kuliner khas solo.webp

10 Rekomendasi Kuliner Khas Solo, Wajib Coba Saat Mudik!

Diterbitkan29 Mei 2024

Siapa yang tidak tergoda oleh aroma makanan lezat ketika sedang berada di perjalanan? Saat musim mudik tiba, makan-makanan kuliner khas solo jelas tak boleh dilewatkan. Pasalnya ada banyak makanan yang siap memuaskan lidah dan perut Anda. Cita rasa aslinya pun tak bisa selalu Anda nikmati ketika nantinya harus kembali pulang ke rumah. 


Dari hidangan berkuah yang hangat hingga camilan yang gurih, Solo pasti punya sesuatu untuk memenuhi keinginan setiap lidah. Mari telusuri bersama rekomendasi kuliner khas Solo yang wajib Anda coba saat berada di kota ini.


10 Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Saat berada di Solo, Anda akan dikelilingi oleh aroma wangi rempah-rempah yang menggoda dan rasa yang membuat lidah bergoyang. Setidaknya ada 10 kuliner yang tak boleh Anda lewatkan, simak selengkapnya sebagai berikut. 


1. Brambang Asem

Brambang asem adalah salah satu makanan khas Solo yang patut dicoba saat Anda mengunjungi kota ini. Hidangan ini terbuat dari bahan utama daun ketela rambat yang direbus hingga matang. 


Kemudian, daun ketela tersebut disiram dengan sambal yang terbuat dari campuran cabai, bawang merah, gula jawa, dan asem jawa, untuk menciptakan kombinasi rasa yang unik. Sambal yang pedas, manis, dan asam ini lalu dituangkan di atas rebusan sayuran segar, seperti taoge dan kacang panjang, sebelum dibungkus dengan daun pisang untuk memberikan aroma alami pada hidangannya.


2. Sate Buntel

Sate buntel mengacu pada varian sate yang terbuat dari daging kambing yang dicincang dan dibungkus dengan lemak sebelum dipanggang. Setelah matang, sate buntel disajikan dengan berbagai pelengkap seperti bumbu kecap, bawang merah, daun kol, jeruk nipis, dan cabai rawit. 

Proses pembungkusan dengan lemak memberikan rasa lembut dan kelembapan pada daging, sementara pelengkapnya menambahkan dimensi rasa yang kaya dan menyegarkan. Pastinya lidah Anda akan dipuaskan dengan rempah-rempah yang lezat sehingga perasaan pun akan menjadi lebih senang. 


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

3. Kupat Tahu

Tahu kupat khas Solo juga tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Hidangan yang terdiri dari berbagai komponen seperti ketupat, mi basah, taoge, tahu goreng hangat, dan bakwan goreng ini akan mengenyangkan Anda untuk kembali kuat melakukan perjalanan jauh sebelum pulang.


Semua bahannya disajikan dengan bumbu kecap manis encer yang diberi tambahan rasa bawang dan taburan bawang goreng untuk memberikan cita rasa kaya yang lezat. Biasanya, hidangan tahu kupat juga dilengkapi dengan tambahan telur dadar dan kerupuk untuk menambahkan variasi rasa dan tekstur yang menarik. Melalui kombinasi yang kaya akan bahan dan rasa, tahu kupat bisa dijadikan pilihan yang sempurna untuk dinikmati di Solo.


4. Selat Solo

Selat Solo merupakan sajian khas dari daerah Solo yang sangat terkenal. Meskipun asal-usulnya dipengaruhi oleh masakan Eropa, yaitu bestik, namun selat Solo telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner tradisional Solo. 


Selat Solo terbuat dari daging sapi atau lidah sapi yang dimasak hingga lembut, kemudian ditumis dengan bawang bombai dan berbagai rempah-rempah. Hidangan ini disajikan dengan daun sawi, kentang goreng, serta mentega yang meleleh di atasnya. 


Untuk memberikan sentuhan segar dan nikmat, makanan ini disajikan juga dengan tomat, wortel segar, serta acar timun. Penyajiannya dengan kuah kental melengkapi cita rasa unik dari selat Solo ini, yang merupakan warisan kuliner yang kaya dari Solo.


5. Cabuk Rambak

Kalau Anda ingin yang unik, coba cicipi cabuk rambak. Makanan ini memadukan ketupat nasi yang dipotong tipis dengan saus cokelat pucat yang kaya akan campuran wijen, kemiri, dan kelapa parut yang telah disangrai. 


Tak lupa, hidangan ini diberi sentuhan tekstur oleh potongan kerupuk karak yang terbuat dari nasi kering. Ketupat yang digunakan sering disebut sebagai "gendar janur," untuk menunjukkan kualitas nasi yang padat dan dibungkus dengan daun kelapa muda. 


Keistimewaan cabuk rambak tak hanya terletak pada sausnya yang unik karena menggunakan bahan dasar wijen dan kelapa, melainkan juga pada perbedaannya dengan hidangan lain seperti pecel atau gado-gado. Cabuk rambak pasti akan jadi makanan paling berbeda dari yang pernah Anda coba sebelumnya. 


6. Nasi Liwet

Anda pasti tahu apa itu nasi liwet, bukan? Benar makanan ini berasal dari Solo dan sangat nikmat bagi penduduk setempat. Nasi liwet sebenarnya mengacu pada hidangan nasi yang sudah diolah menjadi gurih, lalu ditambahkan telur, ayam, dan sayuran jipang. Makanan ini akan lengkap setelah dibungkus daun pisang untuk mempertahankan cita rasa yang ada di dalamnya. Pastikan Anda mencoba nasi liwet di Solo untuk tahu perbedaannya dengan di kota-kota lainnya. 


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


7. Bubur Tumpang

Bubut ayam saja pasti sudah biasa, lalu bagaimana dengan bubur tumpang? Bubur satu ini berbeda dari bubur biasanya yang menggunakan topping ayam suwir, bawang goreng, dan kecap. 


Bubur khas solo satu ini memiliki cita rasa gurih karena adanya sambal tumpang yang terbuat dari campuran tempe, kelapa parut, cabai merah keriting, dan juga terasi. Bubur tumpang akan jarang Anda lihat di daerah lain di Indonesia, jadi pastikan Anda mencicipinya saat berada di Solo. 


8. Sate Kere

Hidangan khas Solo ini memadukan kesederhanaan dan cita rasa yang memikat. Berbeda dari sate pada umumnya, Sate Kere menggunakan bahan dasar tempe gembus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu, dan jeroan sapi seperti paru, usus, dan hati. Perpaduan ini menghasilkan tekstur unik dan rasa gurih yang khas.


Sate Kere umumnya dibakar dengan bumbu kacang yang kental dan pedas, menghasilkan perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas yang menggoda. Sensasi rasa ini semakin lengkap dengan irisan lontong dan sambal kecap yang segar.


9. Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet Solo, hidangan ikonik dari Kota Surakarta ini, memanjakan lidah dengan kelezatan nasi gurih yang dimasak menggunakan santan. Berbeda dengan nasi liwet dari daerah lain, Nasi Liwet Solo memiliki ciri khas tersendiri, yaitu nasi dengan bumbu gurih yang disiram dengan kuah sayur labu siam.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk pelengkap, seperti ayam suwir, telur rebus, serundeng, tempe orek, krecek, dan sambal goreng ati. Tak lupa, aroma rempah-rempah yang meresap pada nasi menambah kelezatan Nasi Liwet Solo.


10. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman memanjakan lidah dengan teksturnya yang lembut dan cita rasa tradisional yang khas. Dibuat dengan bahan-bahan alami seperti tepung beras, pandan, gula, santan, garam, dan vanila, Serabi Notosuman memiliki aroma harum pandan yang menggoda.


Serabi ini dimasak di atas tungku tanah liat dengan menggunakan arang sebagai bahan bakar, menghasilkan panas yang merata dan menghasilkan serabi yang matang sempurna. Warna kecokelatan yang indah di permukaannya menjadi tanda kematangan dan siap untuk dinikmati.


Serabi Notosuman tersedia dalam dua varian rasa, yaitu original dan coklat. Rasa original menawarkan kelembutan dan rasa manis alami dari pandan dan gula, sedangkan rasa coklat memberikan sensasi manis dan legit yang lebih kaya.


Mencoba berbagai kuliner khas Solo selagi berkunjung pastinya akan sangat menyenangkan. Apa lagi kalau Anda memakannya bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Sekarang, coba atur jadwal dan buat rencana perjalanan yang matang. Buat daftar tempat atau makanan apa saja yang ingin Anda kunjungi agar tidak bingung saat sudah berada di Solo. 

Kemudian bawa barang-barang penting sekaligus siapkan kendaraan yang akan digunakan. Perjalanan yang lancar bukan hanya tergantung pada perlengkapan barang bawaan tetapi juga performa kendaraannya. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan kinerjanya dengan melakukan servis di bengkel tepercaya seperti Auto2000. 


Apabila kebutuhan kendaraan Anda sudah meningkat, tak ada salahnya membeli mobil baru yang lebih mumpuni serta memiliki semua spesifikasi yang dibutuhkan. Toyota Fortuner bisa jadi salah satu pilihan jika Anda butuh rekomendasi mobil touring terbaik Toyota


Pasalnya Toyota Fortuner tidak hanya menawarkan kenyamanan dalam perjalanan, tetapi juga keandalan yang tak tertandingi. Melalui penggunaan rangka yang kokoh dan mesin yang tangguh, Anda dapat melewati berbagai medan jalanan dengan percaya diri. 


Kapasitas penumpang maupun bagasinya sangat besar sehingga Anda tidak perlu khawatir akan merasa sesak sepanjang perjalanan. Jadi langsung saja temukan informasi yang lebih lengkap mengenai Toyota Fortuner hanya di Auto2000 Digiroom sekarang juga.


Selagi berkunjung ke Auto2000 Digiroom, temukan juga beragam promo menarik yang bisa Anda bawa pulang. Contohnya promo PILIH AUTO2000 untuk mendapatkan kesempatan undian hadiah 400 paket wisata ke berbagai destinasi mulai dari Labuan Bajo, Vietnam, Eropa, hingga Umroh. Dapatkan informasi selengkapnya hanya di Auto2000 Digiroom!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar hanyalah ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.