oleh oleh khas semarang.webp

14 Oleh Oleh Khas Semarang, Wajib Dibawa Pulang Saat Mudik!

Diterbitkan25 Jun 2024

Semarang, sebuah kota yang tak hanya terkenal dengan pesonanya yang memikat, tetapi juga dengan kelezatan ragam kuliner dan oleh-olehnya yang khas. Saat memutuskan untuk berlibur ke kota ini, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk membawa pulang oleh-oleh khasnya yang tak kalah menarik dari tempat-tempat wisata yang ada. Dari jajanan tradisional hingga produk-produk unik, pilihan oleh-oleh khas Semarang pastinya akan memanjakan lidah keluarga di rumah.


Melalui rekomendasi oleh-oleh khas Semarang ini, AutoFamily dapat membawa pulang potongan kecil dari kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki kota ini. Jadi, bagi Anda yang akan mengunjungi Semarang untuk liburan atau mudik, pastikan untuk menyempatkan diri mencicipi dan membeli beberapa oleh-oleh khasnya. Langsung saja simak rekomendasi selengkapnya di bawah ini!


14 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Harus Anda Beli

Mengunjungi Semarang, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan budaya, tak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khasnya. Berikut adalah 10 oleh-oleh khas Semarang yang harus AutoFamily beli saat berkunjung ke kota ini:


1. Lumpia Semarang

Lumpia adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang menjadi ikon dari kota ini. Dibuat dengan kulit lumpia yang tipis dan diisi dengan campuran rebung, daging ayam, udang, dan telur, lumpia Semarang menawarkan cita rasa yang lezat dan tekstur yang renyah. Kelezatan lumpia Semarang tidak hanya diakui oleh penduduk lokal, tetapi juga oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Karena kesegaran isian dan keistimewaan rasanya, lumpia Semarang menjadi pilihan oleh-oleh yang wajib dibeli bagi Anda yang mengunjungi kota ini.


2. Kue Moci

Kue moci adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota ini. Kue yang terbuat dari tepung ketan berisi pasta kacang hijau ini sangat populer di kalangan wisatawan maupun penduduk lokal. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang. Kue moci ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman, karena selain enak juga memiliki daya tahan yang cukup lama.


CEK PROMO MENARIK UNTUK MOBIL TOYOTA DAN DAPATKAN PENAWARAN SPESIAL UNTUK PEMBELIAN MOBIL BARU DI AUTO2000 DIGIROOM!


3. Bandeng Presto

Bandeng presto adalah salah satu oleh-oleh yang terkenal akan kelembutannya. Ikan bandeng yang dipresto ini mengalami proses memasak bertekanan tinggi sehingga dagingnya menjadi sangat lembut dan mudah dipisahkan dari tulangnya. Proses presto ini menjadikan ikan bandeng memiliki tekstur yang unik dan cita rasa yang khas. Bandeng Presto biasanya disajikan dalam keadaan utuh, dengan kulit yang masih melekat sehingga tetap mempertahankan penampilan aslinya.


Baca Juga: 10 Wisata Kuliner Khas Semarang, Wajib Dicoba!


4. Batik Khas Semarang

Batik Semarang memang tidak memiliki motif yang baku seperti batik dari daerah-daerah lain di Indonesia. Namun, keunikan batik ini dapat dikenali dari pemakaian motif yang naturalis dan realistis, yang sering menggambarkan elemen alam atau kehidupan sehari-hari. Misalnya, burung merak yang melambangkan keindahan dan perlindungan keluarga, serta bangau yang menjadi simbol panen dan kemakmuran. Keberagaman motif ini mencerminkan kekayaan budaya dan alam Semarang.


Selain motif yang naturalis, ciri khas lain dari batik Semarang adalah penggunaan warna yang cerah dan mencolok. Warna-warna cerah seperti merah, oranye, ungu, dan biru seringkali mendominasi batik-batik khas Semarang. 


5. Wingko Babat

Wingko babat adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota ini. Kue tradisional yang terbuat dari campuran kelapa parut, gula, tepung beras, dan santan ini memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang kenyal. Selain rasanya yang lezat, wingko babat juga memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga dan teman. Kemasannya yang praktis membuatnya mudah untuk dibawa pulang dan dinikmati di rumah. 


6. Kerajinan Eceng Gondok

Salah satu keunikan yang menjadi ciri khas Semarang adalah kerajinan eceng gondok. Eceng gondok, yang merupakan tanaman air yang tumbuh subur di sekitar sungai dan danau, diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan yang menarik. Mulai dari tas, tempat penyimpanan, hingga dekorasi rumah, kerajinan eceng gondok ini menampilkan keindahan alam Semarang dalam bentuk yang unik dan ramah lingkungan.


Baca Juga: Menikmati Keindahan Alam Semarang: Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Terbaik


7. Rempeyek Kacang Hijau

Rempeyek kacang hijau adalah salah satu oleh-oleh khas yang patut Anda coba dan bawa pulang saat berkunjung ke kota ini. Rempeyek ini terbuat dari kacang hijau yang dibalut dengan adonan tepung beras yang diberi rempah-rempah, kemudian digoreng hingga menjadi renyah dan gurih. Rasa gurih dari kacang hijau yang dipadu dengan rempah-rempah khas Semarang menjadikan rempeyek ini memiliki cita rasa yang khas dan cocok sebagai camilan atau teman makan nasi.


JADWALKAN TEST DRIVE ANDA SEKARANG DI AUTO2000 DIGIROOM! NIKMATI KEMUDAHAN DAN KENYAMANAN DALAM MENENTUKAN PILIHAN MOBIL ANDA


8. Kue Sarang Madu

Kue ini terbuat dari campuran tepung beras atau tepung ketan yang dicampur dengan santan dan bahan-bahan lainnya, kemudian digoreng dengan teknik khusus hingga membentuk struktur yang mirip sarang. Cita rasa dari kue ini sangatlah istimewa, dengan perpaduan manis gurih yang khas serta tekstur yang sangat renyah. Nama sarang madu sendiri menggambarkan secara visual bentuk kue yang menyerupai sarang burung, sementara warna gula yang membentuk lapisan luar kue yang kering memiliki tampilan yang mirip dengan madu.


9. Kopi Semarang

Walaupun belum terlalu dikenal seperti kopi Aceh, namun kopi Semarang memiliki keunikan dan cita rasa yang tak kalah menggoda. Kopi Semarang dikenal akan keharuman biji kopi dan memiliki rasa yang kaya, membuat kopi yang satu ini diminati sebagai oleh-oleh khas Semarang bagi pecinta kopi. Tersedia dalam berbagai varian, kopi Semarang menawarkan berbagai pilihan bagi Anda penikmat kopi untuk menyesuaikan dengan preferensi rasanya.


10. Roti Gambang

Roti ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan gula, telur, dan mentega, kemudian dibentuk seperti batang dengan permukaan yang dihiasi dengan taburan wijen di atasnya. Proses pembuatannya yang cermat dan tradisional memberikan roti ini tekstur yang lembut di dalam namun renyah di luar. Nama gambang sendiri diambil dari alat musik tradisional Jawa yang mirip dengan bentuk roti ini. 


11. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel, kudapan khas Semarang ini bukan sekadar roti biasa. Di balik teksturnya yang empuk dan rasa manisnya yang khas, terdapat keunikan rasa dan makna yang menjadikannya ikon kuliner dan oleh-oleh khas Semarang yang digemari banyak orang.


Bentuknya yang memanjang menyerupai bantalan rel kereta api menjadi ciri khas yang membedakannya dari roti pada umumnya. Hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari klasik manis, coklat, keju, hingga abon, Roti Ganjel Rel menawarkan kelezatan yang disukai semua kalangan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk menjadikannya camilan favorit untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.


12. Tahu Bakso Bu Pudji

Tahu Bakso Bu Pudji bukan sekadar tahu bakso biasa. Di balik kelezatannya yang melegenda, terdapat keunikan rasa dan tekstur yang menjadikannya ikon kuliner dan oleh-oleh khas Semarang yang digemari banyak orang. Perpaduan rasa gurih tahu dan bakso sapi yang empuk menghasilkan sensasi rasa yang tak terlupakan. Bumbu yang meresap sempurna dan teksturnya yang kenyal-kenyal membuat Tahu Bakso Bu Pudji digemari oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.


13. Brillian Super Cake

Brillian Super Cake bukan sekadar kue biasa. Di balik kelembutan dan kelezatannya yang tak terlupakan, terdapat keunikan rasa dan tekstur yang menjadikannya ikon kuliner dan oleh-oleh khas Semarang yang digemari banyak orang.

Kue ini terkenal dengan teksturnya yang sangat lembut dan rasa manisnya yang pas. Perpaduan rasa vanilla dan cokelat yang meresap sempurna menghasilkan sensasi rasa yang tak terlupakan. Brillian Super Cake menjadi favorit semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.


14. Lontong Spekkoek

Buat AutoFamily yang baru pertama mendenganya, mungkin terbayang kalau makanan ini adalah sejenis makanan berat atau utama seperti hidangan lontong lainnya. Namun, Lontong Spekkoek sejatinya adalah kue sejenis lapis legit.

Lontong Spekkoek bukan sekadar kue biasa. Di balik teksturnya yang lembut dan rasa manis gurihnya yang khas, terdapat keunikan rasa dan perpaduan budaya yang menjadikannya ikon kuliner dan oleh-oleh khas Semarang.


Lontong Spekkoek menawarkan perpaduan rasa manis dari spekkoek yang legit dan gurih. Perpaduan rasa ini menghasilkan sensasi kuliner yang tak terlupakan dan digemari oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.


Berdasarkan rekomendasi oleh-oleh khas Semarang di atas, dapat disimpulkan bahwa kota Semarang merupakan tempat yang kaya akan ragam kuliner dan produk lokal yang unik. Setiap oleh-oleh tidak hanya sekadar suvenir, tetapi juga membuka wawasan akan kekayaan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Semarang. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Semarang, jangan lewatkan untuk membawa pulang oleh-oleh khasnya sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan dari perjalanan Anda.


Jika AutoFamily menginginkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan ke Semarang dan destinasi lainnya, segera rencanakan petualangan Anda sekarang juga! Dapatkan mobil untuk perjalanan jauh dari Toyota yang andal dan nyaman di Auto2000 Digiroom. Jelajahi berbagai pilihan mobil Toyota yang tersedia, sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran perjalanan Anda. Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang dan mulailah merencanakan petualangan AutoFamily dengan nyaman dan aman!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya sebagai ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.