Mesin Mobil

Mobil Tidak Dipanaskan Seminggu, Apa Dampaknya Pada Performa Mesin?

Diterbitkan15 Feb 2024

Saat AutoFamily membiarkan mobil tidak dipanaskan seminggu, mesin mobil mungkin mengalami beberapa kendala serius. Salah satunya adalah akumulasi kelembapan di dalam mesin dan sistem bahan bakar, yang dapat menyebabkan korosi dan pembentukan endapan yang merugikan kinerja mesin. 


Selain itu, suhu dingin dapat menyebabkan pelumas menjadi kental, memengaruhi pergerakan komponen mesin, dan membuat mesin sulit untuk dihidupkan. Jika mobil tidak dipanaskan untuk jangka waktu yang lebih lama, hal ini dapat berdampak pada komponen listrik seperti baterai yang menjadi lemah atau bahkan mati. 


Tidak hanya itu, dampak lain mungkin akan muncul akibat tidak memanaskan mobil secara berkala. Apa saja dampak yang dimaksud? Untuk mencari tahu jawabannya, Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Mengapa Penting untuk Memanaskan Mobil yang Tidak Digunakan Selama Seminggu? 

Ketika mobil tidak digunakan selama seminggu atau lebih, terdapat beberapa dampak yang perlu dipahami terkait kondisi mesin, baterai, dan sistem kelistrikan mobil. Memahami dampak dari tidak memanaskan mobil dalam jangka waktu yang lama sangat penting untuk menjaga performa mobil dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. 


Selain masalah mekanis, sistem kelistrikan mobil juga rentan terhadap kondisi dingin yang ekstrem. Baterai yang tidak dipanaskan dan jarang digunakan cenderung melemah, bahkan bisa mati total, hingga menyebabkan mobil sulit untuk dihidupkan. 


Oleh karena itu, memanaskan mobil secara berkala selama beberapa menit dapat membantu mempertahankan kondisi mesin, baterai, dan sistem kelistrikan mobil tetap berfungsi dengan baik.


DAPATKAN SUKU CADANG ORISINIL DENGAN PROSES PEMESANAN YANG MUDAH, AMAN, DAN TERPERCAYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Dampak Tidak Memanaskan Mobil dalam Jangka Waktu yang Lama

Mobil yang dibiarkan tidak dipanaskan selama seminggu dapat mengakibatkan berbagai masalah pada bagian mesin dan sistem kelistrikan. Berikut ini beberapa kendala yang mungkin muncul. 


1. Risiko Terhadap Mesin dan Sistem Kelistrikan

Mobil yang tidak dipanaskan secara berkala berisiko mengalami masalah pada bagian mesin. Salah satu risikonya adalah akibat dari oli yang mengering. Ketika mesin tidak digunakan, oli cenderung mengental dan menumpuk di bagian-bagian tertentu. 


Ketika mesin dinyalakan kembali, distribusi oli yang optimal tidak tercapai, sehingga meningkatkan gesekan antar komponen mesin dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada mesin secara keseluruhan. 


Selain itu, sistem kelistrikan mobil juga dapat terpengaruh, terutama saat terjadi paparan air hujan yang mengandung asam. Kelembapan tersebut dapat merusak bagian-bagian kelistrikan mobil yang terpapar, seperti terminal baterai dan kabel-kabel.


2. Pengaruh Terhadap Baterai Mobil

Mobil yang jarang dipanaskan juga dapat mengalami masalah pada baterainya. Aki mobil bisa cepat habis atau mengalami kondisi soak, karena kurangnya aktivitas pengisian daya pada aki mobil. Ini dapat mengurangi masa pakai baterai dan menyebabkan kesulitan saat mencoba menghidupkan mobil kembali setelah lama tidak digunakan.


Baca juga: Cari Tahu 5 Cara Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai


3. Pengendapan Kelembaban dan Korosi

Kelembapan yang terakumulasi di dalam mesin dan sistem bahan bakar dapat menyebabkan pembentukan endapan dan korosi. Hal ini dapat merusak komponen-komponen mesin dan sistem bahan bakar mobil, mengganggu kinerja mobil, dan memperpendek umur pakai mobil secara keseluruhan.


4. Peluang Terjadinya Kerusakan Lebih Lanjut

Selain dampak langsung terhadap mesin, sistem kelistrikan, dan baterai, mobil yang tidak dipanaskan dalam jangka waktu yang lama juga meningkatkan risiko terjadinya kerusakan lebih lanjut pada komponen-komponen lainnya. Ini bisa mencakup segala hal mulai dari keausan tambahan pada bagian-bagian penting, hingga masalah elektronik karena pengaruh suhu yang tidak stabil.


TEMUKAN KELENGKAPAN AKSESORIS MOBIL TOYOTA DENGAN PILIHAN TERBAIK DI AUTO2000 DIGIROOM


Tips Merawat Mobil yang Tidak Digunakan dalam Jangka Waktu yang Lama

Untuk menghindari berbagai masalah akibat mobil tidak dipanaskan seminggu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga performa mobil Anda. Yuk simak tips merawat mobil tersebut berikut ini. 


1. Memanaskan Mesin Secara Berkala

Memastikan mesin mobil dinyalakan dan dipanaskan secara berkala dapat membantu menjaga kinerja mesin dan mencegah oli kering. Proses pemanasan mesin ini dapat dilakukan dengan cara menghidupkan mesin dan membiarkannya berjalan selama beberapa menit setiap beberapa hari.


2. Memeriksa Sistem Kelistrikan

Memeriksa sistem kelistrikan mobil seperti lampu, klakson, dan sistem pengisian daya secara berkala juga penting untuk mencegah kerusakan akibat air hujan yang mengandung asam. Pastikan untuk membersihkan dan melindungi bagian-bagian kelistrikan mobil agar tetap dalam kondisi baik. Proses pemeriksaan pada sistem kelistrikan ini dapat AutoFamily lakukan di dealer dan bengkel Toyota, yaitu Auto2000.


Baca juga: Berapa Lama Memanaskan Mesin Mobil yang Tepat? Cek Panduannya Di Sini


3. Perawatan Baterai Mobil yang Tidak Digunakan

Untuk mencegah aki mobil cepat habis dan soak, pastikan untuk mengisi ulang aki secara berkala dan memastikan aki dalam kondisi baik. Penggunaan alat bantu charger aki juga dapat membantu menjaga daya tahan aki mobil yang jarang digunakan. Jika Anda memerlukan konsultasi untuk perawatan baterai mobil, Anda bisa berkunjung ke bengkel Auto2000. 


4. Perlindungan terhadap Komponen Eksternal

Selain merawat bagian dalam mobil, perlindungan terhadap komponen eksternal seperti cat mobil dan karet-karet pada mobil juga penting. Pastikan untuk membersihkan dan melindungi bagian-bagian tersebut agar tetap dalam kondisi baik meskipun mobil jarang digunakan.


Baca juga: Wajib Tahu! 7 Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

Jadi, penting untuk mengimplementasikan tips perawatan pada mobil yang tidak dipanaskan seminggu ini agar performa mobil Anda tetap optimal. Sebaiknya, lakukan perawatan mobil secara berkala di bengkel Auto2000 menggunakan paket servis Toyota.


AutoFamily juga bisa melakukan booking servis Toyota melalui Auto2000 Digiroom untuk mendapat perawatan mobil yang cepat dan efisien. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.




digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.