oleholehkhaswonosobo.webp

15 Oleh-Oleh Khas Wonosobo: Kuliner Lezat Hingga Kerajinan Tangan

Diterbitkan28 Mei 2024

Berpetualang ke negeri Dieng, Wonosobo, tak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Wonosobo yang menjadi pengingat manis perjalanan AutoFamily. Kota yang terkenal dengan dataran tinggi Dieng yang memesona ini tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga kuliner dan jajanan khas yang menggoda selera.


Dari kue tradisional yang dibuat dengan resep turun temurun hingga kerajinan khas yang unik, setiap oleh-oleh khas Wonosobo memiliki cerita tersendiri yang siap memanjakan lidah Anda. Agar Anda tidak bingung akan membeli oleh-oleh apa saat di Wonosobo, mari simak sejumlah oleh-oleh populer khas Wonosobo melalui artikel ini!


Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Wonosobo yang Wajib Dibawa Pulang

Selain mendapat julukan Negeri di Atas awan karena terkenal letak geografisnya yang berada di dataran tinggi, Wonosobo juga terkenal dengan kuliner lezat dan kerajinan yang unik. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Wonosobo yang dapat Anda pertimbangkan.


Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Wonosobo untuk Anda


1. Kue Sagon

Kue Sagon adalah salah satu oleh-oleh khas Wonosobo yang tidak boleh dilewatkan. Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kelapa parut, gula merah, dan tepung ketan, kue ini memiliki cita rasa manis yang khas. Proses pembuatannya yang tradisional dengan cara dipanggang membuat teksturnya renyah. Kue Sagon juga memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh.


2. Mi Ongklok

Mi Ongklok adalah hidangan mi khas Wonosobo yang lezat dan berbeda dari mi pada umumnya. Mi ini menyajikan perpaduan  antara bumbu tradisional khas dengan kucai segar, sate, dan sayur kubis. Kombinasi rempah-rempah dan kelezatan dari mi yang kenyal ini memberikan cita rasa yang tak terlupakan. Tak perlu khawatir kedaluwarsa saat dibawa pulang ke rumah karena kini telah hadir produk instan dari mi ongklok yang lebih tahan lama.

3. Keripik Jamur

Wonosobo telah dikenal sejak zaman dahulu sebagai penghasil jamur berkualitas. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Wonosobo, Anda pasti akan menemukan keripik jamur khas Wonosobo dengan mudah. Jamur segar dipotong tipis, kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Selain enak untuk dinikmati langsung, keripik jamur juga bisa dijadikan sebagai pelengkap hidangan atau camilan untuk menemani waktu santai.


DAPATKAN PENAWARAN DAN PROMO PROMO TERBARU YANG ADA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG!


4. Opak Singkong

Selain jamur, Wonosobo juga terkenal sebagai produsen opak terbesar di tanah air. Secara umum, opak khas Wonosobo terbagi dua jenis, yaitu opak singkong asli tanpa tambahan lain dan opak ketan yang dicampur dengan parutan kelapa. Memiliki cita rasa gurih yang khas, opak singkong cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yang tahan lama. Anda juga dapat memesan opak yang dimasak setengah matang agar dapat digoreng kembali sehingga  tetap renyah saat dikonsumsi.


Baca Juga: 8 Oleh-Oleh Khas Dieng yang Banyak Dibeli!


5. Terung Belanda

Wonosobo dengan pesonanya sebagai kawasan dataran tinggi dikenal sebagai tempat yang subur untuk menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, salah satunya adalah terung belanda. Sebagai oleh-oleh, terung belanda biasanya dibawa pulang dalam keadaan mentah. Namun, kini masyarakat Wonosobo telah menghadirkan olahan terung belanda dalam bentuk manisan dan sirup sehingga menyuguhkan cara unik untuk menikmati terung belanda.

 

6. Kacang Dieng

Kacang Dieng adalah salah satu oleh-oleh khas Wonosobo yang memiliki keunikan tersendiri. Kacang Dieng memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan hanya tumbuh di Dieng. Ukurannya yang besar membuat kacang ini sering dijuluki sebagai kacang babi oleh warga sekitar. Biasanya, kacang ini digoreng hingga kering dan kemudian ditambah taburan bumbu untuk memperkaya rasanya.


7. Tempe Kemul

Tempe Kemul adalah varian gorengan khas Wonosobo yang memiliki keunikan tersendiri. Makanan ini terbuat dari tempe yang dibalut dengan adonan tepung beras, tepung sagu, atau tepung singkong yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah. Memiliki bumbu rempah yang meresap dan kaya nutrisi, membuat tempe kemul menjadi pilihan sehat untuk dinikmati oleh segala usia.


8. Purwaceng

Purwaceng atau yang dikenal juga sebagai purwoceng merupakan tanaman herbal khas kawasan Dataran Tinggi Dieng. Tanaman ini terkenal karena berbagai khasiat kesehatannya, termasuk mengobati infeksi jamur, mengurangi nyeri dan demam, mencegah kanker, serta menjaga fungsi saluran kemih. Selain diolah menjadi teh, Purwaceng juga sering dijadikan bahan untuk kopi dan susu dalam bentuk bubuk. 


9. Teh Tambi

Sejak dahulu, Dieng sangat terkenal dengan perkebunan teh, terutama teh tambi sebagai hasil olahannya. Teh ini dibuat menggunakan pucuk teh unggul yang menghasilkan teh dengan aroma kuat dan warna pekat yang khas. Saat berkunjung ke Wonosobo, pastikan Anda membeli teh tambi untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Teh Tambi sudah diolah dan dikemas dengan praktis sehingga mudah dibawa untuk perjalanan jauh.


DAPATKAN KESEMPATAN TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA MELALUI AUTO2000 DIGIROOM


10. Dendeng Gepuk

Dendeng Gepuk khas Wonosobo terbuat dari daging sapi pilihan yang diolah dengan bumbu rempah yang khas, menjadikannya sebagai oleh-oleh andalan dari daerah ini. Daging sapi dipukul-pukul hingga empuk sebelum dimasak sehingga menciptakan tekstur yang lezat dan mudah dikunyah. Dendeng Gepuk paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat dan sambal bajak.


Baca Juga: Keunikan Oleh-Oleh Khas Madura yang Banyak Dibeli


11. Sego Megono

Sego megono atau nasi megono merupakan perpaduan nasi yang disajikan dengan sayuran dan ikan teri, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Hidangan ini sering dilengkapi dengan berbagai lauk tambahan seperti kerupuk atau tempe kemul. Meski memiliki tampilan yang bercampur-campur sehingga disebut sebagai nasi reget atau nasi kotor, sego megono tetap memiliki cita rasa yang lezat. Anda dapat dengan mudah menemukan sego megono di warung-warung.


12. Batik Khas Wonosobo

Tak hanya makanan dan camilan, Wonosobo juga memiliki batik khas yang sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Batik Wonosobo memiliki motif yang khas dan unik, terinspirasi dari keindahan alam Dieng dan budaya masyarakat setempat. Beberapa motif populer antara lain motif sindoro sumbing, carica, kawung, dan lengger.

13. Topeng Antik Khas Wonosobo

Topeng khas Wonosobo adalah salah satu oleh-oleh yang unik dan banyak dicari untuk dijadikan hiasan ruangan karena memberikan kesan antik. Topeng ini sering digunakan sebagai pelengkap dalam pertunjukan tari topeng lengger, sebuah tarian tradisional Wonosobo. Apabila ingin menemukan topeng khas ini, Anda dapat langsung mengunjungi tempat pembuatannya di Kampung Sruni, Kelurahan Jaraksari, Wonosobo.


14. Kerajinan Bambu

Di Wonosobo, kerajinan bambu merupakan salah satu produk lokal yang sangat diminati. Perajin lokal mengolah bambu menjadi berbagai produk menarik, seperti kotak tisu, lampion, dan tas. Produk-produk ini dikenal memiliki kualitas yang baik dan harga yang terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.


15. Suvenir Wayang Kayu

Jika Anda mencari suvenir yang unik, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli wayang kayu khas Dieng. Meski sekilas terlihat mirip dengan wayang kulit biasa, tetapi sebenarnya wayang kayu terbuat dari kayu cemeti yang banyak tumbuh di sekitar Dieng. Wayang kayu ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk sehingga Anda dapat memilih yang paling cocok untuk hiasan di rumah. 


Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Wonosobo? Mulai dari kue sagon, mi ongklok, keripik jamur, serta batik khas dan topeng antik, sejumlah oleh-oleh ini akan menambah kesan istimewa dari perjalanan Anda. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba dan membeli berbagai oleh-oleh khas Wonosobo jika berkunjung ke daerah yang dijuluki kota di atas awan ini.


Selain merencanakan oleh-oleh yang akan AutoFamily beli saat berada di Wonosobo, penting juga untuk menggunakan kendaraan MPV andal untuk berkendara jarak jauh. Kelebihan mobil MPV untuk berkendara jarak jauh sangat beragam, mulai dari interior yang akomodatif, ruang bagasi yang luas, sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan canggih, hingga aman saat melintasi genangan air.


Apabila Anda tertarik untuk mencoba MPV dari Toyota, langsung kunjungi Auto2000 Digiroom. Tim ahli kami akan membantu memilih kendaraan yang sesuai dengan lebutuhan dan preferensi Anda.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi. 

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.