Koil atau kumparan pengapian adalah suatu komponen pada listrik kendaraan bermotor yang bertugas mengubah tegangan primer (dari baterai) menjadi tegangan sekunder. Fungsi koil inidapat menghasilkan tegangan yang cukup besar, ada pada kisaran 15.000-30.000 Volt. Tegangan tersebut kemudian digunakan untuk pengapian pada sistem pembakaran mesin. Komponen ini telah dirancang agar mampu bertahan dalam kondisi yang ekstrem seperti suhu tinggi dan tegangan listrik tinggi.
Meski begitu, bukan berarti koil mobil tidak bisa rusak atau mati. Sebagai salah satu komponen listrik, ketahanan koil mobil sangat bergantung pada tegangan listrik. Jika komponen ini rusak, maka penyebab masalahnya pun kemungkinan besar tidak jauh-jauh dari listrik. Berikut adalah beberapa hal yang sering menjadi penyebab koil mobil mati.
Meski begitu, bukan berarti koil mobil tidak bisa rusak atau mati. Sebagai salah satu komponen listrik, ketahanan koil mobil sangat bergantung pada tegangan listrik. Jika komponen ini rusak, maka penyebab masalahnya pun kemungkinan besar tidak jauh-jauh dari listrik. Berikut adalah beberapa hal yang sering menjadi penyebab koil mobil mati.
Tegangan listrik terlalu tinggi
Penyebab masalah yang pertama adalah karena tegangan listrik terlalu tinggi. Bisa dibilang, inilah faktor yang paling sering menjadi penyebab koil mobil mati. Memangnya, bagaimana tegangan listrik bisa berubah menjadi terlalu tinggi?
Perubahan tegangan listrik pada sistem kelistrikan mobil tentu tidak terjadi begitu saja. Dalam kondisi yang normal, tegangan listrik tidak akan berubah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sebab, agar mesin dapat berfungsi, mesin mobil memerlukan tegangan listrik yang sesuai.
Salah satu pemicu meningkatnya tegangan listrik ini adalah gangguan pada busi. Busi dan kabel busi yang rusak akan menyebabkan voltase tegangan output dari koil meningkat drastis. Dampaknya, insulator di dalam koil pun rusak sehingga terjadi korsleting (hubungan pendek). Koil tidak dapat menghasilkan tegangan listrik dan mesin mobil pun tidak bisa dihidupkan.
Baca juga:Cara Mengusir Semut pada Kabin Mobil
Perubahan tegangan listrik pada sistem kelistrikan mobil tentu tidak terjadi begitu saja. Dalam kondisi yang normal, tegangan listrik tidak akan berubah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sebab, agar mesin dapat berfungsi, mesin mobil memerlukan tegangan listrik yang sesuai.
Salah satu pemicu meningkatnya tegangan listrik ini adalah gangguan pada busi. Busi dan kabel busi yang rusak akan menyebabkan voltase tegangan output dari koil meningkat drastis. Dampaknya, insulator di dalam koil pun rusak sehingga terjadi korsleting (hubungan pendek). Koil tidak dapat menghasilkan tegangan listrik dan mesin mobil pun tidak bisa dihidupkan.
Baca juga:Cara Mengusir Semut pada Kabin Mobil
Kebocoran kompresi mesin
Penyebab koil mobil mati yang berikutnya adalah kebocoran pada kompresi mesin. Kompresi mesin bertugas memberikan tekanan pada bahan bakar agar dapat mencapai ruang bakar. Komponen ini bisa mengalami kebocoran dan mengakibatkan koil mati karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena masalah pada piston.
Piston yang telah aus akan membuat celah di antara piston dan dinding silinder membesar. Celah inilah yang kemudian membuat kompresi mengalami kebocoran. Jika kompresi mesin mengalami kebocoran, maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin pun rendah. Dampaknya, koil pengapian tidak dapat menghasilkan tegangan listrik sehingga masuk fase misfire atau mati total.
Baca juga:Kaca Film Bisa Lindungi dari Sinar Inframerah
Piston yang telah aus akan membuat celah di antara piston dan dinding silinder membesar. Celah inilah yang kemudian membuat kompresi mengalami kebocoran. Jika kompresi mesin mengalami kebocoran, maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin pun rendah. Dampaknya, koil pengapian tidak dapat menghasilkan tegangan listrik sehingga masuk fase misfire atau mati total.
Baca juga:Kaca Film Bisa Lindungi dari Sinar Inframerah
Injektor mengalami kerusakan
Terakhir, koil mobil mati juga bisa disebabkan oleh gangguan pada sistem injeksi, tepatnya pada komponen injektor. Biasanya, jika Anda tidak menemukan kerusakan pada busi dan kabel busi, hal inilah yang menjadi penyebab koil mobil mati. Cek restrictor pada injektor bahan bakar yang ada di kumparan utama dan kedua. Lakukan juga pengecekan pada tegangan injektor. Anda bisa menggunakan lampu noid untuk memeriksa sirkuit driver injektor PCM (Powertrain Control Module).
Untuk memperbaiki koil mobil yang rusak, Anda perlu bantuan mekanik yang sudah berpengalaman. Jangan ragu untuk membawa mobil Anda ke bengkel tepercaya seperti bengkel Auto2000 agar segera mendapat penanganan yang sesuai.
Baca juga:5 Kerusakan pada Wiper Mobil dan Cara Mudah Mengatasinya
Penyebab koil mobil mati yang utama adalah karena tegangan listrik terlalu tinggi. Meski begitu, ada kemungkinan lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen ini. Untuk memastikannya, Anda bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000. Dengan mekanik profesional dan spare parts asli, Auto2000 siap mengembalikan performa mobil Toyota kesayangan Anda. KunjungiAuto2000 Digiroomsekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000.
Untuk memperbaiki koil mobil yang rusak, Anda perlu bantuan mekanik yang sudah berpengalaman. Jangan ragu untuk membawa mobil Anda ke bengkel tepercaya seperti bengkel Auto2000 agar segera mendapat penanganan yang sesuai.
Baca juga:5 Kerusakan pada Wiper Mobil dan Cara Mudah Mengatasinya
Penyebab koil mobil mati yang utama adalah karena tegangan listrik terlalu tinggi. Meski begitu, ada kemungkinan lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen ini. Untuk memastikannya, Anda bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000. Dengan mekanik profesional dan spare parts asli, Auto2000 siap mengembalikan performa mobil Toyota kesayangan Anda. KunjungiAuto2000 Digiroomsekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000.