Jangan Sepelekan Air di Kolong Mobil"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Sepelekan Air di Kolong Mobil

Auto2000.co.id – Sebagian pemilik mobil mungkin kerap menemui adanya tetesan air di kolong kendaraan ketika sedang parkir. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda bertanya dari mana asal tetesan air tersebut.

Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, menjelaskan bila tetesan air yang ditemui dari kolong mobil biasanya diakibatkan oleh dua hal yang memang ada kaitannya dengan komponen mobil.

“Paling sering ditemui, terutama ketika mobil parkir dalam kondisi mesin hidup, ini diakibatkan dari sistem AC mobil. Biasanya karena sirkulasi pendinginan dan pembuangan air, jadi seperti sisaan dari proses kondensasi saja,” kata Indah.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

Sementara faktor kedua, yakni karena adanya kebocoran cairan dari pendingin radiator atau coolant. Menurut Indah, biasanya jenis kebocoran ini kerap terjadi dalam kondisi mesin mati, seperti saat parkir di garasi pada malam hari.

Untuk kasus kedua, Indah menyarankan pemilik mobil segera melakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel resmi Auto2000. Dikhawatirkan, bila sudah terlalu lama, maka cairan coolant tersebut bisa habis.

Tentu efek buruknya akan membuat kerja pendinginan mesin tak lagi berfungsi dengan baik yang pastinya bisa berujung pada mesin mobil yang lekas panas saat digunakan alias overheat.

BACA JUGA : Wajib Paham! Ini Alasan Ban Mobil Anda Harus Spooring dan Balancing

“Lihat cairannya seperti apa dan dimana, kalau terjadi di bawah dasbor baik sebelah kanan atau kiri biasanya karena air dari AC atau mungkin saja kebocoran dari air wiper,” jelas Indah.

“Tapi kalau terjadi saat mesin mati dan mobil parkir, bisa saja cairan radiator. Hal ini harus segera ditangani, cek langsung ke bengkel jangan dibiarkan terus menerus,” tegasnya.

Menurut Indah, bila carian tersebut memiliki warna seperti hijau atau merah patut dicurigai merupakan kebocoran dari coolant. Hal ini bisa dikarenakan adanya kebocoran pada selang atau bahkan bodi radiator yang rusak atau retak.

Tapi bila hanya sekadar air, maka bisa dipastikan itu hanya bekas sisaan dari kerja AC mobil sehingga yang tak perlu terlalu khawatir.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia