oleh oleh khas surabaya.webp

10 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Banyak Direkomendasikan!

Diterbitkan25 Jun 2024

Saat berkunjung ke sebuah kota, mencari oleh-oleh khasnya sudah pasti menjadi bagian dari pengalaman liburan yang tak terlupakan. Begitu pula halnya ketika AutoFamily menginjakkan kaki di Surabaya, kota yang kaya akan budaya dan kuliner. Dari aroma khas rempah-rempah hingga cita rasa yang menggugah selera, oleh-oleh khas Surabaya siap dibawa pulang untuk buah tangan. Kalau ini pertama kalinya AutoFamily pergi ke Surabaya, jangan lewatkan beberapa oleh-oleh khas Surabaya berikut!


10 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Perlu Anda Coba

Saat berkunjung ke Surabaya, selain menikmati keindahan kota ini, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi oleh-oleh khasnya yang lezat dan unik. Dari kue tradisional yang manis hingga hidangan khas yang gurih, Surabaya memiliki sejumlah oleh-oleh yang patut Anda coba. Berikut beberapa oleh-oleh Surabaya yang perlu disertakan dalam daftar belanjaan Anda.


1. Spikoe Kue Lapis Surabaya

Spikoe adalah kue lapis Surabaya yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Kue ini terdiri dari beberapa lapisan yang biasanya berwarna kuning dan cokelat, dengan tekstur yang padat namun lembut. Spikoe khas Surabaya terkenal dengan cita rasa yang khas dan kualitas bahan-bahan yang digunakan, seperti telur, gula, mentega, dan tepung terigu, yang diolah dengan resep turun-temurun. Mereka mempertahankan Spikoe resep kuno untuk menjaga cita rasa khasnya.


Kue lapis ini sering dijadikan oleh-oleh khas Surabaya karena kelezatan dan kemasannya yang elegan, menjadikannya hadiah yang sempurna untuk keluarga dan teman. Kue ini juga sering disajikan pada berbagai acara spesial, seperti ulang tahun, pernikahan, dan perayaan lainnya. Anda juga bisa membeli kue lainnya, seperti kue rasa almond crispy untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang lezat. 


Baca Juga: 6 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba


2. Bebek Goreng

Meski bebek goreng ada di berbagai kota di Indonesia, Anda tidak bisa membandingkannya dengan bebek goreng khas Surabaya. Hidangan ini terkenal dengan daging bebek yang digoreng hingga crispy di luar namun tetap lembut di dalam.


Rempah-rempah khas Surabaya yang digunakan dalam proses penggorengan memberikan cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, membuat bebek goreng Surabaya menjadi hidangan yang wajib dibawa pulang ke rumah.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


3. Bandeng Presto

Bandeng Presto merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang patut Anda coba ketika berkunjung ke kota pahlawan ini. Lokasinya yang berada di pesisir membuat Surabaya memiliki ragam kuliner yang berasal dari olahan laut, salah satunya Bandeng Presto.


Meski makanan yang satu ini juga dikenal sebagai makanan khas Semarang, tetapi Surabaya juga menawarkan kuliner bandeng presto yang lezat. Jika restoran yang Anda kunjungi juga menjual menu lainnya, AutoFamily bisa coba oseng tuna asap dan bandeng asap yang dikombinasikan dengan rempah-rempah khas Surabaya yang lezat. 


Baca Juga: 8 Tempat Healing di Surabaya yang Cocok Untuk Refreshing


4. Sambal Bawang

Kemudian ada juga sambal bawang yang selalu dibeli oleh penduduk di luar kota Surabaya. Sambal ini terbuat dari campuran cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya yang dihaluskan dan diolah secara khas.


Rasa pedas yang menyengat namun tetap menggoda selera membuat sambal bawang menjadi pelengkap yang sempurna untuk hidangan nasi, mi, atau makanan laut. Kemasan yang praktis juga memudahkan Anda untuk membawa sambal bawang pulang sebagai oleh-oleh yang dapat menambah sensasi pedas pada berbagai hidangan favorit.


Anda bisa membeli sambal bawang ini di warung Bu Rudy. Sambal Bu Rudy sangat terkenal di Indonesia karena rasanya yang khas dan pedas. Warung Bu Rudy ini sudah menjadi ikon kuliner di Surabaya dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mencicipi sambal legendaris tersebut. 


5. Sirup Mangrove

Sirup mangrove merupakan produk yang dihasilkan dari olahan buah tanaman mangrove, khususnya bogem, oleh warga di Medokan Ayu, Surabaya. Meskipun terdengar unik, sirup ini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meredakan panas dalam, batuk, seriawan, flu, dan menjaga kestabilan tubuh. 


Proses pengolahan yang dilakukan oleh warga setempat menghasilkan sirup mangrove yang segar dan berkhasiat. Melalui kandungan alami dari tanaman mangrove, sirup ini menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang peduli akan kesehatan dan ingin mencoba produk lokal yang unik.


Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Surabaya yang Cocok Untuk Keluarga Bersama Toyota Voxy


6. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran juga sangat populer dan cocok untuk dibawa pulang dari kawasan Pantai Kenjeran di Surabaya. Kawasan ini terkenal akan hasil lautnya yang melimpah, termasuk olahan ikan segar, ikan asap, ikan asin, dan kerupuk ikan. 

Kerupuk Ikan Kenjeran memiliki aroma yang khas dan tekstur yang renyah, membuatnya menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang. Anda dapat membeli Kerupuk Ikan Kenjeran dalam kemasan siap santap maupun mentah, sesuai dengan selera dan kebutuhan. 


DAPATKAN PROMO TOYOTA TERBARU HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


7. Cakwe Peneleh

Cakwe Peneleh sebenarnya adalah roti goreng dengan tekstur lembut dan cita rasa yang gurih. Selain menyajikan cakwe original, Cakwe Peneleh juga terkenal dengan varian cakwe berisi cincangan udang dan ayam yang membuatnya semakin lezat. 


Bagi Anda yang ingin membeli Cakwe Peneleh sebagai oleh-oleh khas Surabaya, Anda dapat menemukannya di Pasar Atom. Tak perlu khawatir kualitasnya menjadi buruk saat dibawa pulang dalam perjalanan karena cakwe ini juga dijual dalam kondisi frozen food alias dibekukan.


8. Keripik Buah Kane

Keripik Buah Kane sebenarnya adalah camilan khas dari Malang, yang dikenal sebagai salah satu sentra produksi keripik buah di Indonesia. Keripik buah ini terbuat dari berbagai jenis buah segar, seperti apel, nangka, salak, dan pisang, yang diolah dengan teknologi penggorengan vakum untuk menjaga rasa dan kandungan gizinya.


Meskipun keripik buah ini berasal dari Malang, Anda juga bisa dengan mudah menemukannya di Surabaya, baik di toko oleh-oleh maupun di pasar-pasar tradisional. Kepopulerannya sebagai camilan sehat dan lezat menjadikannya salah satu oleh-oleh favorit yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur.


9. Kaos Cak Cuk

Selain makanan, Anda juga bisa membawa pulang kaos sebagai oleh-oleh dari Surabaya, salah satunya adalah kaos Cak Cuk. Kaos Cak Cuk terkenal dengan desainnya yang kreatif dan humoris, seringkali menggunakan kata-kata khas Surabaya atau plesetan yang menggelitik. Bahan kaos yang digunakan juga berkualitas, sehingga nyaman dipakai.


Kaos Cak Cuk tidak hanya menjadi suvenir yang unik dan menarik, tetapi juga mampu mencerminkan budaya dan kearifan lokal Surabaya.


10. Abon Sapi

Untuk oleh-oleh, Abon Sapi Padmosusastro bisa menjadi pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Abon sapi ini terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut, tidak heran jika menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Diproduksi di sekitar Jalan Padmosusastro, Surabaya, abon sapi ini dibuat dari daging sapi pilihan yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas, menghasilkan rasa yang lezat dan aroma yang menggugah selera. 


Sekarang Anda punya ide untuk berbelanja oleh-oleh khas Surabaya saat ingin pulang, bukan? Semoga oleh-oleh yang sudah dibeli tersebut bisa membuat keluarga, teman, atau bahkan diri sendiri senang. 


Kalau begitu mulailah bersiap untuk pergi liburan ke Surabaya dengan mengemas pakaian dan barang bawaan. Kemudian bawa mobil kesayangan Anda ke bengkel Auto2000 untuk diservis secara menyeluruh. Teknisi ahli Auto2000 pasti akan membantu Anda memeriksa seluruh komponen agar kinerjanya maksimal saat digunakan. 

Selain itu, jika Anda sedang mencari rekomendasi mobil hatchback yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh, jangan ragu untuk mengeksplorasinya di Auto2000 Digiroom. Melalui mobil yang andal dan nyaman, Anda dapat menikmati perjalanan jauh dengan lebih menyenangkan. Jadi segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan mobil impian Anda!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya sebagai ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.