jenis-airbag.jpg

5 Jenis Airbag yang Tersedia di Mobil Toyota

Diterbitkan31 Mei 2023

Airbag menjadi salah satu fitur penting dalam mobil untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Pada mobil Toyota, terdapat jenis airbag yang disebut dengan Dual SRS Airbag. Bila AutoFamily memperhatikan setir kemudi, Anda pasti akan melihat lambang SRS Airbag pada area klakson.

Di dalam klakson tersebut telah dipasang SRS Airbag yang akan mengembang ketika AutoFamily mengalami benturan. SRS Airbag yang mengembang ini akan melindungi AutoFamily agar tidak terbentur ketika terjadi kecelakaan.

Dalam meningkatkan keselamatan berkendara, penting juga bagi AutoFamily melakukan servis berkala di Bengkel Resmi Toyota. Cek keseluruhan komponen mobil, mulai dari sistem rem, mesin, hingga kondisi ban mobil Anda. Pastikan semuanya dalam keadaan optimal agar perjalanan Anda makin aman dan lancar.

Mengenai airbag pada mobil Toyota, tidak hanya Dual SRS Airbag yang dikembangkan untuk memaksimalkan perlindungan. Terdapat jenis airbag lainnya yang diterapkan untuk meningkatkan keselamatan selama berkendara. Apa saja itu? Mari simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Airbag?

Airbag merupakan sistem keselamatan pasif yang dirancang untuk memberikan perlindungan tambahan saat terjadi benturan akibat kecelakaan. Airbag bekerja dengan cara mengembang secara cepat saat mobil mengalami kecelakaan.

Fungsi utama airbag adalah melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera serius saat terjadi benturan. Sensor yang terhubung dengan sistem airbag akan mendeteksi percepatan yang tiba-tiba dan mengirimkan sinyal untuk mengaktifkan airbag.

Lalu, airbag akan mengembang dan mengisi ruang antara pengemudi atau penumpang dengan dashboard atau bagian depan mobil. Airbag telah menjadi fitur standar dalam sebagian besar mobil modern, termasuk mobil Toyota.

Airbag bekerja secara sinergis dengan sabuk pengaman untuk memberikan perlindungan maksimal. Ketika terjadi benturan, penggunaan sabuk pengaman yang benar akan membantu menjaga tubuh pengemudi dan penumpang tetap pada posisinya, sehingga airbag dapat bekerja dengan efektif.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

5 Jenis Airbag yang Tersedia di Mobil Toyota

Di dalam mobil Toyota, terdapat beberapa jenis airbag yang telah dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap pengemudi dan penumpang dari cedera serius. Mengetahui berbagai jenis airbag ini sangat penting bagi AutoFamily untuk mempertimbangkan mobil Toyota dengan fitur keselamatan yang sesuai dengan kebutuhan. Mari simak penjelasan mengenai jenis airbag tersebut di bawah ini.

1. Dual SRS Airbag

Dual SRS Airbag menggunakan teknologi SRS (Supplemental Restraint System) yang canggih untuk mendeteksi kecelakaan dan mengaktifkan airbag dengan cepat. Sistem ini terdiri dari dua airbag yang terletak pada bagian depan mobil, yaitu pada bagian kemudi dan di sisi penumpang depan.

Fungsi utama dari Dual SRS Airbag untuk melindungi kepala dan dada saat terjadi benturan. Ketika terjadi benturan yang kuat, sensor yang terhubung dengan sistem Dual SRS Airbag akan mendeteksi percepatan dan mengirimkan sinyal untuk mengaktifkan airbag.

Airbag kemudian secara instan mengembang dan mengisi ruang antara pengemudi atau penumpang dengan dashboard atau bagian depan mobil. Hal ini membantu mengurangi dampak benturan dan mencegah cedera serius pada kepala dan dada.

Keunggulan dari Dual SRS Airbag adalah kemampuannya untuk memberikan perlindungan ganda. Keamanan dan keselamatan saat berkendara pun menjadi lebih maksimal dengan kehadiran Dual SRS Airbag ini.

Dual SRS Airbag merupakan fitur keselamatan yang sangat penting dalam mobil Toyota. Dalam situasi darurat seperti kecelakaan, perlindungan yang diberikan Dual SRS Airbag dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam mengurangi risiko cedera serius.

2. Front Airbag

Front airbag termasuk jenis airbag yang paling umum ditemukan pada mobil Toyota dan hampir semua mobil modern saat ini. Seperti namanya, front airbag terletak pada bagian depan mobil, khususnya di area kemudi dan penumpang depan. Fungsinya untuk melindungi kepala, dada, dan bagian atas tubuh pengemudi dan penumpang depan saat terjadi tabrakan.

Jenis airbag ini bekerja dengan cepat dan mengembang secara instan saat mobil mengalami benturan. Ketika tabrakan terjadi, sensor yang terhubung dengan sistem airbag akan mendeteksi percepatan yang tiba-tiba dan mengirimkan sinyal untuk mengaktifkan airbag.

Baca juga:Kenapa Tiba-tiba Indikator Airbag Menyala?

3. Side Airbag

Selain front airbag, mobil Toyota juga dilengkapi dengan side airbag. Jenis side airbag ini dirancang khusus untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat mengalami benturan dari samping. Kecelakaan samping dapat terjadi baik dari sisi pengemudi maupun penumpang.

Side airbag terletak di samping kursi pengemudi dan penumpang dan biasanya tersembunyi di bagian samping kursi atau dalam panel pintu. Ketika terjadi benturan dari samping, side airbag akan cepat mengembang dan melindungi tubuh AutoFamily dari benturan keras dengan pintu atau bagian lain di sekitarnya.

4. Curtain Airbag

Curtain airbag yang juga dikenal sebagai side curtain airbag atau head airbag, adalah jenis airbag tambahan yang dirancang untuk memberikan perlindungan lebih lanjut saat terjadi tabrakan dari samping atau terguling. Curtain airbag terletak di sepanjang jendela mobil, di atas pintu, dan akan mengembang seperti tirai saat terjadi kecelakaan.

Jenis airbag ini memberikan perlindungan untuk kepala dan leher AutoFamily pada semua kursi, termasuk baris depan dan baris kedua. Ketika terjadi benturan dari samping atau terguling, curtain airbag akan segera mengembang dan membentuk bantalan di sepanjang jendela untuk melindungi kepala dari benturan dengan jendela, pilar, atau benda keras lainnya yang mungkin terjadi dalam kecelakaan.

5. Knee Airbag

Knee airbag dirancang untuk melindungi lutut dan kaki pengemudi. Airbag ini terletak di bawah dashboard serta mengembang ke arah lutut dan kaki saat terjadi benturan. Knee airbag membantu mengurangi risiko cedera pada kaki dan lutut dengan menahan dan menyebar beban benturan pada saat terjadi kecelakaan. Kehadiran airbag ini membuat lutut AutoFamily menjadi lebih terlindungi, sehingga risiko cedera serius dapat dikurangi.

Baca juga:Ketahui Cara Mematikan Lampu Indikator Airbag

Pentingnya Airbag dalam Mobil Toyota

Keberadaan airbag memiliki peran yang krusial dalam menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Dalam situasi darurat, airbag secara signifikan mengurangi risiko cedera serius dan bahkan menyelamatkan nyawa. Pentingnya airbag tidak hanya terbatas itu saja, mari simak peran lain dari airbag secara lebih dalam di bawah ini.

1. Melindungi dari Cedera Serius

Airbag memiliki peran penting dalam melindungi AutoFamily dari cedera serius saat terjadi kecelakaan. Saat airbag mengembang dengan cepat, airbag membentuk bantalan yang membantu mengurangi dampak benturan yang kuat.

Hal ini berperan dalam mencegah cedera serius pada tubuh, terutama pada bagian kepala, dada, dan tubuh bagian atas. Airbag bekerja sebagai perlindungan tambahan yang efektif untuk melindungi Anda dari potensi cedera yang parah.

2. Menambah Lapisan Perlindungan

Airbag juga berperan penting dalam menambah lapisan perlindungan saat terjadi kecelakaan, sebagaimana fungsi dari sabuk pengaman. Kombinasi penggunaan sabuk pengaman dan airbag secara sinergis memberikan perlindungan yang lebih efektif bagi AutoFamily.

Saat terjadi benturan, airbag secara cepat mengembang untuk membentuk bantalan pelindung, sementara sabuk pengaman menahan tubuh dengan kuat dalam posisi yang aman.

Kombinasi ini membantu mencegah AutoFamily terlempar ke depan dengan keras, sehingga mengurangi risiko cedera serius dan memberikan perlindungan tambahan yang penting bagi keselamatan.

Baca juga:Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat

3. Mengurangi Risiko Cedera Kepala

Airbag, terutama side airbag dan curtain airbag, memiliki peran penting dalam mengurangi risiko cedera kepala saat terjadi benturan dari samping atau terguling. Airbag memiliki respons yang cepat dan secara efektif melindungi kepala dan leher dari benturan keras yang dapat menyebabkan cedera serius seperti patah tulang atau cedera otak.

Dalam kecelakaan samping, side airbag secara khusus terletak di sisi kursi untuk memberikan perlindungan ekstra bagi pengemudi dan penumpang dari benturan samping. Sementara itu, curtain airbag yang terpasang di sepanjang atap mobil melindungi kepala dari benturan dan serpihan kaca saat mobil terguling.

Peran airbag ini sangat penting demi menjaga keselamatan selama berkendara. Jadi, pastikan mobil yang AutoFamily gunakan untuk mobilitas sehari-hari dibekali dengan fitur airbag ini. Tentu saja, fitur airbag ini tersedia di seluruh mobil Toyota, mulai dari Toyota Avanza hingga Toyota Alphard.

Tidak kalah penting juga untuk melakukan perawatan rutin pada mobil Anda agar performanya selalu dalam keadaan optimal. AutoFamily bisa Booking Servis Toyota melalui Auto2000 Digiroom agar proses perawatan mobil bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Yuk, tingkatkan performa mobil Anda dengan servis berkala di Auto2000 sekarang juga.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.