oleh oleh khas samarinda.webp

12 Oleh-Oleh Khas Samarinda, Wajib Dibeli Saat Liburan!

Diterbitkan28 Mei 2024

Saat berlibur ke Samarinda, jangan lewatkan untuk menjelajahi pesona kota ini yang kaya akan budaya dan kuliner. Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi keunikan oleh-oleh khas Samarinda. 


Dari wisata alam hingga ragam kuliner tradisionalnya, Samarinda menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi AutoFamily. Tentu saja, oleh-oleh khas Samarinda menjadi bagian tak terpisahkan dari liburan Anda di sini. Jika memerlukan rekomendasi oleh-oleh Samarinda, Anda bisa simak di bawah ini.


12 Oleh-Oleh Khas Samarinda

Berkunjung ke Samarinda tak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas yang menjadi ciri khas kota ini. Dari jajanan khas hingga kerajinan tangan, ada begitu banyak pilihan yang menarik untuk dijadikan kenang-kenangan atau sebagai hadiah bagi keluarga dan teman. Mari jelajahi beberapa jenis oleh-oleh khas Samarinda yang tak boleh Anda lewatkan:


Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi


1. Manisan Sarang Walet

Salah satu oleh-oleh paling terkenal dari Samarinda adalah manisan sarang walet. Manisan ini terbuat dari sarang burung walet yang dipadukan dengan berbagai macam bahan seperti madu, gula, dan rempah-rempah. Proses pembuatannya yang rumit dan kualitasnya yang tinggi menjadikan manisan sarang walet ini sangat diminati oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas dari Samarinda.

2. Kerajinan Tangan Rotan

Samarinda terkenal dengan kerajinan tangan dari rotan yang indah dan berkualitas tinggi. Dari tas, tempat penyimpanan, hingga kursi dan meja, kerajinan tangan rotan dari Samarinda memiliki ciri khas yang unik dan bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang istimewa. Setiap potongan rotan ditenun dengan teliti oleh para perajin lokal, menciptakan produk yang tahan lama dan cantik secara estetika.


3. Kue Lumpur

Kue lumpur adalah salah satu jajanan tradisional yang menjadi favorit di Samarinda. Terbuat dari tepung beras, gula merah, kelapa parut, dan bahan lainnya, kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang khas. Biasanya dibungkus dalam daun pisang, kue lumpur menjadi oleh-oleh yang sempurna untuk dinikmati sebagai camilan atau dijadikan sebagai oleh-oleh bagi kerabat di rumah.


DAFTAR BENGKEL DAN DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT DAPAT ANDA TEMUKAN DI AUTO2000 DIGIROOM! 


4. Ikan Teri Asin

Samarinda terletak di tepi Sungai Mahakam yang kaya akan sumber daya alam, termasuk ikan teri. Ikan teri asin adalah oleh-oleh khas yang sangat populer di Samarinda. Terbuat dari ikan teri yang diasinkan dengan garam dan dibungkus dalam daun pisang, ikan teri asin ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Sangat cocok untuk dinikmati sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai oleh-oleh bagi pecinta makanan laut.


Baca Juga: Informasi Tarif Tol Samarinda-Balikpapan - Auto2000


5. Tenun Samarinda

Tenun Samarinda adalah salah satu kekayaan budaya yang harus Anda pertimbangkan sebagai oleh-oleh khas dari kota ini. Tenun Samarinda terkenal karena motifnya yang kaya dan warna yang cerah. 


Dibuat dengan teknik tradisional yang rumit, tenun Samarinda menjadi simbol dari keindahan dan keberagaman budaya Kalimantan Timur. Dengan membawa pulang tenun Samarinda, Anda tidak hanya membawa pulang sebuah kain, tetapi juga potongan sejarah dan keindahan budaya Samarinda.


6. Kerupuk Kuku Macan

Kerupuk khas Samarinda ini terbuat dari campuran tepung tapioka, udang, dan rempah-rempah pilihan yang kemudian digoreng hingga renyah. Bentuknya yang menyerupai kuku macan menjadi ciri khasnya. Kerupuk ini sangat populer sebagai oleh-oleh karena rasa gurihnya yang menggugah selera.


7. Kain Sutra Samarinda

Kain sutra Samarinda adalah produk tekstil mewah yang terbuat dari serat sutra berkualitas tinggi. Dikenal karena motifnya yang indah dan elegan, kain sutra Samarinda seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh istimewa untuk acara-acara penting seperti pernikahan atau ulang tahun.

8. Tape Singkong

Tape singkong merupakan camilan tradisional yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Biasanya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil dan memiliki rasa manis serta sedikit beralkohol. Tape singkong Samarinda terkenal akan teksturnya yang lembut dan rasa yang unik, membuatnya menjadi oleh-oleh yang disukai banyak orang.


9. Kerajinan Tangan Batik

Batik bukan hanya milik Jawa, tetapi juga merupakan warisan budaya yang dimiliki Samarinda. Kerajinan tangan batik Samarinda memiliki motif dan warna yang khas, mencerminkan keindahan alam dan kearifan lokal. Jika memilih batik Samarinda sebagai oleh-oleh, Anda tidak hanya membawa pulang produk berkualitas tinggi, tetapi juga mendukung keberlangsungan warisan budaya lokal.


10. Keripik Sanjai

Keripik sanjai adalah camilan khas Samarinda yang terbuat dari pisang yang dipotong tipis dan kemudian digoreng hingga kering. Rasanya yang manis dengan sedikit rasa gurih membuatnya sangat disukai oleh banyak orang. Keripik sanjai biasanya disajikan dalam kemasan yang menarik dan cocok sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada teman dan keluarga.


DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


11. Kacang Mede Goreng

Kacang mede goreng merupakan salah satu oleh-oleh favorit dari Samarinda. Kacang mede yang diolah dengan cara digoreng hingga renyah memberikan sensasi rasa yang gurih dan lezat. Biasanya disajikan dalam kemasan yang praktis, kacang mede goreng ini cocok sebagai oleh-oleh untuk dinikmati saat bersantai di rumah atau sebagai oleh-oleh bagi kerabat dan teman.


12. Kulit Kerang Ajaib

Kulit kerang ajaib adalah oleh-oleh unik yang terbuat dari kerang yang diambil dari Sungai Mahakam. Setelah kerang diproses dengan teknik khusus, kulit kerang tersebut menjadi karya seni yang menawan. 


Memiliki motif yang indah dan keunikan bahan baku, kulit kerang ajaib menjadi pilihan oleh-oleh yang istimewa dan berkesan bagi para pengunjung yang ingin membawa pulang potongan khas dari Samarinda.


Baca Juga: Dealer dan Bengkel Toyota di Samarinda


Tersedia begitu banyak pilihan oleh-oleh khas Samarinda, pastikan AutoFamily tidak melewatkan kesempatan untuk membawa pulang potongan-potongan keindahan dan kelezatan dari kota ini. Mulai dari manisan sarang walet yang eksotis hingga kerajinan tangan batik yang memesona, setiap oleh-oleh memiliki cerita dan keunikan tersendiri yang akan membuat liburan Anda makin berkesan.


Ketika Anda sudah puas menjelajahi kekayaan kota Samarinda, jangan lupa untuk mempersiapkan perjalanan pulang yang nyaman dan aman. Pilih mobil Toyota yang kuat untuk perjalanan jauh dari Auto2000, sehingga Anda bisa kembali ke rumah dengan tenang dan tanpa khawatir. 


Tersedia mobil Toyota Innova Zenix, Toyota Avanza, hingga Toyota Raize, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.