lantai garasi mobil tidak licin

7 Tips Agar Lantai Garasi Mobil Tidak Licin & Mencegahnya

Diterbitkan16 Apr 2024

Lantai garasi mobil yang tidak licin sangatlah penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan saat memarkir atau memindahkan mobil. Ketika lantai garasi licin, hal itu dapat menyebabkan mobil menjadi sulit dikendalikan, terutama saat cuaca basah atau kondisi lantai yang kotor.


Namun, dengan memiliki lantai garasi yang tidak licin, Anda dapat menghindari risiko tergelincir atau tergelinding, serta mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan Anda.


Selain itu, memiliki lantai garasi yang tidak licin juga membuat proses membersihkan garasi menjadi lebih mudah dan efisien. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kualitas lantai garasi untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan serta kendaraan Anda.


7 Tips Agar Lantai Garasi Mobil Tidak Licin

Mempertahankan lantai garasi mobil agar tidak licin merupakan langkah penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut:


1. Pilih Material yang Tepat 

Saat memilih material untuk lantai garasi, pertimbangkan untuk menggunakan bahan yang memiliki tekstur kasar atau permukaan bergerigi. Beton yang telah diberi perlakuan khusus dengan teknik seperti penggosokan atau pengikisan dapat memberikan daya cengkeram yang lebih baik daripada permukaan yang halus. Selain itu, keramik yang memiliki pola atau tekstur yang menonjol juga dapat membantu mencegah kecelakaan akibat licinnya lantai.


Baca Juga: Memilih Bahan Lantai Garasi Ada Triknya


GUNAKAN LAYANAN UJI COBA KENDARAAN TOYOTA ANDA DI AUTO2000 SEKARANG JUGA!

2. Gunakan Penutup Lantai Khusus 

Selain memilih material lantai yang tepat, Anda juga dapat menggunakan penutup lantai khusus seperti karpet anti-slip atau karet dengan permukaan yang dirancang untuk mencegah licin. Penutup lantai ini tidak hanya memberikan tambahan perlindungan terhadap lantai asli, tetapi juga dapat dengan mudah diganti atau dibersihkan jika diperlukan.


3. Lakukan Pembersihan Rutin 

Pembersihan rutin sangat penting untuk mencegah kotoran, minyak, atau cairan lainnya menumpuk dan membuat lantai menjadi licin. Gunakan sapu atau penyedot debu untuk menghilangkan debu dan kotoran secara teratur, dan lakukan pembersihan lebih intensif dengan menggunakan sabun atau deterjen yang cocok untuk membersihkan noda-noda yang lebih sulit.


4.Terapkan Lapisan Anti-Slip

Jika lantai garasi Anda masih terasa licin meskipun sudah dibersihkan dengan baik, pertimbangkan untuk menerapkan lapisan anti-slip khusus. Lapisan ini biasanya berbentuk cairan atau semprotan yang dapat diterapkan pada permukaan lantai untuk meningkatkan daya cengkeram dan mengurangi risiko licin. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan teliti agar lapisan tersebut dapat bekerja secara efektif.


5. Perhatikan Drainase 

Pastikan sistem drainase di dalam garasi Anda berfungsi dengan baik untuk menghindari terjadinya genangan air atau cairan lainnya yang dapat membuat lantai menjadi licin. Bersihkan saluran drainase secara teratur dari kotoran atau rambatan yang dapat menghambat aliran air, dan perbaiki segala kerusakan yang mungkin terjadi pada sistem drainase.


6. Gunakan Penyerap Cairan 

Tempatkan penyerap cairan di area yang rentan terhadap tumpahan, seperti di bawah mobil atau di sekitar area kerja. Penyerap cairan ini akan membantu menyerap dan menahan cairan yang mungkin merembes ke permukaan lantai, sehingga mengurangi risiko terjadinya licin.


7. Gunakan Tanda Peringatan 

Untuk meningkatkan kesadaran akan potensi bahaya licin, tempatkan tanda peringatan di area yang mungkin menjadi licin, seperti di dekat pintu masuk garasi atau di sekitar area kerja. Tanda peringatan ini dapat memberi tahu orang-orang yang memasuki garasi agar lebih berhati-hati dan menghindari risiko tergelincir.


Pilihan Material Lantai Mobil yang Tidak Licin 

Memilih material yang tepat untuk lantai garasi mobil yang tidak licin sangat penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan. Berikut adalah beberapa material lantai yang direkomendasikan:


1. Beton dengan Tekstur Khusus 

Beton adalah salah satu pilihan yang umum digunakan untuk lantai garasi karena tahan lama dan mudah dipelihara. Namun, untuk mencegah kecelakaan akibat licin, beton dapat diberi perlakuan khusus seperti penggosokan atau pengikisan untuk meningkatkan daya cengkeram. Permukaan beton yang memiliki tekstur kasar atau permukaan bergerigi memiliki kemampuan lebih baik untuk mencegah terjadinya licin.


DAPATKAN PROMO MENARIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


2. Keramik dengan Tekstur Non-Slip

Keramik adalah pilihan yang populer karena tahan terhadap noda dan mudah dibersihkan. Namun, pastikan untuk memilih keramik dengan tekstur non-slip atau anti-slip yang menawarkan daya cengkeram yang lebih baik daripada permukaan yang halus. Keramik dengan pola atau tekstur yang menonjol dapat memberikan cengkeraman tambahan dan meminimalkan risiko licin.


Baca Juga: 4 Tips Memilih Keramik Untuk Garasi Mobil Anda


3. Karet dan Vinil Bertekstur 

Lantai karet atau vinil yang memiliki permukaan berstruktur atau bertekstur juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk lantai garasi yang tidak licin. Material ini tidak hanya memiliki daya cengkeram yang baik, tetapi juga tahan terhadap minyak, cairan kimia, dan abrasi, sehingga cocok untuk lingkungan garasi yang sering terpapar bahan-bahan berbahaya.


4. Batu Alam 

Beberapa orang memilih menggunakan batu alam untuk lantai garasi karena tampilannya yang estetis dan daya tahan yang tinggi. Batu alam yang diberi perlakuan khusus atau dilapisi dengan lapisan anti-slip dapat menjadi pilihan yang baik untuk mencegah kecelakaan akibat licin.


Dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan di dalam garasi mobil, memiliki lantai yang tidak licin merupakan langkah penting yang harus diperhatikan. Melalui pemilihan material lantai yang tepat dan menerapkan langkah-langkah pencegahan seperti pembersihan rutin dan penggunaan lapisan anti-slip, Anda dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan bahwa garasi mobil Anda aman untuk digunakan.

Namun, tidak hanya perawatan lantai yang penting untuk memastikan kinerja optimal kendaraan.  AutoFamily juga tidak boleh lupa dengan pentingnya service berkala setiap 6 bulan di Auto2000 Digiroom. Maka dari itu, dengan melakukan service berkala, AutoFamily dapat memastikan bahwa kendaraan tetap dalam kondisi terbaik, meningkatkan keandalan dan efisiensi bahan bakar, serta mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sebelum menjadi lebih serius.


Jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan layanan service berkualitas dan tepercaya untuk kendaraan. Selain itu,  Anda tidak hanya menjaga lantai garasi mobil tetap aman, tetapi juga memastikan performa kendaraan Anda optimal dan terjaga dengan baik.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.