Salah Isi BBM Pada Mobil Kuras Tangki Dengan Cara Ini"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Salah Isi BBM Pada Mobil Kuras Tangki Dengan Cara Ini

Menguras bensin dari mobil Anda karena salah mengisi bensin atau bisa jadi karena anda akan menjual mobil anda tidaklah selalu mudah. Setiap mobil berbeda dan tangki bensin tidak didesain untuk membiarkan bensin keluar dari tangki setelah berada di dalamnya karena dapat menyebabkan malfungsi atau kebakaran. Namun demikian, terdapat berbagai metode yang bisa dicoba yang mungkin dapat membantu Anda menguras tangki.

1.    Gunakan mobil sampai bensinnya hampir habis, apabila memungkinkan. Kecuali tangki Anda berisi bahan bakar yang tidak seharusnya, nyalakan mobil dan gunakan sampai hampir habis dengan cara mengendarainya. Parkirkan mobil dan biarkan mesinnya dingin sebelum mulai mengurasnya.

  • Strategi ini akan mengurangi jumlah pemompaan dan pengurasan yang harus Anda lakukan, dan menyisakan lebih sedikit bensin untuk disimpan atau dibuang.
  • Jangan pernah menggunakan mobil apabila bahan bakar yang berada di tangki bukan bahan bakar yang seharusnya digunakan. Menguras tangki penuh akan memakan waktu lama, namun bukan berarti tidak mungkin.

2.    Beli sistem penyedot bahan bakar. Biasanya dijual di kebanyakan toko suku cadang mobil, penyedot ini merupakan pompa yang dioperasikan secara manual yang akan menyedot bensin dari mobil Anda ke dalam sebuah wadah. Pastikan Anda membeli sistem yang cocok digunakan untuk bahan-bahan yang mudah terbakar, karena percikan api apa pun di dekat tangki bensin sudah pasti dapat menyebabkan bencana

3.    Masukkan selang ke dalam tangki bensin hingga tersisa sekitar 30-60 cm dari pompa. Bagian ini merupakan bagian tersulit dari keseluruhan proses, karena mobil yang lebih baru biasanya memiliki bola pelindung logam atau layar yang mencegah bensin keluar dari tangki apabila terjadi kecelakaan. Untuk mobil yang lebih tua seharusnya Anda dapat memasukkan selang langsung ke tangki tanpa halangan, namun Anda memerlukan strategi baru untuk model mobil yang lebih baru:

  • Siapkan selang terpisah yang lebih kecil, kaku, dan tidak mudah berbelit.
  • Paksa selang ini masuk hingga mengenai penghalang, kemudian putar, dorong, dan paksa selang masuk mengitari bola logam yang menghalangi tempat masuk ke tangki. Apabila tidak berhasil meskipun sudah menggunakan kekuatan yang cukup besar, jangan lanjutkan, karena dapat menyebabkan kebocoran tabung pengisi atau kerusakan lain.
  • Ambil selang yang lebih besar, yang tersambung ke pompa, dan selipkan melalui selang yang lebih kecil.

4.    Pompa hingga bensinnya keluar. Saat Anda memompa, pastikan sudah menyiapkan wadah untuk menampung bensin. Pegang ujung selang, karena dapat bergerak ketika bensin mulai mengalir.

  • Apabila Anda tidak memiliki pompa, namun memiliki selang cadangan, masukkan juga selang tersebut. Kemudian tiup selang cadangan untuk mendorong udara ke dalam tangki, yang akan memaksa bensin keluar dari selang yang lain.

5.    Keluarkan selang dan isi kembali tangki. Tangki sudah kosong dan Anda siap untuk melanjutkan menyervis. Apabila menangani kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel yang berisi bahan bakar yang tidak sesuai, Anda mungkin perlu membilas tangki dan sistem bahan bakar dengan bahan bakar yang seharusnya.

6.    Gunakan kembali bensin, atau buang dengan benar. Apabila bensin belum terlalu lama atau masih bisa digunakan, Anda dapat mengisikannya ke mobil lain atau ke mesin berbahan bakar bensin.

Ingat, BBM merupakan cairan yang sangat mudah terbakar. Sebaiknya anda didampingi orang lain yang mungkin sudah pernah melakukannya dan tentu jauhkan dari barang – barang pemicu api saat melakukan kuras tangki ini. Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia