Jangan Nekat, Lakukan Ini Saat Mobil Toyota Anda Kena Overheat"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Nekat, Lakukan Ini Saat Mobil Toyota Anda Kena Overheat

Auto2000.co.id – Pemilik mobil wajib mengetahui beberapa kondisi kendaraan yang bisa terjadi selama siklus kepemilikan. Salah satu yang wajib diketahui adalah ketika terjadi kondisi yang kerap disebut overheat.

Overheat, sederhananya adalah kondisi mesin yang terlampau panas, terjadi karena ada beberapa komponen yang tidak berkerja normal.

Alhasil, temperatur pada mesin jadi lebih panas dari semestinya. Biasanya mobil akan bereaksi dengan memberikan isyarat via lampu indikator di panel instrumen.

Jika situasi ini terjadi, sebaiknya laju kendaraan segera dihentikan dan menepi ke lokasi yang aman. Kejadian seperti itu bisa terjadi dimana saja.

BACA JUGA : Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari?

Pemicu utama overheat, seperti dijelaskan Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cabang Salemba, Jakarta Pusat, yaitu karena ada kerusakan pada beberapa komponen seperti motor atau dynamo kipas pendingin radiator tidak bekerja dengan baik.

“Otomatis jika ada yang tidak bekerja, suhu air di radiator menjadi panas, karena tidak ada pendinginan yang berasal dari kipas itu,” jelasnya.

“Jadi mesin mobil menjadi cepat panas, dan biasanya kalau terjadi seperti itu ada indikator lampu menjala di meter cluster,” kata Suparna lagi.

Suparna menyarankan jika mobil mengalami overheat, maka paling utama adalah jangan panik. Segera membawa mobil ke pinggir jalan dan pastikan kondisi di sekitar sudah aman dan nyaman.

BACA JUGA : Bermodalkan Busi, Ini Cara Mudah Cek Kesehatan Ruang Bakar Mobil Anda

Langkah selanjutnya, buka kap mesin dan tunggu beberapa menit sampai tutup air radiator tidak panas. Setelah itu, kata Suparna boleh dicek apakah air di dalam radiator habis atau masih ada.

“Kalau masih ada atau habis bisa ditambahkan lagi sampai benar-benar penuh. Setelah itu boleh menghidupkan mobil itu lagi sampai ke bengkel terdekat, kemudian diperiksa lebih lanjut,” ujar dia.

Namun, Suparna juga mengimbau agar pemeriksaan selalu ditangani oleh bengkel resmi Auto2000 untuk pemilik mobil Toyota. Bagaimana bila mobil mati total?

Segera hubungi tim Emergency Road Assistance (ERA) yang siaga 24 jam penuh untuk membantu membawa mobil Toyota Anda ke bengkel resmi Auto2000 langganan via aplikasi Auto2000 Mobile.

“Kami akan tangani sampai tuntas, jangan pernah memaksakan mobil untuk jalan kalau sudah overheat, bisa jebol mesinnya nanti,” ungkap Suparna.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF