plat-r-daerah-mana.jpg

Plat R Daerah Mana? Temukan Informasinya Di Sini

Diterbitkan20 Sep 2023

Plat R daerah mana? Apakah AutoFamily sudah tahu informasi mengenai kode-kode daerah yang ada pada plat nomor kendaraan? Dengan mempelajari hal ini, Anda akan bisa mendapatkan informasi penting mengenai sebuah kendaraan.

Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang plat R, daerah mana saja yang menggunakan plat R, dan informasi lainnya terkait peraturan lalu lintas di Indonesia mengenai plat nomor kendaraan. Mari kita sama-sama simak informasi berikut ini.

Apa itu Plat R?

Plat R adalah kode plat nomor kendaraan yang digunakan di wilayah Purwokerto, Banyumas, Banjarnegara, Cilacap, dan Purbalingga. Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau disingkat TNKB ini sering kali disebut plat nomor atau nomor polisi (nopol) oleh masyarakat. Plat nomor kendaraan sendiri adalah plat bernomor yang terbuat dari aluminium, sebagai pertanda nomor kendaraan bermotor di Indonesia, dan ini sudah didaftarkan pada Kantor Samsat. Bukan hanya sebagai identitas, plat nomor kendaraan juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk memberikan informasi bahwa mobil tersebut telah mendapatkan izin untuk dapat digunakan secara bebas di jalan raya.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Plat Nomor Di Indonesia

Plat nomor tersusun dari 3 kode bagian yang berisi informasi kendaraan yaitu kode huruf depan menunjukkan wilayah, kode angka, dan kode huruf belakang menunjukkan asal kota/kab kendaraan.

Jika sudah mengenal apa itu plat R, mungkin AutoFamily yang tertarik untuk membeli mobil baru Toyota bisa mengecek informasinya di Auto2000 Digiroom. Contohnya seperti Toyota Yaris yang siap menemani perjalanan harian Anda.