LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Power Window Macet? Segera Lakukan Pengecekan di Bagian Ini

 

Auto2000.co.id – Fungsi power window cukup penting, yaitu membantu Anda menaikkan dan menurunkan kaca samping mobil secara otomatis. Kalau power window bermasalah, tentu akan sangat menjengkelkan.

Namun jangan langsung panik, power window terdiri atas beberapa bagian yang bekerjasama menggerakkan jendela mobil. Anda bisa mengecek bagian-bagian tersebut untuk mencari sumber masalah.

Sekering

Sekering merupakan bagian pertama yang harus dicek saat power window gagal bekerja. Karena power window merupakan piranti elektronik, sekering dipakai untuk mereduksi potensi korsleting listrik pada mobil.

Jika sekering pada power window terputus, otomatis semua perangkat yang ada di dalam power window tidak bisa berfungsi. Hal ini akan mengakibatkan power window tidak dapat beroperasi.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

Saklar power window

Kerusakan pada bagian yang satu ini biasa terjadi karena korsleting listrik yang menyebabkan saklar terbakar. Atau bisa juga karena plastik yang ada di bagian dalam saklar mengalami aus, jadi saklar tersebut tidak bisa berfungsi secara optimal.

Karena intensitas penggunaan, saklar power window sisi sopir paling sering mengalami kerusakan. Apalagi jika pengemudi mobil Anda agak kasar memperlakukan tombol power window.

Motor power window

Motor power window ini letaknya di dalam pintu mobil. Fungsi dari dinamo ini ialah menggerakan regulator, sehingga kaca bisa naik dan turun.

Komponen ini mengalami kerusakan karena kumparan tembaga dinamo yang terbakar akibat korsleting listrik, sehingga power window tidak bisa bekerja secara maksimal.

BACA JUGA : Jangan Pakai Oli Transmisi Matik Biasa Untuk Matik CVT, Ini Alasannya

Regulator power window

Bagian yang satu ini berfungsi untuk menggerakkan kaca mobil naik dan turun ditopang oleh dinamo power window. Komponen ini juga sering mengalami kerusakan yang diakibatkan gerigi regulator aus, alhasil power window tidak berfungsi normal.

Namun bisa juga karena tempat dudukan kaca pada regulator copot atau terlepas. Sehingga pada saat regulator bekerja, kaca tidak dapat naik turun seperti biasanya.

Lis karet kaca

Lis kaca yang menjaga pergerakan kaca mobil bisa aus karena bergesekan dengan kaca. Apalagi jika gerakan kaca terasa berat, kasar, atau bahkan keluar dari jalurnya.

Umumnya lis karet kaca jadi cepat rusak karena kerap terkena debu dan air. Oleh sebab itu, pastikan selalu bagian tersebut terhindar dari debu dan dilapisi cairan silikon agar dapat bekerja dengan baik.

Supaya tenang, Anda bisa meminta teknisi bengkel resmi Auto2000 mengecek power window saat servis berkala. Terutama bila dirasa ada masalah dengan pergerakan kaca, seperti berat, berbunyi kasar, atau keluar dari jalurnya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia