LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini Sebab Anda Tidak Boleh Sepelekan Komponen Kaki-kaki Usai Liburan

Auto2000.co.id – Bagian kaki-kaki pada mobil merupakan komponen yang krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara.

Usai menempuh perjalanan panjang libur akhir tahun, ada baiknya Anda memperhatikan komponen ini. Bukan sekadar pelek dan ban, tapi masih banyak komponen lain yang harus diketahui kondisinya.

Mulai dari tie rod, long tie rod, bearing, ball joint, serta bushing arm. Semua komponen tersebut juga tak kalah penting untuk diperiksa dan dipastikan fungsinya.

Karena bila salah satu mengalami kerusakan, meski sudah melakukan proses spooring dan balancing, tetap saja hasilnya tidak akan sempurna dan mobil tidak nyaman ketika dikendarai.

BACA JUGA : Tidak Naik! Inilah Daftar Harga New Avanza dan New Veloz 2019

“Kalau diuraikan memang komponen kaki-kaki tidak kalah kompleks dengan mesin,” jelas Kepala Cabang Auto2000 Cikarang Indah Yuliana.

“Ada banyak sektor komponen yang terkait antara satu dan lainnya, jadi bila salah satu komponen rusak akan mempengaruhi fungsi komponen lainnya juga,” urainya.

Ambil contoh seperti kerusakan pada tie rod yang bisa mengakibatkan sistem pengendalian pada mobil terganggu. Perlu diketahui, tie rod sendiri merupakan penghubung antara bagian roda dengan ujung steering rack.

Jadi, saat steering rack bergerak ke salah satu arah, gerakan tersebut akan diteruskan untuk membelokan roda. Tie rod sendiri juga terhubung dengan ball joint yang berguna sebagai sumbu ketika roda digerakkan.

BACA JUGA : Harga Tidak Naik, Inilah Deretan Fitur New Avanza dan New Veloz 2019

Menurut Indah, komponen yang satu ini cukup rentan mengalami kerusakan, biasanya diakibatkan karena roda yang jarang di spooringbalancing, sering melewati jalan rusak, juga faktor usia.

Indah menegaskan, meski terlihat sepele, tapi kerusakan pada tie rod bisa berdampak cukup fatal dan sangat mengganggu.

Apalagi bila dibiarkan rusak terlalu lama. Mulai dari menimbulkan bunyi-bunyian yang mengganggu, sampai lepasnya posisi dudukan roda.

“Semua parts tersebut memang biasanya jarang diperhatikan, karena fokus konsumen hanya pada komponen yang umum dijumpai seperti pelek dan ban. Untuk mendeteksi kerusakan tidak gampang dilakukan, apalagi bagi orang awam,” jelasnya.

BACA JUGA : Amazing! Ini 5 Fakta Keunggulan All New Camry Yang Bikin Anda Kagum

“Paling aman saat sudah merasakan adanya perbedaan ketika berkendara, baiknya jangan tunda untuk melakukan pengecekan ke bengkel resmi Auto2000,” ucap Indah.

Teknisi akan melihat langsung kondisi kaki-kaki dengan cara mengangkat mobil menggunakan lift. Dengan begitu, seluruh kolong mobil yang berisi rangkaian kaki-kaki mobil bisa terlihat jelas.

Indah menyarankan agar pemilik mobil rutin melakukan pengecekan kaki-kaki kendaraan, dengan patokan mengikuti jadwal rotasi ban, yakni tiap 10.000 km. Semua aktivitas ini bisa dilakukan via layanan servis berkala di bengkel resmi Auto2000.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia