kuliner khas surabaya.webp

8 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Diterbitkan29 Mei 2024

Saat AutoFamily sedang berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan untuk mencicipi ragam kuliner khas Surabaya yang menggugah selera. Kota Pahlawan ini memang terkenal dengan kelezatan hidangannya, mulai dari Soto Lamongan, Rujak Cingur, Lontong Balap, hingga Rawon. 


Setiap hidangan memiliki cita rasa yang khas dan tak terlupakan, membuat pengalaman kuliner Anda di Surabaya menjadi lebih berkesan. Yuk eksplor apa saja kuliner yang wajib Anda coba pada penjelasan di bawah ini. 


Sejarah Kuliner Khas Surabaya

Sejarah kuliner khas Surabaya mencerminkan kekayaan dan keragaman warisan kuliner di kota ini. Kota Surabaya, yang terletak di Jawa Timur, telah lama dikenal dengan kelezatan hidangannya. Pengaruh budaya yang pernah mendiami Surabaya, seperti Tionghoa, Arab, dan India, memberikan warna tersendiri pada kuliner khasnya. Bumbu-bumbu khas, rempah-rempah, dan teknik memasak yang unik turut memperkaya ragam hidangan.


Seiring dengan perubahan zaman, kuliner khas Surabaya terus mengalami evolusi. Meskipun begitu, citarasa autentiknya tetap terjaga. Penyajian yang makin modern dan inovasi dalam penghidangan menjadi bagian dari perkembangan kuliner tersebut. Hal ini memungkinkan kuliner khas Surabaya untuk tetap relevan dengan selera masyarakat yang terus berubah.


8 Kuliner Khas Surabaya yang Terkenal

Kuliner khas Surabaya memiliki beragam hidangan yang terkenal dengan cita rasanya yang khas dan unik. Di antara sekian banyaknya, terdapat beberapa hidangan yang menjadi favorit masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Berikut beberapa di antaranya:


1. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah salah satu hidangan tradisional Surabaya yang menjadi favorit banyak orang. Hidangan ini terdiri dari campuran buah-buahan segar seperti mangga, nanas, dan mentimun yang disajikan dengan bumbu petis yang khas. 

Satu hal yang membuat rujak cingur unik yaitu tambahan cingur, potongan hidung sapi yang telah direbus, memberikan rasa gurih dan kenyal yang khas pada hidangan ini. Kombinasi antara cita rasa manis, asam, pedas, dan gurih membuat rujak cingur menjadi camilan yang sangat disukai di Surabaya.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


2. Lontong Balap

Lontong balap merupakan hidangan khas Surabaya yang terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, dan rempeyek, semuanya disiram dengan kuah kental kacang yang gurih. Kuah kacang ini biasanya diberi tambahan sambal petis yang memberikan aroma dan rasa yang khas. Hidangan ini dikenal dengan sebutan "balap" karena pada masa lampau pedagang sering kali berlomba-lomba (balapan) dalam menyajikan hidangan ini kepada pembeli.


3. Rawon

Rawon adalah salah satu hidangan yang paling ikonik dari Surabaya. Hidangan ini berupa sup daging sapi yang kuahnya berwarna hitam pekat, disajikan dengan irisan daging sapi, telur asin, taoge, dan sambal. Warna hitam pada kuah rawon berasal dari kluwek yang juga memberikan cita rasa khas pada hidangan ini. Rawon biasanya disajikan dengan nasi putih hangat, sehingga cocok dinikmati sebagai hidangan utama.


4. Tahu Tek

Tahu tek merupakan hidangan yang terdiri dari potongan tahu yang digoreng, kemudian disiram dengan kuah kental yang terbuat dari campuran daging sapi, udang, dan beberapa bumbu lainnya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, taoge, dan bawang goreng, memberikan perpaduan rasa yang gurih dan lezat.


5. Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah hidangan sup ayam khas Surabaya yang terkenal dengan kuahnya yang kaya rasa dan harum rempah. Daging ayam yang dimasak dalam kuah bersama dengan tambahan telur rebus, daun bawang, dan bawang goreng memberikan rasa yang lezat dan menyegarkan.


6. Tahu Campur

Tahu campur terdiri dari potongan tahu yang digoreng, disajikan dengan tambahan mie, irisan taoge, potongan kentang rebus, dan daging ayam. Semuanya disiram dengan kuah yang kaya rempah dan bumbu, serta diberi tambahan bawang goreng dan sambal untuk menambah citarasa yang lezat dan pedas.


7. Sate Klopo

Sate Klopo, atau Sate Kelapa dalam bahasa Jawa, merupakan hidangan ikonik dari Surabaya yang dapat memanjakan lidah dengan perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas yang unik. Berbeda dari sate pada umumnya, Sate Klopo dibalut dengan parutan kelapa yang telah digoreng dan dibumbui, menghasilkan tekstur renyah dan aroma yang menggoda.


Potongan daging sapi atau ayam yang empuk, dimarinasi dengan bumbu rempah-rempah khas, dibakar di atas bara api, dan disajikan dengan sambal kacang yang gurih dan pedas. Sate Klopo tak hanya memanjakan rasa, tetapi juga membawa sentuhan budaya kuliner khas Surabaya yang kaya cita rasa.


8. Sego Sambel

Sego Sambel, hidangan nasi putih dengan sambal pedas, merupakan kuliner khas Surabaya yang digemari banyak orang. Kesederhanaan sajian ini menjadi daya tarik utama, di mana nasi putih hangat dipadukan dengan sambal pedas yang kaya rasa dan lauk pauk pilihan.


Sambel pada Sego Sambel sendiri terbuat dari cabe rawit, bawang putih dan merah, tomat, dan terasi, yang kemudian diulek dan dimasak dengan minyak. Rasanya pedas, gurih, dan sedikit asam, cocok dinikmati bersama nasi putih hangat.


Lauk pauk yang biasa disajikan bersama Sego Sambel pun beragam, mulai dari tempe orek, telur dadar, ayam goreng, hingga ikan asin. Tak lupa, lalapan seperti mentimun dan kemangi menambah kesegaran pada hidangan ini.


Tips dan Trik Menikmati Kuliner Khas Surabaya

Menikmati kuliner khas Surabaya merupakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pecinta kuliner dan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Untuk memastikan pengalaman Anda lebih autentik, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan. Yuk simak berikut ini.


1. Pilih Warung atau Rumah Makan Lokal

Salah satu cara terbaik untuk menikmati kuliner khas Surabaya adalah dengan mencari warung atau rumah makan lokal yang sudah dikenal oleh penduduk setempat. Warung-warung kecil yang tersebar di berbagai sudut kota seringkali menyajikan hidangan yang lebih autentik dan berkelas dengan harga yang terjangkau. Pilih tempat yang ramai dikunjungi oleh penduduk setempat, karena ini menandakan kualitas dan kelezatan hidangan yang ditawarkan.

2. Eksplorasi Berbagai Hidangan

Surabaya terkenal dengan ragam hidangan khasnya yang menggugah selera. Jangan ragu untuk mencoba berbagai hidangan seperti Rujak Cingur, Lontong Balap, Rawon, Soto Lamongan, Tahu Tek, dan masih banyak lagi. Eksplorasi keberagaman kuliner ini akan memberikan Anda pengalaman gastronomi yang lebih berwarna dan memperkaya pengetahuan tentang kuliner Surabaya.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


3. Cicipi Kuliner di Pasar Tradisional

Pasar tradisional merupakan tempat yang ideal untuk mencicipi kuliner khas Surabaya dengan suasana yang autentik. Di pasar-pasar seperti Pasar Atom, Pasar Genteng, atau Pasar Keputran, Anda bisa menemukan berbagai jenis hidangan khas Surabaya yang disajikan secara tradisional. Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan pedagang dan mendapatkan rekomendasi kuliner terbaik.


4. Lakukan Wisata Kuliner dengan Berjalan Kaki

Salah satu cara terbaik untuk menikmati kelezatan kuliner khas Surabaya adalah dengan berjalan kaki sambil mengeksplorasi berbagai tempat makan yang ada. Anda pun bisa lebih leluasa mengeksplorasi warung-warung kecil dan menikmati suasana kota yang hidup. Selain itu, dengan berjalan kaki, Anda juga dapat mengatur tempo makan sesuai dengan selera dan menyesuaikannya dengan porsi kecil atau besar sesuai keinginan.


Bagaimana, cukup menarik bukan kuliner khas Surabaya yang telah dijelaskan di atas? Untuk mendapatkan pengalaman yang autentik, Anda bisa jelajahi warung-warung tradisional hingga lakukan wisata kuliner dengan berjalan kaki.


Namun, untuk menikmati perjalanan jauh ke Surabaya dengan lebih nyaman dan aman, rekomendasi mobil Toyota dapat menjadi pilihan yang tepat. Memiliki berbagai fitur keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan, mobil Toyota akan membuat perjalanan AutoFamily menjadi lebih menyenangkan dan lancar. 


Manfaatkan juga promo PILIH AUTO2000 untuk mendapat kesempatan undian hadiah 400 paket wisata ke berbagai destinasi mulai dari Labuan Bajo, Vietnam, Eropa, hingga Umroh. Yuk kunjungi Auto2000 dan dapatkan rekomendasi mobil Toyota untuk perjalanan jauh sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya sebagai ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.