LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mengenal Pelumas Palsu

Tingginya permintaan konsumen terhadap produk pelumas membuat produk pelumas palsu yang dijual diberbagai tempat. Tentu saja menggunakan pelumas palsu akan merugikan konsumen makin banyak. Untuk itu, sebaiknya Anda mengenal produk pelumas palsu.

Ketika Anda membeli pelumas, perhatikan kemasannya. Jangan membeli di sembarang toko, lebih baik cari toko yang terpercaya. Kemasan pelumas asli biasanya mempunyai tanda-tanda tersendiri, seperti produk pelumas Pertamina kemasan baru memiliki nomor batch pada tutup kemasannya yang dicetak dengan laser. Kemudian teliti, apakah pada kemasan pelumas tersebut ada tanda-tanda cacat seperti bekas tusukan jarum atau benda tajam. Intinya, apabila kemasan itu mencurigakan, lebih baik urungkan untuk membelinya.

Lalu, apabila sudah terlanjur memakainya, Anda dapat mendeteksi palsu atau tidaknya pelumas itu. Tanda-tandanya, kalau pelumas sudah dipakai dengan jarak antara 1.500-2.000 km, akan terlihat berwarna hitam pekat dan kotor akibat terjadi oksidasi secara hebat. Kemudian, mesin akan cepat mengalami keausan sehingga umur mesin lebih pendek, kotor, banyak lumpur dan dapat menyumbat aliran pelumas. Tentu, kondisi ini akan membuat biaya perawatan mobil jadi meningkat. Kalau sudah begini, repot kan? (AstraWorld)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia