100kb_Tips_Tricks_9.jpg

Memanaskan Mesin, Bukan Sekadar Kebiasaan: Tiga manfaat pemanasan

Diterbitkan29 Apr 2020

14 Sep 2007

Hampir semua pengendara tahu bahwa sebelum benar-benar mengendarai mobil, mesin harus dipanaskan terlebih dahulu. Istilahnya, memanaskan mesin. Semua sudah terbiasa menghidupkan mesin dan membiarkannya menyala beberapa saat.
Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin? Dan sebenarnya, apa manfaat tindakan rutin itu bagi pemeliharaan kendaraan?
Tindakan yang biasa kita lakukan pada pagi hari itu jelas amat berguna. Tapi, jangan terlalu lama dan tidak perlu menginjak-injak pedal gas. Pemanasan cukup dalam lima menit. Untuk mengetahui bahwa kondisi mesin sudah mencapai temperatur kerja bisa juga dengan melihat indikator temperatur di panel dashboard. Biasanya ditandai dengan jarum temperatur yang menunjukkan posisi 1/2.
Lakukan tindakan ini secara rutin. Diantara manfaat-manfaat pemanasan mesin adalah:

Dapat mencegah terjadinya keausan pada komponen mesin.
Mesin akan bekerja optimal.
Menghemat bahan bakar.

Bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak lama, biasanya oli berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada akhirnya membantu mencegah keausan mesin. Sebab, dengan pemanasan, kita memberi kesempatan pada oli untuk bergerak dari panci oli dan masuk kembali ke bagian-bagian mesin yang perlu dilumasi.
Yang juga menarik adalah manfaat pemanasan dalam membuat mesin bekerja seoptimal mungkin. Optimalisasi ini terjadi karena pemanasan mengurangi terjadinya kebocoran kompresi.
Seperti kita ketahui, karena bagian-bagian pada komponen mesin pasti berada pada temperatur tinggi, ada bagian-bagian tertentu yang memang tidak dibuat presisi. Para desainer sengaja menciptakan celah. Dan celah ini secara otomatis akan berkurang (menjadi presisi) ketika komponen-komponen itu terkena suhu panas. Ini yang kemudian mengurangi terjadinya kebocoran kompresi.
Bila terjadi kebocoran kompresi, maka tekanan kompresi pada mesin menurun. Akibat penurunan tekanan kompresi, temperatur mesin tidak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Otomatis, ketika campuran tersebut tidak terbakar dengan sempurna, tenaga yang dihasilkan mesin pun tidak optimal.
Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros bahan bakar. Ini sudah jelas karena dalam kondisi mesin masih dingin, suplai bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran.
Tiga manfaat inilah yang sebetulnya menjadi dasar bagi pengendara untuk selalu memanaskan mesin sebelum benar-benar mengendarai mobil.
(AstraWorld)

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.