pantai glagah .webp

Pantai Glagah: Wisata Eksotis di Kulon Progo

Diterbitkan28 Mei 2024

Pantai Glagah, yang terletak di Kulon Progo, Yogyakarta, adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau dan beragam aktivitas menarik. Dikenal dengan hamparan pasir hitamnya yang unik, pantai ini juga dilengkapi dengan laguna yang tenang dan mempesona, membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati pemandangan. 


Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti bermain di tepi pantai, memancing, atau berfoto dengan latar belakang dermaga dan tetrapod yang ikonik. Keindahan matahari terbenam di Pantai Glagah juga merupakan daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Melalui fasilitas yang cukup lengkap dan akses yang mudah, Pantai Glagah menjadi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin merasakan pengalaman liburan yang berbeda di Yogyakarta.


5 Pesona Pantai Glagah di Kulon Progo 

Pantai Glagah, yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan beragam aktivitas menarik bagi pengunjungnya. Berikut beberapa daya tarik pantai ini:

1. Pasir Hitam yang Indah 

Pantai Glagah memiliki daya tarik luar biasa dengan hamparan pasir hitamnya yang memikat. Saat siang hari, butiran pasir hitam ini berkilauan di bawah sinar matahari, menambah keindahan pantai. Garis pantainya yang panjang dan luas memberikan banyak ruang bagi pengunjung untuk menikmati berbagai aktivitas, dengan pasir lembut yang nyaman di pijak. Mengambil foto dengan latar pasir hitam yang luas ini menjadi pilihan menarik bagi wisatawan.


Warna hitam pada pasir di Pantai Glagah disebabkan oleh kandungan besi yang tinggi, sering dieksploitasi sebagai bahan tambang, sehingga pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Pasir Besi. Pasir besi ini biasanya berwarna hitam atau abu-abu gelap dan mengandung mineral seperti magnetit, titanium, silika, dan kalsium. Meskipun demikian, butiran pasir yang halus tetap nyaman untuk diinjak dengan kaki telanjang, memberikan sensasi alami yang menyenangkan bagi pengunjung.


MAU COBA TEST DRIVE MOBIL TOYOTA? DI AUTO2000 DIGIROOM AJA!


2. Terdapat Sebuah Laguna 

Laguna biasanya terbentuk di antara cekungan bebatuan karang yang kemudian terisi oleh air laut, namun di Pantai Glagah, lagunanya memiliki letak yang unik. Berbeda dengan laguna di pantai-pantai lain yang dekat dengan bibir pantai, laguna di Pantai Glagah terpisah cukup jauh dari garis pantai. Laguna ini terbentuk dari daratan yang tergerus air laut pasang dan air hujan, dikelilingi oleh hamparan pasir yang luas serta tumbuhan hijau.


Air tenang di laguna Pantai Glagah memungkinkan wisatawan menikmati berbagai aktivitas rekreasi, seperti naik perahu atau bebek air. Selain itu, ada kolam renang anak dan wahana ATV yang menambah keseruan berlibur. Melalui berbagai pilihan wisata tersebut, laguna di Pantai Glagah menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang mencari pengalaman berbeda saat berkunjung ke pantai ini.


Baca Juga: WISATA PANTAI NGOBARAN DENGAN PESONA ALAM YANG INDAH


3. Pantai dengan Tetrapod Indahnya 

Salah satu daya tarik utama Pantai Glagah adalah tetrapod, struktur beton berkaki empat yang dibangun untuk memecah ombak besar yang menghantam pantai ini. Tetrapod ini melindungi garis pantai dari erosi dan menciptakan pemandangan yang unik dan menarik. Di antara deretan tetrapod, terdapat jalan setapak beton panjang yang mengarah ke tengah laut dan berfungsi sebagai akses menuju dermaga. Area ini sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk memancing, menikmati angin laut, dan mendengarkan deburan ombak.


Jalan setapak yang dikelilingi tetrapod menjadi ciri khas Pantai Glagah yang membedakannya dari pantai lain di Yogyakarta. Banyak pengunjung tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto di sini, dengan latar belakang ombak yang terpecah oleh tetrapod. Pemandangan dramatis ini menambah daya tarik pantai, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan yang datang.


4. Dekat dengan Pusat Kota 

Anda dapat mencapai Pantai Glagah dari pusat Kota Yogyakarta dengan perjalanan sekitar 43 kilometer, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu perempat jam menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalannya yang bagus memudahkan Anda untuk menggunakan motor, mobil, atau bus dengan nyaman. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda masih dapat mencapai pantai ini menggunakan transportasi umum, seperti bus.


Fasilitas transportasi yang lengkap membuat perjalanan ke Pantai Glagah lebih mudah dan ekonomis dibandingkan dengan destinasi lainnya di sekitarnya. Rute perjalanan tersedia dari berbagai arah, termasuk dari Kota Yogyakarta, Jalan Bantul, dan Purworejo, serta opsi menggunakan transportasi umum dari Terminal Giwangan. Melalui berbagai pilihan rute dan fasilitas transportasi yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mencapai Pantai Glagah dan menikmati pesonanya tanpa kesulitan.


MAU MOBIL BEKAS TAPI BERSERTIFIKAT? AUTO2000 DIGIROOM PILIHANNYA! 


5. Terdapat Stupa Cagar Budaya

Pantai Glagah tidak hanya memukau dengan panorama alamnya, tetapi juga menyimpan sejarah yang kaya di baliknya. Desa Glagah sendiri memiliki catatan sejarah yang terdokumentasi dalam situs bersejarah bernama Stupa Cagar Budaya yang terletak di sekitar pantai. Di kawasan cagar budaya ini, terdapat sebuah batu yang disebut Stupa Glagah, diyakini sebagai peninggalan masa pemerintahan bupati bernama Cangakmengeng di wilayah Kadipaten Sios pada abad ke-6 Masehi. 


Legenda lokal mengaitkan stupa ini dengan tempat pertapaan Nyi Sekar Kenanga, anak gadis sang bupati. Selain Stupa Glagah, peninggalan sejarah lain juga ditemukan di sekitar pantai oleh warga setempat. Ini termasuk batu yang diduga sebagai gong dan batu berbentuk Lingga dan Yoni, simbol kesuburan yang memiliki makna mendalam dalam kepercayaan tradisional. 


Karena, dengan keberadaan situs-situs bersejarah ini, Pantai Glagah tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menarik secara alamiah, tetapi juga menyimpan cerita dan warisan budaya yang memperkaya pengalaman wisatawan yang mengunjunginya.


Baca Juga: WISATA PANTAI WEDIOMBO, LOKASI DENGAN PANORAMA YANG INDAH


Melalui segala keindahan alamnya dan sejarah yang kaya, Pantai Glagah menjadi destinasi wisata yang tak terlupakan di Yogyakarta. Keberadaan situs bersejarah seperti Stupa Glagah menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin mengeksplorasi lebih dalam. Namun, untuk menjaga kelestarian dan keindahan pantai ini, diperlukan peran serta semua pihak dalam menjaga lingkungan sekitar. Oleh karena itu, generasi mendatang juga dapat menikmati pesona Pantai Glagah seperti yang kita nikmati hari ini.

Dan setelah menikmati liburan yang menyegarkan di Pantai Glagah, jika Anda ingin melanjutkan petualangan ke tempat lain dengan kenyamanan dan ramah lingkungan, pertimbangkanlah mobil Toyota hybrid untuk jarak jauh. Melalui teknologi hybrid yang menggabungkan mesin bensin dan motor listrik, mobil ini tidak hanya hemat bahan bakar, tetapi juga mengurangi jejak karbon. Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk menemukan berbagai pilihan mobil Toyota hybrid yang cocok untuk perjalanan Anda selanjutnya.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.





digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.