PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA

Auto2000 MANYAR – Oleh : H. A. Hakim, SE. MEI. Dosen UINSA Surabaya

Berdasar penjelasan para ahli, setidaknya dapat dirangkum beberapa hal yang menjadi hambatan dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, yaitu: Pertama, tingkat totalitas operasional lembaga ekonomi dan keuangan Syariah (LEKS) dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip Syariah masih belum maksimal. Kedua, Sosialisasi terhadap ekonomi syariah dalam berbagai aspeknya masih belum optimal. Ketiga, jumlah enterpreneur pelaku ekonomi syariah baik pada sektor keuangan maupun sektor riil masih relatif sedikit. Keempat, Kurangnya ketersediaan Sumberdaya Insani yang mumpuni baik pada aspek hukum maupun manajemen ekonomi syariah. Kelima, masih terbatasnya jaringan bisnis industri keuangan dan perbankan syariah. Keenam, Munculnya image dalam masyarakat bahwa perbankan syariah lebih mahal dari bank konvensional. Ketujuh, portofolio bagi hasil yang masih rendah pada industri keuangan dan perbankan syariah. Kedelapan, Harmonisasi dan sinkronisasi berbagai lembaga yang terkait seperti Dewan Syariah Nasional (DSN), Dewan Pengawas Syariah (DPS), BI, OJK, pemerintah maupun institusi lain yang dirasa masih kurang. Dan kesembilan, keperpihakan pemerintah dalam implementasi dan pengembangan ekonomi Syariah dalam mendukung pembangunan perekonomian nasional masih belum optimal.

Secara khusus, kurangnya sosialisasi tentang visi misi, prinsip-prinsip operasional, jenis-jenis produk, jenis-jenis akad dalam ekonomi syariah, menyebabkan kalangan non Islam menganggap bahwa bank dan lembaga keuangan syariah lainnya itu hanyalah untuk umat Islam saja. Padahal produk-produk bank dan lembaga keuangan syariah lainnya itu merupakan produk alternatif yang memilki banyak keunggulan, khususnya dalam aspek jaminan keamanan dan pertumbuhan asset.
Persoalan yang kedua: Masalah mahal ataupun murah sebenarya bukanlah hal yang berkaitan dengan prinsip dan sistem syariahnya, melainkan berkaitan dengan kondisi, komposisi dan persoalan bisnis. Aspek syariah, lebih berkaitan dengan motivasi dan regulasi yang mendasari operasionalnya agar tidak terjerumus pada praktik riba, maysir, gharar, tadlis maupun bathil.

Bank syariah saat ini masih dianggap lebih mahal dari bank konvensional adalah karena beberapa hal: Pertama, Skala usaha bank syariah masih relatif kecil. Hal ini berdampak pada biaya per unit transaksi menjadi lebih mahal. Kedua, Biaya investasi yang masih cukup besar untuk gedung, sistem IT, biaya operasional, biaya konversi, dll. Sementara bank konvensional sudah minim investasi pada aspek tersebut. Ketiga, Ukuran modal BUS dan UUS masih relatif kecil. Keempat, Struktur funding BUS dan UUS masih didominasi dana mahal seperti deposito dari lembaga-lembaga strategis, sementara bank konvensional sudah didominasi tabungan retail yang biaya bunganya kecil.
​​​​​​​
Hal-hal itulah yang menyebabkan bank syariah masih kalah bersaing dalam menjual produk-produknya dengan harga yang lebih murah. Ini tentu menjadi tantangan dalam pengembangan ekonomi syariah di masa depan.

Auto2000

Share this article
Promosi Lainnya
Cek Uji Emisi Gratis
AutoFamily tau gak sih, beberapa waktu yang lalu, Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan peraturan baru mengenai uji emisi kendaraan loh. Setiap kendaraan bermotor yang berusia diatas 3 tahun diwajibkan untuk melaksanakan uji emisi minimal 1 kali dalam setahun. Uji emisi merupakan sebuah cara untuk mengukur gas buang kendaraan dengan menggunakan alat khusus dan dilakukan juga oleh teknisi yang sudah bersertifikat.

Uji emisi ini memang sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Selain digunakan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan, hal ini perlu dilakukan agar gas buang kendaraan bermotor bisa dikurangi sehingga dapat mengurangi polusi di udara. Nah bagi AutoFamily yang belum melakukan uji emisi Toyota kesayangan Anda, yuk lakukan sekarang agar lingkungan tetap bersih dari polusi dan udara lebih segar. .

Khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah DKI Jakarta, Anda dapat melakukan pengecekan Uji Emisi secara GRATIS loh! Anda hanya perlu melakukan booking Servis Berkala di bengkel terdekat, dan Anda bisa ikut melakukan pengecekan Uji Emisi. .

Yuk ikutan penawarannya sekarang agar lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Karena kalau bukan kita yang merawat, siapa lagi? .

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. .

15 Januari 2021
Promo - Beli Mobil Di Digiroom, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Auto2000 Dua Kali Untungnya
Hanya di Auto2000 Anda bisa mendapatkan mobil baru dengan dua kali keuntungannya! Miliki sekarang berbagai mobil pilihan Anda:

-New Agya: DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Calya: DP mulai 23jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Avanza: DP mulai 24jutaan atau cicilan mulai 3,7jutaan

Setiap pembelian mobil baru, nama Anda juga akan di masukkan ke dalam lucky draw dan berkesempatan untuk mendapatkan Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Tidak hanya sampai disitu keuntungannya. Setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom, Anda berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disinfection Lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah.

Ikutan sekarang untuk raih hadiahnya!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - PADUKA
Mau ikutan promo Auto2000 yang dua kali untungnya? Ikutan promo PADUKA yuk! Ikutan promo spesialnya dan dapatkan beragam hadiahnya.

Tinggal pilih berbagai pilihan mobil di bawah ini:

-New Agya dengan DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Calya dengan DP mulai dari 23jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Avanza dengan DP mulai dari 24jutaan atau cicilan mulai dari 3,7utaan

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk ikutan lucky draw untuk mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Dapatkan juga hadiah langsung Phillips UV light Disinfection lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom. Semakin banyak kan hadiahnya?

Yuk ikutan sekarang dan rasakan dua kali untungnya hanya bersama Auto2000.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF