oleholehkhasklaten.webp

8 Oleh Oleh Khas Klaten, Favorit Banyak Wisatawan!

Diterbitkan28 Mei 2024

Menjelajahi keindahan alam, mencicipi kuliner lezat, dan menyelami budaya yang kaya adalah hal-hal yang tak boleh dilewatkan saat berwisata. Kemudian, tak lengkap juga rasanya jika AutoFamily berwisata tetapi tidak membawa pulang oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi.


Saat berkunjung ke Klaten di Jawa Tengah, pastikan AutoFamily tak hanya menikmati wisata alam dan budayanya yang memukau, tetapi juga oleh-oleh khas yang menggoda selera. Dari camilan gurih hingga jajanan manis tradisional, ada banyak oleh-oleh khas Klaten yang siap memanjakan lidah AutoFamily. Coba temukan beberapa oleh-oleh favorit banyak wisatawan di bawah ini!


Mengenal Klaten Lebih Dekat

Terletak di sebelah utara Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Solo, Klaten menyimpan pesona yang tak kalah menarik. Dijuluki "The Spirit of Java", Klaten memiliki peran penting dalam sejarah dan budaya Jawa.


Baca Juga: 6 Tempat Wisata Klaten yang Seru Bagi Keluarga


Keindahan alam Klaten terpancar dari berbagai destinasi wisatanya, seperti Candi Plaosan dan Candi Sewu yang sarat nilai sejarah, serta panorama Gunung Merapi yang menawan. Tak hanya itu, Klaten juga kaya akan tradisi budaya yang dilestarikan, seperti Wayang Kulit dan Tari Luyung yang memukau.


Klaten menawarkan pengalaman wisata yang lengkap, memadukan keindahan alam, kekayaan budaya, dan keramahan masyarakatnya. Bagi para pecinta sejarah, budaya, dan kuliner, Klaten jelas merupakan destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan.


BOOKING SERVIS UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA SEKARANG DI AUTO2000 DIGIROOM


Oleh-Oleh Khas Klaten yang Harus Anda Coba

Klaten tak hanya memanjakan mata dengan keindahan alam dan budayanya, tetapi juga lidah para wisatawan dengan oleh-oleh khasnya yang lezat. Berbagai camilan gurih, jajanan manis tradisional, dan produk seni siap menjadi buah tangan yang tak terlupakan. Berikut beberapa oleh-oleh khas Klaten yang wajib Anda coba.


1. Keripik Paru: Sensasi Gurih Pedas yang Menggoda

Bagi pecinta camilan gurih dan pedas, keripik paru bisa jadi pilihan yang tepat. Dibuat dari paru sapi pilihan yang digoreng kering dan dibumbui dengan rempah-rempah khas Klaten, keripik paru memiliki rasa gurih pedas yang bikin ketagihan. Rasanya yang unik dan teksturnya yang renyah menjadikannya camilan favorit yang tak boleh dilewatkan.

2. Keripik Belut: Cita Rasa Istimewa dari Belut Berkualitas

Klaten juga dikenal dengan oleh-oleh keripik belut yang sangat lezat dan gurih. Nantinya belut pilihan diolah dengan cara digoreng kering dan dibumbui dengan rempah-rempah istimewa yang akan menghasilkan keripik belut dengan rasa gurih, renyah, dan kaya protein. Membawa pulang keripik belut tak hanya menjadi camilan yang lezat, tetapi juga bergizi.


3. Slondok: Camilan Tradisional yang Renyah dan Gurih

Slondok adalah camilan tradisional khas Klaten yang terbuat dari tepung singkong. Slondok biasanya digoreng kering dan dibumbui dengan garam atau bumbu pedas. Rasanya yang gurih dan renyah, serta teksturnya yang ringan, menjadikan slondok camilan yang cocok dinikmati kapan pun dan di mana pun. Slondok juga bisa menjadi alternatif camilan sehat yang bebas gluten.


Baca Juga: Berbagai Rekomendasi Wisata Alam Jawa Tengah Terindah


4. Peyek Ikan Centhul: Perpaduan Renyah dan Gurih yang Unik

Peyek ikan centhul merupakan camilan khas Klaten yang terbuat dari ikan centhul, tepung terigu, dan bumbu rempah-rempah. Ikan centhul sendiri termasuk sejenis ikan kecil yang banyak ditemukan di sungai di Klaten. Peyek ikan centhul memiliki rasa gurih dan renyah, dengan tekstur ikan centhul yang khas. Peyek ikan centhul menjadi camilan yang unik dan lezat, cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.


5. Wayang Kulit: Seni Tradisional yang Memukau

Wayang kulit bukan hanya seni tradisional Jawa yang memukau, tetapi juga bisa menjadi oleh-oleh khas Klaten yang istimewa. Klaten terkenal dengan kualitas wayang kulitnya yang indah dan detail. Wayang kulit bisa menjadi pilihan oleh-oleh bagi pecinta seni dan budaya, atau sebagai suvenir untuk orang terkasih. Wayang kulit tak hanya indah dipandang, tetapi juga memiliki nilai budaya yang tinggi.

6. Lumpia Duleg: Perpaduan Rebung dan Telur yang Lezat

Lumpia duleg, atau sosis duleg, sering disebut sebagai makanan khas dari Klaten yang kini mulai langka. Lumpia mini ini memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari lumpia biasa, baik dari segi ukuran maupun isi dan rasa. 


Dibuat dari adonan daging cincang yang dibungkus dengan kulit lumpia tipis dan digoreng hingga matang, lumpia duleg menawarkan rasa gurih dengan tekstur renyah yang membuat banyak orang ketagihan. Kelezatannya yang khas menjadikannya camilan populer di kalangan masyarakat Klaten, meskipun kini semakin sulit ditemukan.


Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Khas Tegal, Wajib Coba!


7. Getuk Kurung: Manis Legit yang Menggoda Selera

Getuk kurung adalah jajanan khas Klaten yang terbuat dari singkong, gula merah, dan santan. Getuk kurung memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis legit. Getuk kurung biasanya dibungkus dengan daun pisang dan bisa disimpan selama beberapa hari. Getuk kurung menjadi pilihan oleh-oleh yang manis dan mengenyangkan, cocok untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman.


TEMUKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA SEKARANG JUGA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


8. Dodol Jenang: Manis Legit dengan Cita Rasa Tradisional

Dodol jenang adalah jajanan khas Klaten yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan santan. Dodol jenang memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis legit. Dodol jenang biasanya dikemas dalam kotak dan bisa disimpan selama beberapa minggu. Jadi sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman.


Setelah puas berwisata di Klaten dan mencicipi berbagai kuliner lezat, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Klaten yang istimewa. Oleh-oleh ini tak hanya menjadi kenangan manis dari perjalanan Anda, tetapi juga bisa dibagikan kepada keluarga dan teman.


Sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke tempat lainnya, pastikan mobil Anda dalam kondisi prima untuk perjalanan yang aman dan nyaman. AutoFamily bisa melakukan servis mobil di bengkel Auto2000 dengan menjadwalkan booking melalui Auto2000 Digiroom sekarang juga.


Auto2000 Digiroom menyediakan berbagai layanan servis mobil, seperti ganti oli, tune-up, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan Anda. Dengan memastikan kondisi mobil tetap prima, Anda pun bisa berkendara ke berbagai tempat liburan yang menyenangkan. Coba temukan tips persiapan traveling pakai mobil pribadi di Auto2000 Digiroom supaya perjalanan Anda dan keluarga selalu aman!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar di atas hanyalah ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.