oleholehkhassidoarjo.webp

10 Oleh-Oleh Khas Sidoarjo, Banyak Direkomendasikan!

Diterbitkan28 Mei 2024

Sidoarjo merupakan kota di Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai macam kuliner dan oleh-olehnya yang khas. Bagi para pecinta kuliner dan traveler, kota ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Banyak sekali pilihan oleh-oleh khas Sidoarjo yang bisa dibawa pulang untuk keluarga dan teman. Rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau membuat oleh-oleh dari kota ini banyak direkomendasikan orang-orang.


Dalam artikel ini, AutoFamily akan menemukan berbagai oleh-oleh khas dari kota Sidoarjo untuk dibawa pulang jika berkunjung ke kota ini. Tanpa panjang lebar lagi, simak sampai tuntas artikel di bawah ini!


Oleh-Oleh Khas Sidoarjo

Terdapat berbagai macam oleh-oleh dari Kabupaten Sidoarjo yang dapat menjadi rekomendasi untuk Anda beli. Berikut sepuluh rekomendasi oleh-olehnya.


Baca Juga: Wisata Sidoarjo yang Memikat Alam dan Budaya


1. Terasi Sidoarjo

Di Indonesia, terasi merupakan tambahan yang sering ditemukan dalam sebuah hidangan. Untuk itu, Anda harus mencoba terasi Sidoarjo yang dari terbuat udang rebon segar. Terasi ini memiliki aroma khas yang menggoda dan kelezatan yang tiada tara. Cita rasa gurihnya mampu membangkitkan selera dan membuat masakan makin terasa istimewa. Lebih dari itu, terasi ini tidak hanya cocok untuk masakan Jawa, tetapi juga cocok untuk masakan nusantara lainnya.


2. Otak-otak Bandeng

Otak-otak bandeng merupakan camilan dan lauk makan yang terbuat dari ikan bandeng halus dan dicampur bumbu rempah-rempah, kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Rasa dari makanan ini gurih dan memiliki tekstur yang lembut.

3. Bandeng Asap

Selain dijadikan otak-otak, ikan bandeng yang diasapi juga menjadi oleh-oleh khas Sidoarjo yang wajib dibawa pulang. Ikan bandeng ini diasap dengan kayu kelapa selama beberapa jam. Proses pengasapan ini menghasilkan aroma smoky yang menggoda dan rasa gurih yang meresap hingga ke dalam daging ikan. Bandeng asap Sidoarjo cocok dinikmati dengan nasi hangat dan sambal pedas, atau dicampurkan dengan hidangan lezat lainnya.


4. Kue Lumpur

Kue lumpur khas Sidoarjo memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis legit. Rasa tersebut dihasilkan dari perpaduan gula merah dan santan. Kue ini cocok dinikmati sebagai camilan saat bersantai atau hidangan penutup setelah makan.


5. Keripik Teripang

Bagi pecinta camilan unik, keripik teripang Sidoarjo menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari teripang yang diiris tipis lalu digoreng kering, keripik teripang memiliki tekstur renyah dan rasa gurih yang khas. Camilan ini kaya akan protein dan kolagen, sehingga baik untuk kesehatan.


TEMUKAN BERBAGAI KOLEKSI MOBIL BARU TOYOTA YANG BERGARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


6. Kerajinan Tempurung

Sidoarjo juga terkenal dengan kerajinan tempurungnya yang unik dan artistik. Tempurung kelapa yang biasanya dibuang dapat disulap menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang cantik dan fungsional, seperti hiasan dinding, kotak pensil, dan tempat lampu. Kerajinan tempurung Sidoarjo menjadi bukti nyata kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan kreativitas mereka dalam memanfaatkan limbah.


Baca Juga: Perpanjang SIM di Sidoarjo dengan Memahami Langkah Ini


7. Kerupuk Udang

Siapa yang tidak kenal kerupuk udang? Camilan renyah ini selalu menjadi primadona di berbagai daerah, termasuk Sidoarjo. Kerupuk udang Sidoarjo terbuat dari tepung tapioka dan udang segar pilihan, sehingga menghasilkan rasa gurih dan tekstur renyah. Kerupuk udang Sidoarjo cocok dinikmati sebagai camilan langsung, pelengkap hidangan, atau campuran bumbu rujak.


8. Wader Crispy

Wader crispy adalah oleh-oleh khas Sidoarjo yang terbuat dari ikan wader kecil yang digoreng kering. Ikan wader yang biasanya dianggap ikan liar ini diolah menjadi camilan renyah dan gurih yang kaya akan protein dan kalsium. Wader crispy Sidoarjo cocok dinikmati sebagai camilan langsung atau lauk makan pendamping.


9. Petis Udang

Petis udang Sidoarjo terbuat dari udang rebon yang difermentasi dengan gula merah, sehingga menghasilkan rasa manis yang gurih serta aroma khas yang menggoda. Petis udang ini tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga bisa dinikmati langsung dengan nasi hangat atau diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat lainnya.


10. Telur Asin

Telur asin khas Sidoarjo memiliki kuning telur yang besar dan berwarna oranye tua. Rasanya gurih dan asin yang khas, cocok dinikmati dengan nasi hangat ataupun sebagai pendamping berbagai hidangan lainnya.


Tip Berbelanja Oleh-Oleh Khas Sidoarjo

Berbelanja oleh-oleh khas Sidoarjo bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan jika AutoFamily tahu caranya. Berikut beberapa tip yang bisa diikuti untuk mendapatkan oleh-oleh yang sesuai selera.


Baca Juga: SAMSAT Keliling Sidoarjo: Perasyarat dan Jadwalnya


1. Cari Toko Oleh-Oleh Tepercaya

Di Sidoarjo, ada banyak sekali toko oleh-oleh yang menawarkan berbagai produk. Namun, pastikan Anda berbelanja di toko yang terpecaya dan memiliki reputasi baik. Toko yang sudah terkenal biasanya menjual produk dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang wajar.


2. Periksa Tanggal Kedaluarsa

Saat membeli makanan seperti kerupuk udang, petis udang, atau wader crispy, pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluarsanya. Produk dengan tanggal kedaluarsa yang lebih lama akan lebih aman untuk dibawa dalam perjalanan jauh.


DAPATKAN BERBAGAI MACAM AKSESORIS MOBIL TOYOTA YANG BERKUALITAS DI AUTO2000!


3. Cicipi Sebelum Membeli

Jika memungkinkan, cicipi produk sebelum membelinya. Banyak toko oleh-oleh di Sidoarjo yang menyediakan sampel gratis untuk dicicipi. Dengan mencicipi terlebih dahulu, Anda bisa memastikan bahwa produk yang dibeli sesuai dengan selera.


4. Beli dalam Jumlah yang Cukup

Sebelum berbelanja, buatlah daftar oleh-oleh yang ingin dibeli dan jumlahnya. Membeli dalam jumlah yang cukup akan memastikan bahwa kamu tidak kehabisan oleh-oleh untuk dibagikan kepada teman dan keluarga.

5. Bandingkan Harga

Jangan ragu untuk membandingkan harga di beberapa toko sebelum memutuskan untuk membeli. Terkadang, harga produk bisa berbeda di setiap toko, sehingga membandingkan harga bisa membantu untuk mendapatkan harga yang terbaik.


Itulah sepuluh oleh-oleh khas Sidoarjo yang banyak direkomendasikan. Dari beragamnya pilihan makanan dan produk yang unik, Anda akan menemukan sesuatu yang cocok untuk dijadikan buah tangan. Mulai dari terasi, otak-otak bandeng, hingga kerajinan tempurung yang artistik, semua oleh-oleh ini membawa keunikan dan cita rasa khas Kabupaten Sidoarjo.


Perjalanan Anda ke Sidoarjo akan makin menyenangkan dan nyaman dengan menggunakan mobil Toyota seperti Toyota Rush dan Toyota Vellfire. Mobil ini merupakan rekomendasi mobil Toyota terbaik untuk travelling nyaman karena memiliki mesin yang tangguh serta berbagai fitur yang canggih untuk memastikan keselamatan pengendara.


Kedua mobil tersebut bisa didapatkan dengan mudah di Auto2000 Digiroom, yang menawarkan berbagai pilihan mobil Toyota dengan harga dan layanan terbaik. Selain itu, Auto2000 dapat memudah Anda dalam memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan penawaran menarik, serta pelayanan after sales yang memuaskan.


Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Sidoarjo, nikmati beragam oleh-oleh khasnya, dan rasakan kenyamanan berkendara dengan mobil Toyota dari Auto2000 Digiroom!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.