi wisata alam yang unik di Pekanbaru. Kawah Biru terletak di kawasan Desa Sungai Beras, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota. Keindahan kawah ini sangat memukau dengan warna air yang kebiruan dan air yang jernih. Kawah ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat melakukan aktivitas trekking di sekitar kawah.


Mobil terasa tidak nyaman saat dibawa berkendara ke berbagai tempat wisata di atas atau sekadar menuju tempat yang dekat? Jangan tunggu hingga rusak! Langsung kunjungi layanan bengkel Toyota Auto2000 untuk perbaikan dan perawatan komponen, sehingga AutoFamily dapat tetap berkendara dengan aman dan nyaman!


Baca juga: Jaga Keselamatan Mengemudi dengan 7 Tips Ini


7. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills atau Bukit Pelangi merupakan tempat wisata yang berada di Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau. Tempat ini menawarkan keindahan bukit dengan latar belakang langit yang memukau. Bukit ini dikenal dengan sebutan Rainbow Hills karena pada saat matahari terbenam, langit akan terlihat seperti lukisan pelangi.


Selain menikmati pemandangan yang indah, Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan, berfoto atau bahkan camping di area yang telah disediakan. Rainbow Hills juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati keindahan alam dengan suasana yang tenang dan damai.


8. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kampung Nelayan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, sekitar 40 km dari Pekanbaru. Tempat ini memiliki keunikan berupa formasi batu kapur yang mirip dengan bukit karst di Tiongkok, sehingga sering disebut sebagai "Little Guilin".


Dari atas bukit, kita dapat melihat hamparan persawahan, sungai, dan hutan yang indah. Selain itu, Anda dapat melakukan aktivitas hiking untuk menjelajahi area sekitar bukit. Terdapat pula area perkemahan dan air terjun yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di alam terbuka.


9. Pantai Cinta

Terletak di Desa Teluk Jering, Pantai Cinta merupakan tempat wisata yang menarik di Pekanbaru. Menariknya, meskipun bernama "pantai", sebenarnya Pantai Cinta adalah sebuah sungai.


Namun, tidak seperti sungai pada umumnya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih seperti pantai-pantai di Indonesia. Selain itu, rumput hijau yang membentang di sekitar sungai Pantai Cinta juga menjadi daya tarik tersendiri, memberikan kesegaran pada pandangan mata dan juga udara.


Tidak hanya menikmati keindahan alam, wisatawan yang datang ke Pantai Cinta dapat melakukan berbagai aktivitas yang menantang di sana, salah satunya adalah permainan olahraga air seperti banana boat.


Memiliki air yang jernih dan panorama yang menakjubkan, Pantai Cinta adalah tempat yang ideal untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman.


10. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus adalah sebuah situs sejarah yang berlokasi sekitar 135 km dari pusat kota Pekanbaru. Situs ini merupakan sebuah candi Buddha dari zaman Kerajaan Sriwijaya yang berdiri pada abad ke-7 hingga ke-13. Candi ini terletak di tengah-tengah perkebunan kelapa sawit yang hijau dan indah.


Situs sejarah ini menawarkan pesona sejarah dan arsitektur kuno yang memukau. Arsitektur Candi Muara Takus merupakan campuran antara budaya India dan lokal Melayu, yang terlihat dari dekorasi dan patung-patung yang ada di sekitar candi.


Selain keindahan arsitektur, AutoFamily juga bisa menikmati keindahan alam sekitar yang asri dan sejuk. Anda juga bisa melakukan aktivitas hiking dengan melintasi sungai dan bukit-bukit kecil di sekitar candi.


Baca juga: Mau Liburan? Cari Tahu 11 Tips Persiapan Perjalanan Jauh Naik Mobil Ini!


11. Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan di Pekanbaru dapat menjadi salah satu pilihan untuk berbelanja dan mencari oleh-oleh. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis barang, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga makanan dan minuman.


12. Perpustakaan Wilayah

Perpustakaan Wilayah Riau merupakan salah satu tempat wisata edukatif yang menarik di Pekanbaru. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang cukup lengkap dan menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu senggang dengan membaca buku.


Selain itu, terdapat pula area bermain anak di dalam perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh agar mereka tak bosan. Selain itu, perpustakaan ini juga sering mengadakan berbagai acara, seperti diskusi buku, workshop, dan pameran buku.


13. Taman Kaca

Taman Kaca di Pekanbaru adalah sebuah tempat wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan. Seperti namanya, tempat ini menawarkan suasana yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Wisatawan bisa menikmati indahnya taman dengan latar belakang tanaman hijau yang rimbun dan segarnya udara di dalam kaca.


Taman Kaca di Pekanbaru menawarkan suasana yang unik dan menarik. Di dalam taman ini, terdapat berbagai jenis tanaman hias dan bunga-bunga yang indah. Pengunjung juga bisa menemukan berbagai jenis tanaman unik dan langka di sini. Suasana hijau yang dihasilkan dari taman ini sangat menyejukkan dan membuat pengunjung merasa lebih rileks.


Baca juga: 5 Rekomendasi Mobil untuk Perjalanan Jauh


14. Istana Siak

Istana Siak merupakan sebuah bangunan sejarah yang terletak di Kota Pekanbaru. Bangunan ini dibangun pada abad ke-18 dan menjadi pusat kekuasaan Kesultanan Siak Sri Indrapura. Istana ini memiliki arsitektur yang menarik, dengan sentuhan seni Melayu pada ornamen dan dekorasi bangunannya. AutoFamily dapat mengunjungi Istana Siak dan melihat keindahan arsitektur serta belajar tentang sejarah kesultanan di sini.


15. Pasar Wisata

Pasar Wisata merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang terkenal di Pekanbaru. Pasar ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta dan menawarkan berbagai jenis kuliner khas Riau, seperti nasi lemak, lontong, ketupat, dan masih banyak lagi.


Selain itu, Anda juga dapat mencicipi berbagai jenis kue tradisional dan minuman khas daerah ini. Ingin membeli oleh-oleh? Pasar wisata pasar lama juga bisa jadi tempat yang pas untuk berburu suvenir.


16. Desa Wisata

Desa Wisata merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di pinggiran kota Pekanbaru. Kawasan ini menawarkan pengalaman untuk merasakan suasana pedesaan dan kehidupan tradisional masyarakat Riau.


AutoFamily akan melihat berbagai kegiatan masyarakat, seperti membuat kerajinan tangan, menanam padi, dan menangkap ikan di sungai. Terdapat pula berbagai jenis kuliner khas Riau yang dapat dicicipi di sini.


17. Taman Bunga Impian

Taman Bunga Impian adalah tempat wisata di Pekanbaru yang penuh warna. Destinasi wisata ini sudah ribuan wisatawan dari Riau hingga luar pulau. Tempat ini memiliki berbagai jenis bunga seperti bunga Matahari, Kancing Baju, Jengger Ayam, Celosia, dan lainnya.


Selain menikmati hamparan warna warni bunga, Anda juga bisa menikmati keindahan Sungai Siak, yang merupakan salah satu sungai paling dalam di Indonesia. Untuk mendapatkan pemandangan yang indah, Anda sebaiknya mengunjungi Sungai Siak pada sore hari agar bisa menikmati aliran sungai sembari melihat matahari terbenam sambil menyantap berbagai makanan yang dijual di sepanjang bibir sungai.


Taman Bunga Impian mulai beroperasi dari pukul 7 pagi hingga 6 sore di weekdays dan dari pukul 8 hingga 6 sore di akhir pekan. Anda hanya cukup merogoh kocek Rp5.000 untuk tiket masuk dan tiket parkir antara 3 hingga 5 ribu tergantung jenis kendaraan yang Anda bawa.


18. Taman Wisata Alam Mayang

Taman Wisata Alam Mayang terletak di Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman wisata hijau di mana Anda dapat menikmati pemandangan bukit hijau dan pepohonan khas hutan tropis.


Taman ini juga menyediakan berbagai wahana yang bisa Anda mainkan bersama anak-anak yang membuat destinasi satu ini cocok untuk Anda yang menghabiskan waktu bersama keluarga.


Untuk jam operasionalnya, Taman Wisata Alam Mayang dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore dengan harga tiket 15 ribu untuk anak-anak dan 20 ribu untuk dewasa. Namun, sebaiknya pastikan kembali jam buka dan tiket sebelum Anda berkunjung karena bisa saja terjadi perubahan.

Itulah 18 tempat wisata di Pekanbaru yang wajib dikunjungi saat Lebaran 2024. Dari tempat wisata sejarah hingga tempat wisata alam, semuanya menawarkan keindahan yang unik dan menarik untuk dieksplorasi.


Namun, perlu diingat bahwa kendaraan yang digunakan untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut juga sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik agar perjalanan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.


Oleh karenanya, kunjungi Auto2000 terlebih dahulu dan lakukan servis berkala untuk mengecek apakah mobil layak jalan atau tidak. Gunakan paket servis Toyota dari Auto2000 Digiroom agar perawatan mobil yang dilakukan lebih lengkap dan menyeluruh. Jadi, liburan ke tempat wisata di Pekanbaru dapat berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.