kuliner khas jogja .webp

9 Rekomendasi Kuliner Khas Jogja, Wajib Coba Saat Mudik!

Diterbitkan29 Mei 2024

Saat berbicara tentang perjalanan ke Jogja, selain destinasi wisatanya yang menawan, kuliner khas Jogja juga merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan. Jika AutoFamily sedang merencanakan perjalanan ke kota ini, jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi berbagai hidangan lezat yang menjadi ikon kuliner Jogja. 


Dari gudeg yang manis hingga sate klatak yang menggugah selera, kuliner Jogja akan memanjakan lidah AutoFamily dengan cita rasa yang unik dan autentik. Mari telusuri berbagai hidangan lezat yang wajib Anda coba saat berada di kota ini, sehingga pengalaman liburan di Jogja jadi lebih lengkap dan tak terlupakan!


Rekomendasi Makanan Khas Jogja buat Pecinta Kuliner

Jogja tidak hanya dikenal karena keindahan wisatanya, tetapi juga karena kelezatan kuliner khasnya yang telah terkenal di seluruh Indonesia. Ketika berkunjung ke Jogja, menjelajahi berbagai kuliner lokal tak boleh dipisahkan dari perjalanan liburan Anda. 


Dari hidangan tradisional yang kaya akan cita rasa hingga camilan yang unik dan menggugah selera, Jogja menawarkan beragam kuliner yang akan memanjakan lidah Anda. Mari jelajahi beberapa hidangan khas Jogja yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini.


1. Gudeg

Siapa yang tidak pernah mendengar makanan gudeg? Jika menyebut Jogja, makanan pertama yang pasti harus dicoba sudah pasti Gudeg. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas, gudeg memiliki cita rasa manis yang lezat dan tekstur yang lembut. Biasanya disajikan dengan lauk pendamping seperti ayam, telur, dan tahu, gudeg menjadi hidangan favorit bagi banyak orang, baik untuk sarapan pagi maupun santapan siang.


2. Sate Klatak

Sate ayam mungkin sudah jadi makanan umum yang dinikmati masyarakat Indonesia. Namun di Jogja ada makanan yang bernama sate Klatak. Makanan ini termasuk sajian sate yang menjadi ikon kuliner khas Jogja. 


Dibuat dari daging sapi muda yang dipotong tipis dan disajikan dengan bumbu kecap khas, sate klatak memiliki cita rasa yang gurih sekaligus lezat. Satu hal yang membuat sate klatak berbeda ialah cara penyajiannya yang menggunakan tusuk bambu panjang sehingga membuatnya lebih mudah untuk dinikmati. 


TEMUKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG JUGA!

3. Tiwul

Ada juga tiwul yang termasuk makanan tradisional Jogja dan terbuat dari tepung gaplek atau singkong. Dikenal sebagai makanan yang kaya serat dan rendah kalori, tiwul biasanya disajikan dengan gula merah atau santan sebagai tambahan untuk meningkatkan cita rasanya. Hidangan sederhana ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang unik sehingga menjadikannya pilihan camilan yang cocok untuk menemani petualangan Anda di Jogja.


4. Kue Kipo

Masih dalam kategori camilan, kali ini ada kue kipo yang terbuat dari adonan ketan serta dibungkus dengan gula kelapa. Biasanya berwarna hijau muda atau merah muda, kue kipo memiliki cita rasa manis dan legit yang sangat nikmat. 


Terkadang, kue kipo juga diisi dengan wijen atau kacang tanah untuk memberikan sensasi renyah saat mengunyah. Jangan lupa untuk mencicipi kelezatan kue kipo saat berada di Jogja.


5. Bakpia 

Bakpia juga sudah lama jadi makanan ringan yang wajib dibeli ketika datang ke tempat ini. Meskipun awalnya hanya ada satu jenis bakpia, sekarang ada begitu banyak pilihan bakpia dengan beragam rasa yang bisa dipilih sesuai selera. 


Bukan hanya kacang hijau, tetapi ada cokelat, stroberi, keju, green tea, dan masih banyak lagi. Membeli bakpia untuk camilan diperjalanan pasti akan membuat perjalanan makin seru. 


TEMUKAN BERBAGAI PROMO MENARIK MOBIL TOYOTA TERBARU HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


6. Brongkos

Brongkos mengacu pada hidangan sup pedas khas Yogyakarta yang terdiri dari campuran daging sapi, domba, atau kambing, telur rebus, dan tahu. Kemudian semua bahan tersebut direbus bersama dengan kacang seperti kacang polong atau kacang merah abu Siam yang telah dipotong dadu serta wortel. 


Hidangan ini menggunakan santan sebagai bahan dasar yang dicampur dengan aneka rempah seperti kluwek hitam, serai, daun jeruk purut, daun salam, serta tambahan garam, gula aren, dan bumbu terasi untuk memberikan cita rasa yang khas. 


Ditambah dengan penambahan cabai rawit utuh, brongkos memberikan sensasi pedas yang menggigit saat disantap, menjadikannya hidangan yang sangat disukai di Yogyakarta.


7. Jadah Tempe

Jadah tempe adalah hidangan khas Kota Jogja yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke sana. Berasal dari kabupaten Sleman, Yogyakarta, atau tepatnya dari daerah lereng Gunung Merapi, Kaliurang, hidangan ini terbuat dari jadah, yakni panganan dari ketan yang dicampur dengan tempe bacem. Biasanya jadah tempe dibungkus menggunakan daun pisang untuk menambah aroma khas dan menjaga kelembapan hidangannya.


8. Mie Ayam

Mie ayam mungkin terdengar seperti kuliner yang sangat umum. Namun, di Jogja ada sebuah tempat mie ayam yang sangat legendaris yaitu Mie Ayam Bu Turmini. Yang membuat mie ayam satu ini spesial adalah kuah coklatnya dan lauk gurihnya seperti ayam dan ceker yang siap menjadi teman makan AutoFamily. Harga satu porsi mie ayam di sini juga terbilang terjangkau dengan porsinya yang cukup besar jika dibandingkan dengan mie ayam pada umumnya.


9. Soto Sapi

Satu lagi kuliner yang mungkin terkesan umum namun karena dikemas secara menarik menjadikannya memiliki ciri khas. Soto sapi yang wajib AutoFamily coba ketika berkunjung ke Jogja adalah Saoto Bathok Mbah Katro.


Salah satu ciri khas dari soto sapi satu ini adalah mangkuknya; Anda akan menyantap soto sapi yahg gurih dan nikmat dari tempurung kelapa (bathok). Dilengkapi dengan cemilan khas Jawa seperti tempe goreng, sate telur, sate usus, dan yang lainnya, pengalaman makan Anda akan menjadi semakin lengkap. Tidak lupa juga Anda akan menyantap semua itu di sebuah saung yang dikelilingi oleh sawah yang akan menjadikan pengalaman makan di sini menjadi tidak terlupakan.


Melalui berbagai hidangan lezat yang telah dijelaskan, Anda pasti telah siap untuk menjelajahi kekayaan kuliner khas Jogja saat berlibur. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai makanan tradisional yang menggugah selera dan memanjakan lidah Anda dengan cita rasa yang autentik. 


Setelah puas menikmati kuliner khas Jogja, pastikan untuk melanjutkan petualangan Anda dengan menemukan mobil untuk perjalanan jauh di Auto2000 Digiroom. Melalui beragam pilihan mobil yang andal, Anda dapat menjelajahi keindahan Jogja dan destinasi wisata lainnya dengan lebih nyaman dan menyenangkan. 

Selagi mencari mobil yang tepat, jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai promo menarik dengan undian hadiah yang menakjubkan. Promo PILIH AUTO2000 menawarkan kesempatan mendapatkan undian hingga 400 paket untuk berjalan-jalan ke berbagai destinasi wisata, mulai dari Labuan Bajo, Vietnam, Eropa, hingga Umroh.


Jadi langsung saja kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang dan temukan mobil impian Anda untuk melakukan berbagai perjalanan jauh!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanyalah ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.