LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Mitos atau Fakta, Benarkah Ban Mobil Punya Masa Kadaluwarsa?


Auto2000.co.id – Ban sebagai salah satu komponen vital dalam kendaraan, masih menarik untuk dibahas. Salah satunya, bicara soal masa kadaluwarsa atau usia ban. Mitos atau fakta soal ini?

Di lapangan, tidak sedikit konsumen pengguna mobil terjerumus dalam pernyataan tersebut yang mendorong perilaku sangat selektif ketika akan mengganti ban mobil.
Terlebih saat konsumen membeli ban dan mendapati kode produksi yang ada pada dinding tidak sesuai dengan tahun pembeliannya. Kondisi ini mendatangkan beragam pertanyaan.
Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengklaim banyak orang yang salah kaprah soal penyematan kode produksi di dinding ban. Kode produksi dicantumkan sesuai dengan indentitasnya, kapan waktu ban diproduksi di pabrik.

BACA JUGA : Benarkah Kode Produksi Ban Sebagai Tanda Ban Tidak Layak Pakai?

“Sebenarnya di ban itu tidak pernah ada pencantuman tanggal kadaluwarsa, yang ada itu adalah kode produksi yang memang menandakan tahun pembuatan dari ban itu sendiri,” jelas Suparna.

“Contoh 2018, artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke-20 tahun 2018, bukan lantas berati ban itu kadaluwarsa pada tanggal itu,” tegasnya.

Anggapan ban memiliki masa kadaluwarsa menurut Suparna merupakan isu yang harus ditepis dengan serius, karena dari pihak pabrikan ban sendiri tidak pernah menyatakan waktu kadaluwarsa suatu ban.

Konsumen sebagai pemilik mobil juga harus pintar menanggapi suatu isu, jangan langsung menelan suatu informasi secara bulat-bulat.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

Bahkan Suparna menjelaskan hampir sebagai mobil baru, keluaran tahun 2019 ini masih menggunakan kode ban yang diproduksi pada tahun 2018. Lantas apakah semua ban mobil baru keluaran 2019 itu sudah lewat usia pakai ?

Hal tersebut tentunya dibantah oleh Suparna, karena tiap mobil baru yang keluar dari pabrik, terutama Toyota sudah melewati proses quality control (QC) semua aspek, sampai ban sekalipun.

“Kode produksi ban bisa mundur beberapa bulan sampai diterima pelanggan, misal Maret 2019 ini, saat konsumen beli mobil dan mendapati ternyata banya masih produksi 2018, bukan berarti itu sudah basi atau kadaluwarsa,” urainya.

“Secara kaulitas dan jaminan ban yang dipasang pada mobil sudah diuji baik dari pabrikan ban dan mobilnya sendiri,” ucapnya. Suparna menegaskan bila tidak ada ukuran pasti mengenai masalah kadaluwarsa ban.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

Meski ban produksi 2018 dan digunakan pada mobil keluaran 2019, tapi secara pemakaian normal dan mendapat perawatan seperti tidak lupa mengecek tekanan udaranya, walau digunakan sampai tiga tahun ke depan masih terjamin kualitasnya.

“Yang jadi masalah adalah ban yang tidak digunakan lalu disimpan lebih dari satu atau dua tahun dengan cara yang salah,” jelas Suparna lagi.

“Kondisi ini membuat ban bisa rusak, sama saja seperti kita beli sepatu baru, lalu disimpan terlalu lama tanpa digunakan, ujung-ujungnya kerap kita temui antara sol karet dan lemnya sudah renggang,” ujarnya.

​​​​​​​Faktor kerusakan terebut lebih karena adanya ketidakcocokan soal suhu dan kelembaban udara. Atau bisa juga dikarenakan faktor ekternal, seperti permukaan ban yang kena cairan kimia saat disimpan, seperti oli atau bensin.

Share this article
Promosi Lainnya
Promo - Deal Cermat
Berita bahagia di bulan Februari! Sekarang AutoFamily bisa mendapatkan banyak kemudahan untuk punya mobil Toyota terbaru loh.

Melalui paket DEAL CERMAT Anda bisa mendapatkan mobil baru Toyota dengan pilihan DP 20%, 25%, 30%, atau 40% serta tenor hingga 4 tahun khusus model Innova dan Fortuner!

Selain itu, setiap pembelian melalui program DEAL CERMAT Anda juga akan mendapatkan cashback trade in senilai 5 JT rupiah untuk AutoFamily yang melakukan trade in mobil lamanya. Selain itu harga jual mobil Anda akan dijamin di awal pembelian! Promo ini berlaku khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah JABODETABEK dan Medan.

Tunggu apa lagi? Yuk isi formulir di bawah ini untuk ikutan promonya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Februari 2021
Promo Beli Mobil Toyota, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Kilau Sempurna
AutoFamily pasti pernah berandai-andai kan gimana caranya ya mobil Toyota kesayangan bisa terlihat seperti baru lagi? Tenang saja, Auto2000 punya solusinya!

Yuk ikutan program Kilau Sempurna Toyotaku, dijamin bakal bikin mobil Toyota Anda berkilau seperti baru lagi!

Melalui program ini AutoFamily bisa mendapatkan potongan harga jasa perbaikan bodi sebesar 300 ribu rupiah! Potongan ini bisa Anda dapatkan melalui perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal 1,5 juta rupiah dan untuk customer yang memegang asuransi dengan minimum jumlah claim sebesar 3,5 juta rupiah. Pembayarannya bisa menggunakan Cicilan 0% loh!

Anda juga berhak untuk mendapatkan potongan 5% untuk ratusan spare parts pilihan! Semakin mudah untuk memperoleh kembali kilau sempurna mobil Toyota kesayangan Anda kan?

Caranya mudah, AutoFamily hanya perlu menggunakan kode promo KILAU300 pada halaman check out untuk nikmati potongan harganya.

Promo ini hanya berlaku sampai 30 April 2021 ya. Yuk ikutan sekarang agar mobil Toyota Anda terlihat seperti baru lagi!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

03 November 2020
Promo - SPONTAN
Ikutan promo Paket SPONTAN yuk! SPONTAN atau Siaga Kupon Perawatan merupakan program yang menyediakan paket servis berkala dengan harga spesial khusus untuk AutoFamily!

Jika AutoFamily membeli paket servis ini, Anda bisa menghemat sampai dengan 34% dari biaya servis berkala Anda secara total loh! Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spareparts yg di butuhkan. Semakin hemat kan?

Berikut pilihan paket SPONTAN yang bisa AutoFamily pilih:


- SPONTAN A / 1,5 Tahun: 2x Servis Berkala Kecil mulai dari 1.8 juta*
- SPONTAN B / 1,5 Tahun: 1x Servis Berkala Kecil mulai dari 2.4 juta*
- SPONTAN C / 3 Tahun: 3x Servis Berkala Kecil dan 1x Servis Berkala Besar mulai dari 3.8 juta

Paket ini bisa AutoFamily dapatkan melalui website dan aplikasi Auto2000 Digiroom dengan menggunakan kode promo SPONTANHEMAT pada halaman check out. Paket SPONTAN bisa Anda dapatkan khususnya untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota Free Service atau sudah berada di atas 50.000km. Khusus untuk 20 pembeli pertama melalui Auto2000 Digiroom, Anda juga akan mendapatkan Free Die Cast loh!

Makin penasaran dengan promonya? Yuk klik Log In dan Beli Sekarang untuk nikmati hematnya servis menggunakan Paket SPONTAN!
10 September 2020
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF