oleholehkhasmagelang.webp

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Magelang yang Banyak Dibeli!

Diterbitkan28 Mei 2024


Saat Anda sedang berkunjung ke Magelang, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang oleh-oleh khas Magelang yang terkenal. Kota ini tidak hanya dikenal dengan Candi Borobudurnya yang megah, tetapi juga memiliki berbagai macam oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang. 

Oleh-oleh khas Magelang menawarkan keunikan dan cita rasa khas yang sayang untuk dilewatkan. Simak beberapa rekomendasi oleh-oleh dari Magelang yang banyak dibeli oleh wisatawan pada pembahasan di bawah ini. 


10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Magelang

Magelang, sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan pesona alam dan budayanya, selalu menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Magelang adalah membawa pulang oleh-oleh khasnya. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang wajib Anda beli.


Baca Juga: Keunikan Oleh-Oleh Khas Madura yang Banyak Dibeli


1. Getuk Trio

Getuk trio adalah salah satu ikon kuliner Magelang yang terkenal sejak lama. Terbuat dari singkong pilihan, getuk ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang pas. Proses pembuatannya yang tradisional, menggunakan pewarna alami dari daun pandan dan umbi-umbian, menjadikan getuk trio tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Rasanya yang khas dan tampilan yang menarik menjadikan getuk ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.


2. Tape Ketan

Tape ketan khas Magelang dibuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi khusus. Proses fermentasi ini memberikan rasa manis dan sedikit asam yang khas pada tape ketan. Teksturnya yang kenyal dan rasa yang unik membuat tape ketan sangat digemari. Tape ketan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang yang menambah aroma dan cita rasa alami. Selain enak, tape ketan juga diyakini memiliki manfaat untuk pencernaan.


3. Slondok

Slondok adalah camilan khas Magelang yang terbuat dari singkong. Lalu, singkong yang diolah menjadi adonan tipis kemudian digoreng hingga renyah, hingga menghasilkan tekstur yang kriuk dan rasa yang gurih. Slondok tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari original, pedas, hingga manis. Camilan ini sangat cocok untuk teman bersantai atau oleh-oleh bagi keluarga dan teman di rumah.


4. Keripik Paru

Keripik paru khas Magelang merupakan oleh-oleh yang cocok bagi pecinta camilan gurih. Paru sapi yang diiris tipis, dibumbui dengan rempah-rempah khas, kemudian digoreng hingga renyah menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. Keripik paru ini tidak hanya enak untuk dinikmati langsung tetapi juga bisa dijadikan pelengkap hidangan lainnya. Kemasannya yang praktis juga memudahkan untuk dibawa sebagai oleh-oleh.


DAFTAR BENGKEL DAN DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT DAPAT ANDA TEMUKAN DI AUTO2000 DIGIROOM! 


5. Wajik Salak

Wajik salak adalah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan dan gula merah dengan tambahan buah salak. Kombinasi ini menghasilkan rasa manis yang khas dan tekstur yang kenyal. Wajik salak sering dijadikan oleh-oleh karena keunikan rasanya yang sulit ditemukan di tempat lain. Pembuatannya yang menggunakan bahan-bahan alami dan proses tradisional menjadikan wajik salak sebagai salah satu oleh-oleh favorit dari Magelang.


6. Keripik Tempe

Keripik tempe dari Magelang juga menjadi pilihan oleh-oleh yang populer. Terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah, keripik ini menawarkan cita rasa gurih dan renyah yang sangat nikmat. Keripik tempe ini cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau teman makan nasi. Berbagai varian rasa seperti original, pedas, dan bumbu kacang menambah daya tariknya.


Baca Juga: 15 Oleh Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Dibeli!


7. Enting-Enting Gepuk

Enting-enting gepuk adalah camilan tradisional yang terbuat dari kacang tanah dan gula merah yang digepuk (dihancurkan) hingga membentuk adonan yang padat dan kenyal. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang. Proses pembuatannya yang unik dan bahan-bahan alami yang digunakan menjadikan enting-enting gepuk sebagai oleh-oleh khas yang menarik.


8. Grubi

Grubi merupakan camilan khas Magelang yang terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan gula merah dan digoreng hingga renyah. Rasa manis dan tekstur yang renyah membuat grubi menjadi camilan yang sangat digemari. Selain enak, grubi juga memiliki aroma harum dari gula merah yang menggugah selera.

9. Kerupuk Blek

Kerupuk blek adalah jenis kerupuk yang khas dari Magelang. Terbuat dari adonan tepung tapioka yang digoreng hingga mengembang dan renyah, kerupuk ini memiliki ukuran yang besar dan tekstur yang ringan. Kerupuk blek sering dijadikan camilan atau pelengkap hidangan utama, dan rasanya yang gurih membuatnya disukai banyak orang.


DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


10. Batik Magelang

Batik Magelang menawarkan motif dan corak yang unik dengan sentuhan khas budaya lokal. Batik ini bisa dijadikan oleh-oleh dalam bentuk kain, baju, atau aksesoris lainnya. Selain sebagai oleh-oleh, batik Magelang juga menjadi simbol kekayaan budaya yang patut dilestarikan. Kualitasnya yang baik dan desainnya yang menarik menjadikan batik Magelang sangat diminati.


Dari oleh-oleh khas Magelang di atas, mana yang paling menarik perhatian AutoFamily? Dari getuk trio yang legendaris hingga batik Magelang, setiap oleh-oleh memiliki cerita dan keistimewaannya sendiri. Pastikan untuk mencoba dan membawa pulang beberapa di antaranya saat Anda berkunjung ke kota yang indah ini.


Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Kediri Paling Dicari Wisatawan!


Untuk memastikan perjalanan wisata Anda ke Magelang makin nyaman dan menyenangkan, pilih rekomendasi mobil touring terbaik Toyota yang dapat Anda temukan di Auto2000. Dengan berbagai pilihan kendaraan yang andal dan nyaman, perjalanan Anda bersama keluarga akan menjadi lebih aman dan menyenangkan. 


Kunjungi Auto2000 sekarang dan temukan mobil Toyota yang paling cocok untuk kebutuhan touring Anda!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.