kuliner khas semarang.webp

14 Wisata Kuliner Khas Semarang, Wajib Dicoba!

Diterbitkan29 Mei 2024

Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah, adalah surganya bagi para pecinta kuliner. Dari hidangan tradisional hingga makanan modern yang menggugah selera, Semarang menawarkan ragam kuliner yang tak bisa dilewatkan. Jika AutoFamily seorang pecinta kuliner, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi 14 wisata kuliner khas Semarang yang akan menambah pengalaman berkesan.


Dari jajanan kaki lima hingga restoran mewah, Semarang menyajikan aneka kuliner yang menggugah selera. Mulai dari soto yang gurih dengan bumbu rempahnya yang khas hingga lumpia yang renyah dan lezat, setiap hidangan di kota ini memiliki cerita dan cita rasa tersendiri. Simaklah daftar 10 destinasi kuliner wajib di Semarang yang tidak boleh AutoFamily lewatkan!


Wisata Kuliner Khas Semarang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kota ini memiliki warisan kuliner yang kaya, mencerminkan campuran dari berbagai budaya yang berkembang di sini selama bertahun-tahun. Berikut adalah 14 destinasi kuliner khas Semarang yang wajib dicoba:


1. Lumpia Semarang 

Kuliner khas Semarang yang pertama adalah lumpia Semarang. Lumpia ini tidak hanya merupakan camilan yang populer di kalangan wisatawan, tetapi juga memiliki cerita sejarah yang menarik di baliknya. Terinspirasi dari lumpia yang dibawa oleh para imigran Tionghoa pada abad ke-19, lumpia Semarang kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner kota ini. Tekstur kulit lumpia yang renyah dan isian yang beragam, seperti rebung, wortel, daging ayam, dan udang, merupakan perpaduan harmonis.


2. Soto Bangkong 

Soto bangkong adalah salah satu hidangan soto paling terkenal di Semarang, yang terkenal dengan kuahnya yang kental dan beraroma rempah yang khas. Resep makanan khas yang telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi menjadikan soto ini memiliki cita rasa yang autentik dan khas. 


Potongan daging ayam yang lembut, suwiran telur, serta taburan bawang goreng dan daun seledri menjadi tambahan yang sempurna untuk melengkapi hidangan ini. Soto bangkong bukan hanya sekadar hidangan hangat untuk menghangatkan perut, tetapi juga merupakan bagian dari warisan kuliner yang patut dijaga dan dinikmati.

3. Nasi Gandul 

Nasi gandul adalah kuliner khas Semarang berupa hidangan nasi yang kaya akan cita rasa dan aroma rempah. Kuah kental yang menyelimuti potongan daging sapi atau ayam, telur rebus, taoge, dan emping goreng memberikan sentuhan lezat pada hidangan ini. Proses memasaknya yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan teknik memasak yang khusus membuat nasi gandul sebagai hidangan yang istimewa dan menjadi favorit di antara masyarakat Semarang.


TEMUKAN MOBIL BARU TOYOTA YANG SESUAI KEINGINAN DAN KEBUTUHAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


4. Tahu Gimbal 

Tahu gimbal merupakan salah satu camilan favorit yang selalu ramai dicari oleh para pengunjung. Terbuat dari tahu goreng yang dipadu dengan taoge, lontong, dan petis sebagai sausnya, Tahu gimbal menawarkan cita rasa gurih dan pedas yang melekat di lidah. Kelezatan tahu gimbal tidak hanya terletak pada paduan rasa yang unik, tetapi juga pada tekstur tahu yang renyah dan taoge yang segar, memberikan pengalaman menyantap yang memuaskan.


5. Es Campur 

Es campur adalah minuman segar yang cocok dinikmati di cuaca panas. Campuran buah-buahan segar, agar-agar, jelly, dan es serut yang disiram dengan sirup gula merah atau susu kental manis memberikan sensasi segar dan manis yang menyegarkan. Kombinasi berbagai tekstur dan rasa dalam satu gelas menjadikan Es campur sebagai pilihan minuman yang sempurna untuk menutup acara santap Anda.


6. Mi Kopyok 

Mi kopyok adalah kuliner khas Semarang yang memiliki ciri khas pada kuahnya yang kental dan gurih. Mi tipis yang direbus dengan baik disajikan dengan kuah yang berisi potongan daging sapi dan irisan tahu yang lembut. Hidangan ini biasanya ditaburi dengan bawang goreng dan seledri cincang untuk memberikan tambahan aroma dan cita rasa yang lezat.

Manfaatkan promo PILIH AUTO2000 untuk mendapat kesempatan undian hadiah 400 paket wisata ke berbagai destinasi mulai dari Labuan Bajo, Vietnam, Eropa, hingga Umroh.


7. Tahu Pong 

Tahu Pong merupakan salah satu camilan favorit di kota Semarang. Tahu yang digoreng hingga berwarna kecokelatan dan berongga atau kosong di dalamnya memberikan sensasi renyah di setiap gigitannya. Tahu Pong biasanya disajikan dengan saus kacang atau sambal sebagai pelengkapnya, menambah cita rasa yang nikmat. Paduan antara tahu yang renyah dan saus yang khas membuat Tahu Pong menjadi camilan yang sangat diminati oleh masyarakat Semarang dan para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.


8. Sego Kucing 

Sego kucing adalah hidangan nasi dalam porsi kecil yang biasanya disajikan dengan lauk-pauk beragam. Meskipun disajikan dengan porsi kecil, namun hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya dan menggugah selera. Lauk-pauk seperti ayam suwir, telur dadar, tempe goreng, dan sambal menjadi paduan yang sempurna untuk dinikmati bersama nasi kecil ini. Hidangan ini biasanya dijual di angkringan yang dapat Anda temukan di setiap sudut jalan kota Semarang.


9. Bandeng Presto Semarang 

Bandeng presto Semarang adalah hidangan ikan bandeng yang dimasak dengan metode presto sehingga dagingnya menjadi lembut dan mudah dipisahkan dari tulangnya. Kemudian ikan ini digoreng hingga garing dan disajikan dengan sambal dan lalapan. Proses memasak yang khusus membuat kuliner khas Semarang satu ini sebagai hidangan yang istimewa dan patut dicoba.


JADWALKAN TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA DENGAN MUDAH HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


10. Garang Asem

Garang asem adalah salah satu hidangan khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta kuliner. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan memikat, serta menjadi salah satu warisan kuliner yang turun-temurun di kota Semarang. Garang asem adalah semacam gulai dengan kuah yang asam, dibuat dari campuran bumbu rempah khas Jawa Tengah seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan daun salam. 


Dalam hidangan ini, biasanya digunakan potongan daging ayam, tetapi ada pula yang menggunakan ikan, daging sapi, atau udang sebagai bahan utamanya. Garang asem biasanya disajikan dengan nasi hangat, membuatnya menjadi hidangan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.


11. Babat Gongso

Kalau bicara soal kuliner khas atau bahkan legendaris dari Semarang, maka hampir tidak mungkin tidak membahas makanan satu ini. Babt gongso merupakan kuliner dengan bahan utama babat atau bahan lambung sapi yang ditumis atau gongso dalam bahasa Semarang. Kuliner satu ini menawarkan cita rasa yang kuat serta kaya dengan bumbu dari rempah-rempah yang meresap sempurna.


12. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel atau dikenal juga sebagai Roti Gambang merupakan roti dengan sejarah nama yang unik. Pada awalnya, roti ini merupakan roti yang sering disantap oleh orang Belanda saat sarapan. Namun, karena bentuknya menyerupai rel, maka roti ini dinamakan Roti Ganjel Rel.


Selain dari bentuknya, yang membuat roti ini istimewa adalah aroma kayu manisnya yang dapat menggunggah selera makan siapapun yang menciumnya.


13. Mie Kopyok

Kalau AutoFamily mencari hidangan yang cocok disantap saat cuaca dingin, maka Mie Kopyok bisa menjadi pilihan yang tepat. Kuliner ini merupakan kuliner dengan bahan utama bakmie yang disiram air panas dan kemudian ditambahnkan daging dan tetelan sapi.


14. Pisang Plenet

Walau kuliner satu ini tidak sepopuler makanan lainnya di daftar ini, Pisang Plenet bisa menjadi pilihan yang cocok apalagi jika Anda adalah penggemar makanan olahan pisang.


Pisang Plenet adalah hidangan yang terbuat dari pisang kepok yang dibakar hingga kecoklatan yang kemudian dipipihkan. Kemudian pisang akan diberikan margarin dan taburan cokelat, meses, selai nanas, atau gula bubuk sesuai selera Anda. Pisang ini bisa menjadi pilihan makanan penutup atau sekedar camilan saat Anda berkunjung ke Semarang.


Dari 10 rekomendasi kuliner khas Semarang di atas, jelas tergambar bahwa kota ini menawarkan ragam hidangan yang menggugah selera dari mulai camilan tradisional hingga makanan berat yang lezat. Melalui panduan di atas, Anda dapat merasakan kekayaan kuliner Semarang dan membawa pulang kenangan tak terlupakan dari kota ini.


Setelah mengetahui berbagai kuliner khas Semarang yang menggugah selera, pastikan perjalanan AutoFamily lancar dan nyaman dengan kendaraan yang tepat. Jelajahi Auto2000 Digiroom untuk menemukan rekomendasi mobil Toyota terbaik untuk travelling nyaman. Dilengkapi fitur-fitur canggih dan desain yang elegan, mobil-mobil Toyota memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan. 


Temukan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi AutoFamily sehingga dapat menjelajahi destinasi kuliner dan tempat wisata Semarang dengan penuh kenikmatan. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menemukan mobil Toyota impian Anda di Auto2000 Digiroom sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar hanya sebagai ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.