permukaan-ban-retak.jpg

Jangan Disepelekan! Penyebab dan Tips Menghindari Permukaan Ban Retak

Diterbitkan14 Jun 2023

Permukaan ban retak menjadi salah satu masalah yang cukup sering dihadapi oleh pemilik kendaraan. Retakan-retakan kecil yang terlihat pada tapak ban dapat menghadirkan dampak yang serius terhadap kinerja ban serta keselamatan pengemudi saat berkendara.

Jika Anda sedang menghadapi kondisi permukaan ban mobil yang retak, maka Anda harus mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab permukaan ban menjadi retak hingga tips yang bisa AutoFamily lakukan untuk menghindari permukaan ban yang retak. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan pada artikel berikut ini.

4 Penyebab Permukaan Ban Retak

Ban mobil merupakan salah satu komponen mobil yang akan bersentuhan langsung dengan jalanan, maka dari itu ban menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengemudi.

Kondisi permukaan ban retak sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Faktor Cuaca

Retakan pada permukaan ban dapat terjadi karena faktor cuaca yang berubah-ubah. Hal ini sendiri dapat terjadi, karena sebagian besar ban mobil dan motor terbuat dari bahan material karet, sehingga kondisi cuaca akan sangat berpengaruh terhadap kondisi ban yang Anda miliki.

Jika ban Anda mengalami keretakan yang diakibatkan oleh faktor cuaca, maka sebaiknya jangan dilakukan penambalan terhadap ban tersebut, karena hanya akan membuat ban tersebut menjadi semakin rusak.

2. Tekanan Angin

Tekanan angin pada ban yang tidak sesuai juga dapat membuat permukaan ban menjadi retak. Jika tekanan angin pada ban tidak sesuai, baik itu karena kelebihan atau kekurangan angin, maka Anda hanya akan membuat ban tersebut semakin cepat retak. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengisi tekanan angin yang sesuai dengan tidak kelebihan dan tidak kekurangan tekanan angin.

Baca juga:10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti! Cek Banmu Sekarang!

3. Paparan Zat Berbahaya

Zat keras seperti bensin ataupun air keras dapat merusak ban sehingga menciptakan keretakan. Penting sekali melindungi ban mobil dari berbagai zat berbahaya ini. Jika tidak sengaja terpapar, segera bersihkan ban dengan air sebagai tindakan pertama.

4. Kelebihan Muatan

Apakah Anda sering menggunakan kendaraan Anda untuk membawa muatan yang berlebih? Jika iya, maka Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut. Karena salah satu faktor permukaan ban retak hadir dari kendaraan dengan muatan yang berlebihan.

Baca juga:Alasan dan Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

Bahaya Berkendara dengan Ban Retak

Berkendara dan melakukan perjalanan yang jauh menggunakan ban yang retak tentu akan menghadirkan bahaya tersendiri bagi keselamatan AutoFamily. Karena, retakan-retakan yang terdapat di ban dapat mengurangi traksi dan daya cengkram ban pada jalanan, terutama dalam kondisi jalanan yang basah.

Akibatnya, Anda akan kesulitan dalam mengendalikan kendaraan saat sedang berjalan, karena kendali kendaraan akan menjadi kurang responsif dan risiko terjadinya kecelakaan akan semakin meningkat.

Selain itu, retakan pada ban juga dapat mengganggu kenyamanan Anda ketika sedang berkendara. Karena retakan-retakan yang terdapat di ban dapat menjadi sumber getaran yang tidak diinginkan saat mobil sedang melaju. Hal ini tentunya dapat mengganggu kenyamanan penumpang serta dapat mengurangi performa suspensi kendaraan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mengecek kendaraan Anda secara keseluruhan sebelum berkendara dan sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Untuk melakukan pengecekan mobil secara keseluruhan AutoFamily bisa langsung melakukan Booking Service Toyota di Auto2000 Digiroom. Saat melakukan pengecekan terhadap kendaraan Anda, pastikan bahwa kendaraan Anda sudah dalam kondisi yang prima sebelum digunakan untuk berkendara.

Baca juga:Ini Alat dan Bahan Mengganti Ban Mobil yang Penting

3 Tips Menghindari Permukaan Ban Retak

Berkendara dengan permukaan ban retak hanya dapat membawa Anda pada kondisi yang tidak diinginkan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menghindari permukaan ban yang retak sebelum menggunakan kendaraan tersebut untuk melakukan perjalanan yang jauh maupun perjalanan yang dekat.

Adapun beberapa tips untuk menghindari permukaan ban retak yang dapat AutoFamily ketahui, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memastikan Tekanan Angin Pas

Tips menghindari permukaan ban retak yang pertama adalah dengan memastikan bahwa tekanan angin yang dimiliki oleh ban kendaraan Anda telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Umumnya, setiap perusahaan sudah menjelaskan besaran tekanan angin yang ideal pada kendaraan yang Anda miliki. Maka dari itu, sebelum melakukan pengisian pada tekanan angin ban, Anda harus mengetahui ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki tekanan angin ban yang tidak terlalu kelebihan maupun kekurangan yang hanya membuat keretakan pada ban yang Anda miliki.

DAPATKAN KUPON SERVIS UNTUK MOBIL KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

2. Tidak Membawa Muatan yang Berlebih

Selanjutnya adalah tidak membawa muatan yang berlebih pada kendaraan Anda saat melakukan perjalanan yang jauh maupun perjalanan yang dekat. Dalam hal ini, Anda dapat mencari tahu mengenai besaran kapasitas beban yang dapat ditanggung oleh kendaraan yang Anda miliki, sehingga Anda bisa melakukan perkiraan terhadap beban muatan yang akan di bawa.

3. Membersihkan Dinding Ban dari Benda Asing

Membersihkan dinding ban dari benda asing juga dapat membantu Anda untuk menghindari permukaan ban yang retak. Sebagai komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan jalanan, tentu akan terdapat beberapa material asing yang dapat menempel di ban secara mudah. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk rutin mencuci dan membersihkan dinding ban dari kotoran yang menempel dari jalanan.

Untuk membersihkan ban sendiri, Anda juga harus bisa memerhatikan cairan pembersih yang akan digunakan. Jangan sampai Anda menggunakan cairan pembersih yang hanya dapat merusak dan membuat keretakan pada ban semakin parah.

Itulah informasi mengenai permukaan ban retak yang dapat Anda ketahui. Jika Anda ingin melakukan perbaikan pada ban mobil Anda, namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke bengkel Auto2000 terdekat, maka Anda bisa menggunakan Layanan Purna Jual Toyota.

Layanan Purna Jual Toyota dapat membantu Anda dalam memenuhi segala kebutuhan purna jual, mulai dari aksesoris mobil, layanan bengkel, spare part mobil, Auto2000 Home Service, hingga kupon servis bisa Anda temukan di layanan ini.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.