penyebab-engine-mounting-mobil-rusak.jpg

3 Penyebab Engine Mounting Mobil Rusak dan Dampaknya

Diterbitkan9 Okt 2023

Tahukah AutoFamily sudah tahu berbagai penyebab engine mounting mobil rusak? Kejadian seperti ini jelas tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa ada perbaikan oleh teknisi andal yang sudah berpengalaman.

Perlu AutoFamily pahami bahwa engine mounting yang rusak dapat mengakibatkan berbagai masalah serius pada kendaraan. Oleh karena itu penting bagi AutoFamily untuk memahami faktor-faktor yang memicu kerusakan ini.

Penyebab kerusakan engine mounting bisa bervariasi, mulai dari penggunaan yang berlebihan hingga kondisi jalan yang buruk. Penggunaan mobil dengan gaya mengemudi yang kasar, seperti pengereman mendadak atau akselerasi yang tiba-tiba, dapat memberikan tekanan berlebih pada engine mounting. Selain itu kondisi jalan yang buruk dengan banyak lubang dan gundukan juga bisa merusak komponen ini.

Namun jangan khawatir! Untuk memastikan kinerja mobil tetap baik, AutoFamily bisa mengandalkan layanan bengkel Toyota yang sudah pasti andal. Auto2000 Digiroom adalah solusi terbaik untuk semua kebutuhan perawatan dan perbaikan mobil Toyota Anda.

Tentunya Auto2000 menawarkan layanan profesional dengan teknisi terlatih dan menggunakan suku cadang asli Toyota sehingga AutoFamily bisa yakin bahwa mobil akan diperbaiki dengan standar kualitas yang tertinggi.

Jangan biarkan kerusakan engine mounting menghambat kenyamanan dan keselamatan berkendara AutoFamily. Percayakan mobil AutoFamily kepada ahlinya di bengkel Auto2000 Digiroom untuk pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Melakukan pencegahan dengan membawa mobil untuk diservis sudah, sekarang saatnya mempelajari apa saja yang menyebabkan engine mounting mobil bisa rusak. Langsung baca informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Engine Mounting Mobil?

Engine mounting atau yang sering disebut juga sebagai "bushing mesin" adalah komponen krusial dalam sistem suspensi mobil yang bertugas untuk menjaga mesin tetap terpasang dengan kokoh pada rangka mobil. Pasalnya mesin mobil adalah salah satu komponen terberat dalam sebuah kendaraan dan engine mounting berfungsi sebagai penghubung vital antara mesin dengan kerangka mobil.

Biasanya engine mounting terbuat dari bahan karet kuat dan elastis yang dirancang untuk menahan berat mesin dan menyerap getaran yang dihasilkan oleh mesin saat mobil bergerak. Fungsi utama dari engine mounting ialah menjaga posisi mesin agar tetap stabil dan mencegah pergeseran yang tidak diinginkan.

Selain itu engine mounting juga berperan penting dalam menyerap getaran ini agar tidak merambat ke seluruh mobil agar pengemudi dan penumpang tetap merasakan kenyamanan saat berkendara.

DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG JUGA!

Fungsi Engine Mounting Mobil

Selanjutnya, mari bahas beberapa fungsi utama dari engine mounting mobil. Perhatikan penjelasan berikut ini dengan saksama!

1. Mendukung Berat Mesin Mobil

Engine mounting bertanggung jawab untuk menopang berat mesin mobil. Fungsi satu ini merupakan tugas krusial karena mesin memiliki bobot yang cukup berat. Tanpa engine mounting yang baik maka kemungkinan besar mesin akan bergoyang hingga akhirnya jatuh saat mobil sedang bergerak.

2. Menyerap Getaran Mesin Mobil

Getaran dan guncangan yang dihasilkan saat melalui berbagai medan jalan pasti akan sangat mengganggu. Namun Anda tidak perlu memikirkannya lagi dengan keberadaan engine mounting karena kemampuannya dalam menyerap getaran agar tidak merambat hingga ke dalam kabin mobil.

3. Menjaga Posisi Mesin Mobil

Engine mounting juga berfungsi untuk menjaga posisi mesin dengan tepat. Hal ini penting agar seluruh komponen mesin tetap terhubung dengan baik dan berfungsi sesuai yang seharusnya.

Baca juga:Ketahui 5 Ciri-Ciri Master Rem Mobil Rusak dan Solusinya

Penyebab Engine Mounting Mobil Rusak

Mengendarai mobil hanya satu bagian saja dari hak dan kewajiban para pemilik mobil. Jangan lupa bahwa para pemilik mobil masih harus melakukan perawatan dan pemeliharaan yang diperlukan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah memahami apa yang menyebabkan engine mounting rusak. Jika Anda berhasil memahaminya maka kesadaran akan pemeliharaan mobil juga meningkat. Kalau begitu coba cari tahu apa saja yang bisa memicu kerusakan engine mounting di bawah ini!

1. Penggunaan yang Berlebihan

Salah satu penyebab utama kerusakan engine mounting ialah penggunaan yang berlebihan. Mengemudi dengan gaya agresif seperti sering memuat berat yang melebihi kapasitas mobil, jelas dapat memicu kerusakan engine mounting.

Baca juga:Kenali Ciri-Ciri Seal Klep Mobil Rusak dan Temukan Solusinya Bersama Auto2000

2. Kondisi Jalan yang Buruk

Kondisi jalan yang buruk dengan banyak lubang dan gundukan juga dapat merusak engine mounting. Getaran yang kuat akibat melintasi jalan yang buruk dapat mengakibatkan keausan engine mounting lebih cepat.

3. Kualitas Engine Mounting yang Buruk

Kualitas engine mounting yang buruk atau komponen yang sudah tua dan aus juga bisa menjadi penyebab kerusakan. Seiring waktu, bahan karet pada engine mounting bisa mengalami perubahan struktural dan kehilangan elastisitasnya. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel Auto2000 secara berkala agar penggantian mesin yang aus bisa dilakukan tepat waktu.

SERVIS MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Dampak Engine Mounting Mobil Rusak

Kerusakan engine mounting dapat berdampak serius pada mobil Anda. Berikut beberapa dampak yang dapat terjadi apabila kerusakan engine mounting dibiarkan dalam waktu yang panjang.

1. Kerusakan pada Mesin Mobil

Kerusakan engine mounting dapat menyebabkan mesin mobil bergoyang atau tidak berada pada posisi yang tepat. Hal ini dapat merusak komponen lainnya dan mengganggu kinerja mesin, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan perbaikan dalam skala besar alias turun mesin.

2. Kerusakan pada Sistem Kemudi

Getaran yang tidak terkontrol akibat engine mounting yang rusak jelas akan memengaruhi sistem kemudi mobil Anda. dapat membuat pengendalian mobil menjadi lebih sulit dan berbahaya.

Baca Juga:5 Cara Memutar Setir Mobil di Tikungan dengan Benar dan Mulus

3. Kerusakan pada Sistem Suspensi

Engine mounting yang rusak dapat memengaruhi stabilitas dan kenyamanan berkendara Anda. Hal ini tentunya bisa menyebabkan kerusakan pada sistem suspensi mobil dan merusak komponen-komponen lainnya.

Dalam menjaga mobil kesayangan Anda tetap prima, perhatikan kondisi engine mounting secara berkala. Jika Anda mencurigai ada masalah dengan engine mounting, segera periksakan ke bengkel tepercaya seperti bengkel Auto2000. Ingatlah bahwa tindakan pencegahan lebih baik daripada mengatasi kerusakan fatal akibat kelalaian dalam perawatan.

Tidak perlu bingung mencari suku cadang dan aksesoris Toyota yang berkualitas karena Auto2000 Digiroom menyediakan semua kebutuhan Anda. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 Digiroom untuk menikmati berbagai layanan terbaik bagi mobil kesayangan!

Semoga penjelasan mengenai berbagai penyebab engine mounting mobil rusak bermanfaat bagi AutoFamily. Butuh informasi lain seputar otomotif? Langsung saja kunjungi Auto2000 Digiroom dan temukan informasi yang Anda butuhkan!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.