oleh oleh khas malang.webp

Menikmati Keunikan dan Kelezatan Oleh-Oleh Khas Malang

Diterbitkan25 Jun 2024

Mengunjungi Malang tidak lengkap tanpa mencicipi oleh-oleh khasnya yang unik dan lezat. Kota ini memang terkenal dengan beragam kuliner dan oleh-oleh khas Malang yang menggoda selera. Dari kue tradisional yang lezat hingga suvenir khas yang unik, Malang menyajikan berbagai pilihan untuk memanjakan wisatawan. 


Dalam panduan ini, Auto2000 akan menjelajahi keunikan dan kelezatan oleh-oleh khas Malang yang pasti akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi setiap pengunjung. Yuk langsung simak saja rekomendasi oleh-oleh Malang yang bisa AutoFamily beli di bawah ini. 


Kelezatan Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Dicoba

Kelezatan oleh-oleh khas Malang tidak hanya lezat dan unik, tetapi juga membawa aroma dan cita rasa yang menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner daerah ini. Dari buah-buahan segar hingga kue tradisional yang lezat, Malang memiliki banyak pilihan oleh-oleh yang siap memanjakan setiap pengunjungnya. Mari eksplor rekomendasi oleh-olehnya berikut ini. 


1. Apel Malang

Malang dikenal sebagai surganya buah apel di Indonesia, dengan varietas yang khas dan manis. Apel Malang adalah salah satu oleh-oleh yang paling terkenal dari kota ini. Dipetik dari kebun-kebun di sekitar Malang, apel-apel ini memiliki rasa yang segar dan renyah. Apel Malang sering diolah menjadi berbagai produk seperti jus, keripik, atau bahkan kue.


2. Keripik Buah Malang

Keripik buah Malang adalah oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota ini. Dibuat dari berbagai buah-buahan segar seperti apel, jeruk, dan pisang, keripik ini memiliki rasa manis alami dan kriuk yang lezat. Proses penggorengannya yang hati-hati menjaga kelezatan buah-buahan asli, menjadikannya pilihan camilan yang sempurna untuk dibawa pulang atau dinikmati selama perjalanan.


Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Alam Malang yang Menarik Dikunjungi


3. Cokelat Khas Malang

Cokelat dari Malang memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dari cokelat lainnya. Dibuat dengan menggunakan bahan-bahan pilihan dan teknik pembuatan yang teruji, cokelat khas Malang menawarkan cita rasa yang kaya dan lezat. Memiliki berbagai varian mulai dari cokelat susu, dark chocolate, hingga cokelat dengan tambahan buah-buahan kering atau rempah-rempah lokal, setiap gigitannya memanjakan lidah dengan kelezatan yang menggoda.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

4. Bakpia

Bakpia adalah oleh-oleh tradisional yang tidak hanya populer di Yogyakarta, tetapi juga di Malang. Terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan isian seperti kacang hijau atau kacang tanah, bakpia memiliki tekstur yang lembut dan manis. Dalam versi khas Malang, bakpia seringkali memiliki rasa yang lebih gurih dan aroma yang khas, membuatnya menjadi oleh-oleh favorit bagi banyak pengunjung.


5. Kue Lapis

Kue lapis merupakan salah satu oleh-oleh klasik dari Malang yang selalu menjadi favorit. Terdiri dari lapisan-lapisan yang tipis dan lembut, kue ini biasanya dibuat dari campuran tepung terigu, santan, gula, dan pewarna alami. Setiap lapisannya memiliki tekstur yang unik dan rasa yang lezat, seringkali disajikan dalam berbagai varian seperti pandan, cokelat, atau bahkan keju. 


6. Pia Cap Mangkok

Pia Cap Mangkok, oleh-oleh khas Malang yang terkenal dengan keunikannya, menawarkan perpaduan rasa, tekstur, dan sejarah yang istimewa. Bentuknya yang menyerupai mangkok, isian kacang hijau yang padat dan manis legit, serta resep turun-temurun sejak tahun 1959 menjadikannya legenda kuliner Malang. Tak hanya itu, Pia Cap Mangkok terus berinovasi dengan berbagai rasa kekinian dan dikemas dalam kotak yang cantik, menjadikannya pilihan tepat untuk oleh-oleh atau hadiah.


7. Malang Strudel

Malang Strudel, sajian pastry renyah dengan isian buah-buahan segar, telah menjadi primadona oleh-oleh khas Malang. Keunikannya terletak pada perpaduan cita rasa lokal dan sentuhan Eropa yang istimewa.


Malang Strudel menawarkan variasi rasa yang beragam, seperti apel, pisang, nangka, dan cokelat. Perpaduan rasa manis legit buah-buahan dengan kelembutan pastry renyah menghasilkan sensasi yang tak terlupakan.


8. Keripik Apel

Keripik Apel merupakan salah satu oleh-oleh khas Malang yang digemari banyak orang. Keunikannya terletak pada perpaduan rasa manis alami apel dan teksturnya yang renyah, menjadikannya camilan yang tak terlupakan. Dibuat dari apel Malang yang terkenal dengan kesegarannya, keripik ini diolah dengan cara digoreng tipis, menghasilkan rasa manis legit dan gurih yang khas.


9. Keripik Tempe

Keripik tempe, camilan renyah dan gurih ini telah menjadi ikon kuliner khas Malang yang digemari banyak orang. Keunikannya terletak pada beberapa aspek, menjadikannya buah tangan yang wajib Anda bawa pulang ketika berkunjung Kota Apel ini.


Dibandingkan dengan keripik tempe dari daerah lain, Keripik Tempe Malang memiliki tekstur yang lebih renyah dan tipis, dengan rasa gurih yang pas. Bumbunya meresap sempurna ke dalam tempe, menghasilkan sensasi rasa yang kaya dan tak terlupakan. Tak heran, camilan ini selalu diburu wisatawan sebagai oleh-oleh khas Malang.


10. Bakso Malang

Oleh-oleh satu ini mungkin tidak butuh perkenalan. Bakso Malang sendiri telah menjadi hidangan favorit di berbagai kota. Walau memang dapat ditemukan di berbagai kota di luar Malang, ada hal spesial ketika Anda membelinya langsung dari kota asalnya. Sebagai oleh-oleh, Anda dapat membeli bakso malang yang telah dibekukan dan tinggal Anda panaskan ketika ingin menyantapnya di rumah.


11. Carang Mas

Carang Mas, camilan khas Malang ini, memikat lidah dengan keunikan rasa dan teksturnya. Dibuat dari ubi jalar, Carang Mas diolah dengan gula merah dan digoreng hingga renyah, menghasilkan perpaduan rasa manis dan gurih yang tak terlupakan. Bentuknya yang pipih dan tipis, menyerupai keripik, membuatnya mudah dinikmati dan cocok dinikmati kapanpun.


Keunikan Carang Mas tak hanya terletak pada rasanya, tetapi juga pada teksturnya. Ubi jalar yang diolah dengan sempurna menghasilkan Carang Mas yang renyah tanpa alot, serta rasa manis yang pas dan tidak berlebihan. Carang Mas juga tersedia dalam berbagai varian rasa yang semakin memanjakan lidah AutoFamily.


Destinasi Wisata Belanja Terbaik di Malang

Ketika AutoFamily berada di Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk memanjakan diri dengan berbelanja oleh-oleh khas Malang yang unik dan autentik. Di bawah ini beberapa destinasi wisata belanja terbaik yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kota Malang.


1. Pasar Besar Malang

Sebagai pasar tradisional terbesar di Malang, Pasar Besar Malang menyajikan pengalaman berbelanja yang unik dan seru. Di sini, Anda bisa menemukan segala kebutuhan sehari-hari mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, daging segar, ikan laut, rempah-rempah, hingga oleh-oleh khas Malang. Suasana pasar yang ramai dan beragamnya penjual membuat setiap kunjungan ke Pasar Besar Malang selalu menyenangkan.


Baca Juga: 17 Tempat Wisata Di Malang Terfavorit Di Tahun 2024, Cocok Dikunjungi dengan Avanza


2. Toko Oleh-Oleh Khas Malang di Jalan Ijen

Jalan Ijen di Malang dikenal sebagai pusat kuliner dan oleh-oleh khas kota ini. Di sepanjang jalan ini, Anda akan menemukan berbagai toko oleh-oleh yang menawarkan berbagai produk khas Malang, mulai dari keripik buah, cokelat, kue kering, hingga suvenir berbahan dasar batu alam. Berbelanja di toko-toko ini juga memberikan pengalaman berwisata kuliner yang menarik karena Anda dapat mencicipi berbagai sampel produk sebelum membelinya.


3. Toko Suvenir di Alun-Alun Kota Malang

Selain berbelanja makanan untuk oleh-oleh, Anda juga bisa membeli berbagai jenis suvenir. Alun-Alun Kota Malang adalah salah satu tempat wisata populer yang juga menawarkan berbagai toko suvenir. Di sini, AutoFamily dapat menemukan berbagai macam suvenir khas Malang seperti kerajinan tangan dari batu alam, kain tenun, hingga aneka cenderamata unik yang bisa menjadi kenang-kenangan atau oleh-oleh bagi keluarga dan teman di rumah.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


Memiliki beragam destinasi wisata belanja yang menarik, Malang menjadi tujuan yang sempurna bagi para wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Malang yang unik dan autentik. 


Dari pasar tradisional hingga toko-toko modern di sepanjang Jalan Ijen, setiap sudut kota ini menyimpan keunikan dan kelezatan yang patut dinikmati. Selain itu, berbelanja oleh-oleh juga memberikan pengalaman budaya yang berharga dan mendalam bagi setiap pengunjung.


Setelah menikmati segala keindahan dan kelezatan Malang, tidak ada salahnya untuk menjelajahi destinasi wisata lainnya dengan menggunakan mobil LCGC. Dibekali dengan kenyamanan dan efisiensi bahan bakarnya, mobil LCGC untuk perjalanan jarak jauh menjadi pilihan yang ideal.

Toyota Agya dan Toyota Calya merupakan jenis mobil LCGC yang bisa AutoFamily pilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan. Di Auto2000, pembelian mobil dapat dilakukan melalui dua skema, yaitu cicilan kredit dan tukar tambah. 


Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga untuk mendapatkan informasi selengkapnya!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya sebagai ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.