wisata sidoarjo.webp

8 Wisata Sidoarjo yang Memikat Alam dan Budaya

Diterbitkan30 Apr 2024

Sidoarjo, sebuah kota yang kaya akan keindahan alam dan warisan budaya, menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, Sidoarjo menyuguhkan beragam destinasi menarik mulai dari pesona alam hingga kekayaan sejarah dan budaya yang memikat. 


Dari pantai-pantai indah yang memikat mata hingga makam-makam bersejarah yang menggugah rasa ingin tahu, Sidoarjo memiliki segala sesuatu untuk memuaskan selera petualangan Anda. Tidak lupa, kelezatan kuliner khas Sidoarjo juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mencari pengalaman kuliner yang autentik. Mari telusuri keindahan dan keunikan dari destinasi wisata Sidoarjo yang menakjubkan ini!


NIKMATI LAYANAN SERVICE BOOKING UNTUK MENJAGA KALITAS MOBIL TOYOTA ANDA BERSAMA AUTO2000 DIGIROOM!


8 Wisata Sidoarjo yang Memikat Hati 


Di Sidoarjo, AutoFamily dapat menemukan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dijadikan referensi jika Anda berkunjung ke sana. Simak di bawah sini:


1. Kampung Batik Jetis 


Sebagaimana namanya yang mencerminkan, tempat wisata yang terletak di Sidoarjo adalah daerah yang dikenal sebagai kampung yang didiami oleh masyarakat yang mahir dalam seni batik, baik sebagai pengrajin maupun penjual. 


Di sini, para pengunjung, terutama ibu-ibu, akan menemukan kepuasan yang besar dalam berbelanja kain batik dengan berbagai macam corak dan motif yang menarik. Lokasinya terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.


2. Museum Mpu Tantular 


Museum Mpu Tantular adalah destinasi edukasi sejarah dan budaya yang wajib dikunjungi bagi para penggemar pengetahuan. Karena, dengan luas 3,3 hektare, museum ini merupakan salah satu yang tertua di Jawa Timur, berdiri sejak 1937. 


Dipindahkan beberapa kali karena koleksi yang terus bertambah, kini museum ini tetap berada di Jln. Buduran Sidoarjo. Dalam museum ini, Anda akan menemukan beragam artefak antik yang terawat dengan baik, termasuk artefak kerajaan, numismatika, geologi, etnografi, dan biologi.


Baca Juga : 10 Wisata Sumedang yang Harus Dikunjungi


3. Candi Pari 


Berdekatan dengan semburan lumpur Lapindo, terletak Candi Pari, sebuah peninggalan megah dari masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Keunikan candi ini terletak pada perpaduan gaya arsitektur Candi Khamer dari Burma dan Candi Champa dari Thailand. Pengunjung dapat menikmati atmosfer religius Hindu sambil menjelajahi sejarah Majapahit melalui berbagai arca yang terdapat di dalamnya, seperti Arca Argastya, Siwa Mahadewa, dan Arca Ganesha.


Candi Pari menjadi tempat yang menyediakan pengalaman spiritual dan sejarah yang mendalam bagi para pengunjung, sambil menawarkan keindahan arsitektur yang unik. Keberadaannya tidak hanya sebagai bagian dari warisan budaya, tetapi juga sebagai penanda penting dari masa kejayaan kerajaan yang perlu dilestarikan dan diapresiasi oleh generasi masa kini.


4. Wisata Kali Porong 


Sidoarjo terkenal sebagai Kota Delta karena dilewati dua sungai besar, yaitu Kali Porong dan Kali Mas. Kali Porong kini tidak hanya berperan sebagai penopang kegiatan masyarakat, tetapi juga menjadi tujuan wisata yang menarik. Pengunjung dapat menikmati panorama sungai, melakukan kegiatan memancing, dan menjelajahi hingga ke Pulau Sarinah di muaranya.


Selain itu, wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan di sepanjang aliran sungai. Di samping itu, terdapat pula wisata buaya yang aman untuk dikunjungi, dengan kehadiran pawang buaya yang menjaga keamanan pengunjung.


5. Alas Prambon 


Bagi orang tua yang ingin berlibur bersama anak-anak, Alas Prambon di Sidoarjo adalah destinasi yang sangat tepat. Tempat ini tidak hanya sekadar taman rekreasi biasa, tetapi juga merupakan tempat wisata edukasi yang dilengkapi dengan beragam fasilitas outbound yang cocok untuk anak-anak dari segala usia.


Dari permainan spider web hingga flying fox, semua aktivitas di Alas Prambon dipandu oleh instruktur profesional yang terlatih, sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan aman bagi anak-anak. Ini adalah tempat yang ideal bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama sambil belajar dan bermain di alam terbuka.


6. Monumen Jayandaru 


Destinasi wisata menarik lainnya di Sidoarjo adalah Monumen Jayandaru, yang saat ini sedang menjadi pusat perhatian. Melalui desain yang unik dan khas, monumen ini menarik perhatian pengunjung dari berbagai kalangan. Tingginya mencapai sekitar 25 meter, monumen ini dipenuhi dengan berbagai ornamen yang menggambarkan kekayaan budaya dan kearifan lokal masyarakat Sidoarjo. 


Keberadaan Monumen Jayandaru tidak hanya sebagai objek wisata, tetapi juga sebagai simbol kebanggaan bagi penduduk setempat serta penanda penting dari warisan budaya yang harus dijaga dan dihargai.


Baca Juga : 5 Wisata Wonogiri yang Seru dan Menyenangkan


7. Pantai Kepetingan 


Pantai Kepetingan di desa Sawohan, Buduran Sidoarjo, menawarkan pengalaman alam yang mirip dengan menyusuri sungai di pedalaman Kalimantan. Kampung ini terisolasi di antara tambak dan hutan bakau, menciptakan suasana yang tenang dan alami bagi pengunjungnya. Selain menjadi tempat wisata alam, Kepetingan juga menjadi pusat kegiatan budaya dan religi.


Di sini, pengunjung dapat menyaksikan upacara Nyadran dan berziarah ke makam Putri Ayu Dewi Sekardadu, yang merupakan ibu Sunan Giri. Tradisi sedekah laut dan larung saji sering dilakukan menjelang bulan Ramadan sebagai ungkapan syukur atas melimpahnya rezeki. Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu juga menjadi tujuan wisata religi yang populer di Jawa Timur, menarik banyak ziarah dari berbagai daerah.


DAPATKAN KUPON SERVICE MENGUNTUNGKAN UNTUK MOBIL TOYOTA ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM


8. Alun-alun dan Monumen Sidoarjo 


Alun-alun di pusat kota Sidoarjo selalu ramai oleh warga yang mencari hiburan akhir pekan atau liburan. Taman yang terawat dengan baik dan pohon palem raja yang menjulang tinggi menciptakan suasana yang nyaman untuk bersantai dan beraktivitas. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan mulai dari olahraga, jogging, hingga menikmati kuliner khas Sidoarjo yang tersedia di sekitar area. 


Selain itu, kereta kuda juga tersedia untuk berkeliling sambil menikmati keindahan taman. Momen berharga juga dapat diabadikan dengan berfoto di Monumen Jayandaru tanpa biaya masuk, hanya dengan membayar biaya parkir yang terjangkau.


Melalui beragam destinasi menarik yang telah dijelajahi di Sidoarjo, pengalaman wisata yang tak terlupakan telah tercipta. Mulai dari keindahan alam pantai hingga kekayaan budaya dan sejarah yang memikat, Sidoarjo memang memiliki daya tarik yang unik bagi para pengunjung. Namun, untuk menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan, penting untuk memiliki kendaraan yang andal dan aman. 


Dalam hal ini, layanan rekomendasi mobil touring terbaik Toyota yang tersedia di Auto2000 Digiroom dapat menjadi solusi yang tepat. Melalui berbagai pilihan mobil berkualitas dan layanan yang profesional, Anda dapat menjelajahi keindahan Sidoarjo dengan lebih lancar dan mengesankan. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan petualangan Anda selanjutnya dan nikmati setiap momen indah bersama Toyota dan Auto2000 Digiroom!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.